Langsung ke konten utama

23 Gejala Hipotiroid Awal Yang Sering Orang Alami

Gejala Hipotiroid - Hipotiroid merupakan salah satu gangguan kesehatan yang bisa terjadi karena melemahnya fungsi kelenjar tiroid sehingga kemampuan untuk memproduksi hormon tiroid sangatlah rendah. Padahal kelenjar ini berfungsi untuk mengatur jalannya metabolisme dalam tubuh, bisa dibayangkan apabila kelenjar tiroid terganggu maka metabolisme di dalam tubuh akan kacau. Gejala Hipotiroid sangat bermacam - macam, namun ada beberapa ciri - ciri khusus yang mudah untuk di amati.


Gejala Hipotiroid


Semua kerja dari hormon memang di atur oleh otak, namun apabila hormon yang diproduksi dalam jumlah yang berlebihan atau kekurangan, maka otak akan berusaha untuk menjaga dalam posisi normal. Apabila otak tidak mampu untuk mengatasi hal tersebut, maka akan timbul banyak sekali gangguan yang bisa dialami seperti berikut ini.

1. Rambut rontok


Gejala hipotiroid yang sangat umum terjadi yaitu rambut mulai mengalami kerontokan secara tiba – tiba dikarenakan hormon tiroid yang ada dalam tubuh tidak bisa bekerja dengan baik. Rambut rontok ini bisa di sebabkan oleh hipotiroid atau hipertiroid, oleh sebab itu segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis.

2. Pembengkakan di bagian leher


Gejala lainnya yang dapat diamati dengan mata yakni akan muncul semacam benjolan di bagian leher. Hal ini disebabkan oleh produksi hormon tiroid yang tidak menentu akan menimbulkan benjolan yang semakin besar apabila tidak segera di tangani.

3. Berat badan naik secara drastis


Salah satu ciri – ciri seseorang kekurangan hormon tiroid rendah yakni tubuhnya bisa mengalami peningkatan berat badan yang sangat signifikan. Hal ini tentu akan sangat mengganggu karena memiliki tubuh yang terlalu besar sangat merusak penampilan.

4. Gangguan tidur


Hipotiroid bisanya akan menyebabkan seseorang penderitanya menjadi selalu gelisah. Hal ini akan memicu terjadinya insomnia atau sulit tidur. Hal ini bisanya ada hubungannya dengan hormon tiroid yang lemah pada tubuh sehingga otak tidak mampu untuk berkonsentrasi.

5. Kedinginan


Apabila suhu di sekitar panas dan terik, namun Anda merasa kedinginan mungkin bisa dikarenakan salah satu gejala hipotiroid. Hal ini dikarenakan rendahnya hormon tiroid di dalam tubuh membuatnya tidak mampu untuk mengatur suhu tubuh menjadi normal. Akibatnya tubuh akan kedinginan walaupun suhu disekitarnya tidak dingin.

6. Gangguan siklus datang bulan


Salah satu akibat dari gangguan hormon tiroid seperti hipotiroid berikutnya yaitu gangguan siklus haid pada wanita. Biasanya seseorang yang mengalami penyakit ini akan membuat datang bulan tidak lancar serta akan menyakitkan daripada biasanya. Hal ini sangatlah mengganggu setiap wanita yang menderitanya.

7. Kelelahan


Apabila kamu telah beristirahat dengan baik yaitu selama 8 jam dalam sehari namun masih merasakan lelah, hal ini bisa disebabkan oleh gangguan hipotiroid. Oleh sebab itu segera periksakan diri ke dokter untuk mengetahui kondisi hormon tiroid dalam tubuh.

8. Nyeri otot


Apabila kamu tidak melakukan aktivitas yang tidak begitu berat namun nyeri pada otot, tentu hal ini patut di curigai karena bisa saja nyeri di otot itu disebabkan oleh hipotiroid. Rasa nyeri yang ditimbulkan oleh penyakit ini bisa terjadi di bagian otot, tulang, dan persendian. Biasanya sakit ini tidak dapat dihilangkan degan mudah apabila hanya mengonsumsi obat.

9. Konstipasi


Konstipasi atau sering di sebut dengan sembelit tidak hanya disebabkan oleh kekurangan makanan berserat. Namun faktor utama seseorang mengalami gangguan pencernaan tersebut dikarenakan kekurangan hormon tiroid dalam tubuh. Segera lakukan pemeriksaan medis apabila Anda masih mengalami sembelit meskipun telah mengonsumsi makanan berserat dan air putih.

10. Kulit kering dan kasar


Banyak orang beranggapan bahwa kulit yang kering dan kasar hanya di sebabkan oleh kurangnya mengonsumsi air putih atau kurang mengoleskan pelembab pada kulit. Padahal kulit yang tidak sehat tersebut dapat terjadi ketika hormon tiroid tidak di produksi dengan baik.


Baca Juga : 9 Obat Herbal untuk Mengobati Kelenjar Tiroid di Tubuh

Gejala Hipotiroid Lainnya :

11. Gondok
12. Detak jantung melambat
13. Wajah bengkak
14. Depresi
15. Sulit berkonsentrasi
16. Libido menurun
17. Suara serak
18. Kadar kolesterol meningkat
19. Pelupa



Hipotiroid merupakn penyakit yang bisa disembuhkan.Gejala hipotiroid awal yang sering orang alami diatas juga harus anda waspadai. Jadi sudah seharusnya untuk selalu menjaga kesehatan tubuh dengan meningkatkan pola hidup sehat. Penyakit tersebut dapat segerah di cegah apabila Anda membiasakan diri dengan hidup sehat.