Langsung ke konten utama

8 Gejala Meriang Pada Anak dan Orang Dewasa

Gejala Meriang - Jika badan mulai kedinginan, kata orang itu adalah pertanda meriang. Gejala meriang yang paling mudah dikenali adalah panas pada tubuh. Demam dan meriang ringan dapat diatasi dengan mudah dan biasanya tidak berlangsung lama. Meski demikian pembiaran suatu gejala penyakit dapat menjadikan munculnya penyakit yang lebih serius.

Gejala Meriang


Meriang selain menjadikan tidak enak badan juga dapat mengganggu aktivitas, beri penanganan yang tepat dan obat yang benar untuk mengatasinya. Yang mesti diwaspadai adalah rasa demam dan meriang yang berlanjut dalam waktu yang lama, karena bisa jadi merupakan indikasi awal penyakit lain yang lebih serius. Kenali gejala meriang berikut ini.

1. Sakit kepala


Gejala meriang yang pertama kali sering muncul adalah sakit kepala. Sakit kepala adalah adanya rasa sakit yang muncul di sekitar kepala. Sakit kepala bisa terjadi beberapa menit,  beberapa jam, atau bahkan beberapa hari. Untuk meredakan sakit kepala anda dapat melakukan beberapa hal, seperti istirahat yang cukup, mengelola stres dengan baik, dan rutin berolahraga

2. Masuk angin


Gejala lain yang menunjukkkan meriang adalah masuk angin. Penyakit ini terjadi karena berkumpulnya gas yang tidak merata pada seluruh tubuh. Cuaca dingin, terlalu lama diruangan ber-AC, dan kehujanan adalah beberapa hal  yang sering  menjadi penyebab masuk angin. Gunakan jaket ataupun baju hangat lainnya untuk menghindari masuk angin.

3. Batuk


Batuk adalah respons alami yang ditunjukkan oleh tubuh sebagai sistem pertahanan saluran napas jika terdapat gangguan dari luar. Batuk memang sering kali tidak menunjukkan penyakit serius dan umumnya akan sembuh dalam waktu tiga minggu, meski tanpa pengobatan khusus.

Batuk menunjukkan adanya gejala meriang. Penyakit ini muncul karena  kekebalan tubuh yang lemah dan mengalami infeksi virus influenza. Batuk berfungsi untuk membersihkan lendir atau faktor penyebab iritasi atau bahan iritan (seperti debu atau asap) agar keluar dari paru-paru.

4. Hidung meler


Gejala meriang lain juga ditunjukkan dengan hidung meler. Kondisi ini biasanya berlangsung dalam periode singkat, dua atau tiga hari saja. Hidung meler menunjukkan adanya infeksi di area hidung, yang memunculkan reakasi pada selaput hidung berupa pilek.

5. Sakit tenggorokan


Sakit tenggorokan biasanya terjadi karena infeksi bakteri atau virus pada saluran pernapasan atas. Penyakit ini rentan menyerang pada usia anak-anak dan remaja. Sakit ini menjadi salah satu gejala meriang. Biasanya sakit tenggorokan juga disertai keluhan yang lain seperti gatal pada tenggorokan dan sakit ketika menelan. Sebagai tambahan, anda akan kesulitan makan dan minum yang juga menjadi penyebab anda kekurangan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

6. Bersin-bersin


Bersin-bersin juga menunjukkan gejala meriang. Bersin adalah salah satu cara tubuh untuk mengeluarkan benda asing dari saluran pernapasan. Sebagai catatan, menahan bersin bukanlah kebiasaan yang baik karena dapat mengganggu sistem pernafasan. Sebagai tambahan, anda dapat menjahui orang terlebih dahulu agar tidak menularkan virus saat bersin.

7. Menggigil dan demam


Gejala lain dari meriang adalah menggigil dan demam. Kondisi ini akan menjadikan suhu tubuh berada diatas 38 derajat celcius. Demam menunjukkan reaksi tubuh untuk melawan infeksi di dalam yang diakibatkan adanya virus, bakteri, atau parasit. Selain itu, demam juga dapat disebabkan hipertiroidisme, artritis, atau karena penggunaan obat  tertentu.

Menggigil dan demam menunjukkan tubuh  telah memasuki tahap meriang.  Pada tahap ini sistem kekebalan tubuh sedang bekerja  untuk melawan virus penyebab infeksi. Selain merasakan meriang, biasanya juga disertai keluhan lain seperti kelelahan, dehidrasi dan berkeringat dingin.

8. Hidung tersumbat


Hidung tersumbat merupakan gejala yang juga terjadi pada orang meriang. Hidung tersumbat merupakan gejala yang mengikuti bersin-bersin. Penyebab utama mengapa seseorang mengalami hidung tersumbat adalah saluran pada hidung mengalami pembengkakan. Ini juga dapat menyebabkan gangguan pernapasan.

Baca Juga:  15 Obat untuk Badan Meriang dan Panas Dingin

Meriang memang bukan tergolong sebagai penyakit kronis, walau tanpa penanganan yang khusus meriang sering kali hilang dengan sendirinya. Namun, badan mering tentu akan mengganggu kinerja anda, untuk itu kenali gejala meriang sebelum menjadi bertambah parah. Semoga dengan mengetahui gejala meriang anda dapat lebih waspada terhadap penyakit ini. Anda juga dapat membaca artikel tentang penyakit lainnya.