Langsung ke konten utama

15 Gejala Sakit Ginjal Pada Wanita Paling Sering Terjadi

Gejala Sakit Ginjal Pada Wanita - Lambung adalah kantong berotot yang letaknya berada diantara esophagus dan usus kecil pada perut bagian atas. Lambung memiliki fungsi utama sebagai salah satu organ pencernaan, yakni memecah makanan setelah makan dan mengekstrak nutrisi yang di perlukan untuk tubuh. Jika lambung tidak di lindungi bisa jadi sistem pencernaan anda terganggu. Terutama pada wanita yang akan mengalami pastinya awal akan mengalami gejala sakit ginjal pada wanita.

Pada umumnya gejala sakit ginjal pada wanita tidak jauh berbeda dengan yang di alami oleh para pria. Karena penyakit ginjal memang dapat menyerang semua gender, dan yang paling memengaruhi adalah gaya hidup tidak sehat. Untuk itu baik anda pria maupun wanita gunakan gaa hidup sehat agar anda tidak mengalami penyakit satu ini khususnya wanita. Berikut ini beberapa gejala sakit ginjal pada wanita yang sering dialami.

Penyakit Ginjal Pada Wanita


1. Gatal


Gatal bukan karena di sebabkan oleh alergi saja, tetapi gejala sakit di ginjal juga akan menyebabkan gatal. Hal ini di karenakan ginjal yang bertugas menyaring darah dari segala zat limbah yang di butuhkan dan harus di buang melalui urin mengalami gangguan. Maka darah yang harusnya di saring oleh ginjal masih tercemar oleh zat sisa maupun racun yang berbahaya. Karena hal inilah sehingga akan memicu rasa gatal yang tidak tertahankan sehingga juga akan meninggalakan bekas luka karena di garuk.

2. Sesak


Sesak nafas yang di alami oleh wanita yang sedang terserang gejala sakit gunjal di karenakan oleh penumpukan cairan di dalam tubuh. Karena fungsi ginjal terganggu maka cairan sisa metabolism tidak dapat keluar semua, dan jika penumpukannya terjadi di sekitar paru-paru maka sudah pasti penderita akan mengalami gangguan sesak nafas. Lantaran kondisi paru-paru yang terhimpit oleh banyaknya cairan.

3. Pusing


Selain sesak nafas gejala sakit ginjal pada wanita juga akan mengakibatkan kepala menjadi pusing. Hal ini bisa saja terjad ketika wanita yang mengalami sakit jantung sedang mengalami anemia. Pusing di sebabkan oleh kurangnya oksigen yang menjadikan sel darah merah hanya sedikit. Untuk mengatasi psing ini sebaiknya anda jangan langsung mengonsumsi obat yang biasa tersedia di took-toko karena di khawatirkan dosis obat yang anda konsumsi dapat memperparah sakit ginjal.

4. Anemia


Karena anemia inilah yang menjadikan kepala pusing, pada dasarnya anemia memang sangat erat kaitannya dengan wanita. Jika gangguan ginjal yang di alami wanita berada di stadium lanjut maka sangat berpengarh dengan berkurangnya jumlah sel darah merah di dalam tubuh. Sehingga wanita yang mengalami gejala sakit ginjal bukan hanya akan merasa pusing melainkan juga akan terlihat lesu dan akan timbul sensasi kebas atau kesemutan yang sering mendera dan seterusnya.

5. Bengkak Pada Tungkai


Bengkak pada tungkai penyebabnya sama dengan timbulnya gatal-gatal. Dimana saat ginjal berhenti bekerja secara normal maka cairan ekstra yang gagal di buang oleh tubuh akan menempati ruang di mana saja di dalam tubuh. Sehingga akan menyebabkan bengkak pada tungkai, ketika anda atau kerabat anda mengalami gejala seperti ini segeralah periksakan ke dokter. Karena bengkak pada tungkai bukan hanya terjadi pada gejala sakit pada wanita tetapi masih ada beberapa penyakit yang gejalanya juga mengalami pembengkakan pada tungkai.

6. Gangguan Tekanan Darah


Saat ginjal mengalami problem maka hormone ekstra yang di produksi juga akan mengalami gangguan. Sehingga akan menyebabkan hormone tidak seimbang, maka tanpa anda sadari imbas yang tidak langsung biasanya kondisi tekanan darah pemerintah. Hal ini juga bisa di karenakan banyak terdapat zat limbah dalam edaran darah yang signifikan sehingga menjadkan darah lebih kental sehingga jantung harus bekerja lebih ekstra.

7. Nyeri Pinggang


Saat anda mengalami masalah pada jantung maka pinggang juga akan ikut terserang. Gangguan ginjal dengan rasa nyei erat kaitannya dengan endapan Kristal dalam organ ginjal yang terlalu lama sehingga menyebabkan semakin besaar menjadikan bentuk batuan yang keras dan mengendap. Hal ini biasanya terjadi karena gaya hidup yang mana sering mengonsumsi makanan instan dan asupan cairan ttubuh yang tidak mencukupi sehingga kinerja ginjal akan semakin kuat.

8. Lelah


Kurangnya sel darah merah yang di produksi maka akan menjadikan penderitab ginjal akan mudah lelah. Di karenakan oksigen yang ada dalam tubuh hanya sedikit akibatnya makanan yang di pecah menjadi energy juga hanya sedikit. Jika tubh mengalamu kekurangan energy segala aktivitas yang di kerjakan akan menyebabakan mudah lelah.

9. Menggigil


Menggigil umunya terjadi di saat tubuh berada di suhu udara yang rendah sehingga akan mengakibatakan dingin hingga menggigil. Namun pada wanita yang mengalami gejala sakit ginjal juga akan mengalami memggigil. Jika anda telah mengalami hal seperti ini harus anda waspadai anda bisa meningkatkan asupan zat besi, minum lebih banyak air terutama air putih dan bila perlu periksakan ke dokter. Supaya gejala satu ini mulai teratasi.

10. Imunitas Rendah


Sebenarnya segala macam penyakit akan mengakibatkan sistem imun menurun. Pada gejala sakit ginjal pada wanita hal ini biasa menjadi penyebab ragam mikroba berbahaya dan dapat menimbulkan koplikasi penyakit lainnya. Gangguan pada ginjal dapat menyebabkan imunitas yang dapat berimbas pada gangguan cerna, serperti diare karena serangan mikroba.

Itulah bebrapa gejala sakit ginjal pada wanita yang perlu anda waspadai, adapun gejala lain yang perlu anda ketahui adalah

11. Urin Abnormal
12. Nyeri Berkemih
13. Osteoporosis
14. Mual Muntah

Jadi bagi anda khususnya para wanita jangan sekali-kali meremehkan minum terutama minum air putih. Karena apabila tubuh kekurangan cairan akan mengakibatkan gejala sakit ginjal pada wanita sebelum gejala dapat menyerang anda sebaiknya anda memulai pola hidup sehat sebelum anda terserang dan harus mengobati. Karena mencegah lebih baik dari pada mengobati.