Langsung ke konten utama

16 Gejala Radang Lambung pada Anak dan Dewasa

Gejala Radang Lambung - Lambung adalah kantung otot yang letaknya breada di antara kerongkogan dan usus kecil di perut bagian bagian atas. Lambung merupakaan salah satu organ yang paling penting bagi manusia karena dengan adanya lambung yang sehat sistem pencernaan anda tidak akan terganggu. Jika lambung anda mengalami masalah pastinya fungsi utama lambung juga tidak akan berjalan normal penyakit lambung awalnya ditandai oleh gejala radang lambung.

Radang lambung memiliki istilah lain yang dinamakan gastritis yang mana penyakit ini dapat menyerang daerah lambung. Serangan pada lambung sendiri dapat bersifat akut atau kronis, orang yang rentan terkena penyakit lambung ini orang yang sudaah tua dan penderita anemia. Jika anda telah mengalami gejala radang lambung sebaiknya segera di atasi sebelum radang lambung yang terjadi menjadi akut. Berikut ini beberapa gejala radang lambung yang sering terjadi.


GeJala Radang Lambung


1. Sakit Perut


Gejala pertama yang pasti di alami oleh orang yang terkena radang lambung adalah sakit perut. Sakit perut yang di alami bukan seperti sakit perut yang biasa terjadi ketika anda merasa mulas namun anda tetap menahan untuk membuang feses. Melainkan yang di rasakan dari area pusar hingga tulang dada, rasa sakit yang di rasakan tiap orang berbeda tergangtung keparahan peradangan di lambung.

Biasanya sakit mereda ketika anda telah mengonsumsi makanan tertentu, sakit akan kambuh apabila anda mengalami telat makan. Tetapi walaupun begitu rasa sakit ini akan pergi selama bebehari, jika anda tetap menghiraukan jam waktu makan anda rasa sakit perut akan terus kambuh.

2. Mual


Ketika mukosa lambung teriritasi pastinya anda akan mengalami rasa mual. Mual ini menjadikan perut penderita jadi tidak nyaman hingga ingin di muntahkan. Ketika rasa mua ini bermunculan pastinya anda akan malas untuk memakan segala macam makanan. Rasa mual ini akan dapat hilang ketika anda mengonsumsi minuman yang rasanya asam tetapi jangan anda turuti. Karena rasa asam akan membuat radang lambung menjadi bertambah parah.

3. Perubahan Nafsu Makan


Gejala yang awal yang di alami sebelum terkena sakit perut hingga menyebabkan hal-hal lainya. Pertama nafsu makan anda akan terganggu sehingga anda akan malas untuk makan, remeh memang gejala awal dari radang lambung. Nafsu makan menurun awalnya penderita merasakan perut telah kenyang terus walaupun belum makan sama sekali, kemudian anda menuruti rasa kenyang ini lama kelamaan gejala lainnya juga akan bermunculan.

4. Penurunan Berat Badan


Ketika nafsu makan turun pastinya berat badan juga akan ikut berkurang, dan pastinya perubahan ini terjadi secara signifikan. Sebenarnya jika anda tidak menuruti perut yang berasa kenyang terus mungkin berat badan anda tetap normal seperti biasanya dan gejala-gela tukak lambung lainnya juga tidak akan bermunculan.

5. Muntah


Muntah ini masih berhubungan dengan rasa mual yang tadi telah kita bahas. Karena mual yang terjadi pada perut sudah tidak tertahankan maka penderita gejala radang lambung akan mengalami muntah. Jika anda telah mengalami rasa mual hingga muntah sebaiknya anda harus segera memriksakan sebelum anda mengalami radang lambung akut.

6. Wajah Memucat


Ketika selera makan menurun asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh juga hanya sedikit atau bisa jadi tidak ada. Di tambah lagi anda telah mengalami muntah-muntah sehingga cairan tubuh anda akan habis terbuang. Sehingga menyebabkan tubuh tidak memiliki tenaga dan wajah penderita akan terlihat pucat.

7. Demam


Setelah terjadi gejala-gejala perut gejala lain yang ada tubuh juga akan ikut terkena imbasnya. Seperti flu sehingga menjadikan demam dan biasanya akan mengeluarkan keringat dingin yang tidak sehat. Walaupn dalam cuaca panas badan anda akan menggiil karena tidak dapat menahan rasa dingin yang menimpa tubuh.

8. Sulit Tidur


Ketika seluruh badan sudah terserang gejalanya, maka tidur akan menjadi sulit. Sulitnya tidur ini layaknya orang yang terkena insomnia, tidur akan terjadi apabila di rasa badan telah terlalu capek dan rasa kantuk mata tidak tertahankan. Tetapi walaupun demikian waktu tidur anda juga akan terganggu karena anda merasa tidur anda tidak nyenyak sehingga anda akan sering terbangun.

9. Sakit Kepala


Sakit kepala menandakan lambung sudah mengalami pendarahan, jika amda mengalami  hal seperti ini sudah sepatutnya anda waspadai. Sakit kepala sangatlah mengganggu aktivitas, terkadang ada yang merasa jika mual terjadi karena sakit kepala. Bisa jadi sulit tidur ini di karenakan oleh sakit kepala yang tidak tertahankan sehingga sulit untuk merilekskan mata saat terpejam.

10. Diare


Sakit pada perut yang di alami oleh orang yang menderita gejala luka lambung akan menyebabkan diare. Kondisi ini bila tidak segera di obati akan menjadi lebih parah karena akan membuat feses keluar di sertai dengan darah. Darah yang keluar ini merupakan tanda jika infeksi lambung yang anda alami sudah sangat serius.

Itulah beberapa gejala radang lambung yang perlu anda waspadai agar anda tudak meremehkan datangnya penyakit-penyakit yang kecil, adapun gejala lainnya seperti di bawah ini.

11. Perut Kembung dan Sesak
12. Sering Bersendawa
13. Warna Feses Berubah
14. Tenggorokan Sakit
15. Bau Mulut

Bagi anda yang mengalami beberapa penyakit seperti di atas dengan waktu berkepanjangan perlu anda periksakan karena bisa jadi anda sedang mengalami gejala radang lambung. Terutama untuk waktu makan jangan samapai anda melalikan waktu makan anda karena pola amakan yang tidak teratur akan merupakan salah satu gejala radang lambung.