Langsung ke konten utama

16 Gejala Emfisema Yang Perlu Diwaspadai

Gejala Emfisema - Mungkin banyak orang yang belum mengerti apa itu emfisema ? memang asing bagi telinga orang awam. Karena emfisema adalah kelainan anatomis pada paru-paru yang awalnya di tandai oleh pelebaran rongga udara pada area distal bronkiolus dan disertai kerusakan di dinding alveoli. Sehingga akan pernafasan anda mengalami gangguan, awalnya penyakit kerusakan paru di tandai oleh gejala emfisema.

Jika anda mengalami gejala emfisema sebaiknya segera eriksakan ke dokter, karean agejala yang timbul pada penderita tidak akan hilang dengan sendirinya seperti sakit ringan (flu, demam, batuk).  Karena jika tidak segera di periksakan gejala akan menjadi semakin parah, bagi anda  yang sekarang terkena gejala ini sebaiknya saat keluar dari rumah memakai masker untuk menutupi hidung dan mulut agar polusi dan debu tidak masuk.  Berikut ini beberapa gejala emfisema yang perlu anda waspadai.


Gejala Emfisema


1. Sesak Nafas


Emfisema pastinya akan mengalami sesak nafas atau nafas pendek, karena emfisema memang penyakit yang berhubungan dengan paru-paru. Orang yang mengalami gejala emfisema pastinya tidak akan kuat untuk di ajak berjalan dengan lama atau tidak dapat berjalan untuk menaiki tangga. Karena di pastikan penderita akan mengalami sesak nafas.

2. Kebingungan


Gejala penyakit emfisema bukan hanya memengarhi gangguan fisik tetapi juga akan mengganggu mental seseorang. Hal ini di karenakan sistem saraf yang terganggu oleh paru-paru yang tidak bisa bekerja secara optimal. Biasanya gangguan mental yang terjadi akibat gejala emfisema adalah kebingungan dan kurang awas terhadap sesuatu.

3. Mengi


Mengi masih berhubungan dengan sesak nafas, mengi sendiri memang dapat terjadi ketika sesak nafas. Ketika orang menghirup dan menghembuskan nafas akan mengeluarkan bunyi “ngik-ngik” bunyi itulah yang dinamakan mengi. Mengi pastinya akan menyiksa penderita apalagi terjadinya ketika malam hari karena pada saat tubuh lelah ingin beristirahat tetapi tidak nyaman untuk bernafas selain itu bunyi mengi dapat mengganggu tidur.

4. Nyeri Dada


Sesak nafas yang terjadi akan mengakibatkan dada terasa nyeri, di tambah lagi anda memiliki riwayat penyakit jantung sebelumnya. Maksudnya, di pastikan ketika anda mengalami emfisema lalu anda pernah memiliki riwayat penyakit jantung anda pasti akan merasakan nyeri di dada.

5. Batuk


Jika anda mengalami batu jangan di anggap remeh, memang awalnya batuk terjadi akibat anda salah mengonsumsi makanan sehingga tenggirirkan akan terasa gatal kemudian akan mengalami batuk. Jika anda  mengalami gejala emfisema kemudian mengalami batuk dan sesak nafas pastinya sebaiknya anda berhenti merokok khususnya bagi para pria. Apabila saat anda  batuk anda tetap merokok dengan berbagai macam alasan, pastinya paru-paru anda akan mengalami luka ayang lebih parah.

6. Kehilangan Selera Makan


Kebanyakan semua penyakit dapat mengganggu selera makan penderita. Pada orang yang mengalami gejala emfisema juga akan mengalami penurunan nafsu makan hal ini di sebabkan oleh sesaknya dada yang berlangsung cukup lama kemudian di tambah dengan megalami kondisi batuk-batuk. Pastinya nafsu makan sudah tidak ada karena kalah denganrasa sakit yang di timpahnya.

7. Penurunan Berat Badan


Ketika nafsu makan turun pastinya akan mengalami penurunan berat badan. Jika anda terus-menerus menuruti perut yang tidak ingin makan akan berakibatkan penyakit-penyakit lain menimpa anda seperti penyakit lambung. Ditambah lagi saat badan anda kurus efek dari sesak nafas yang menimpa terlalu lam sehingga dikit demi sedikit tubuh anda akn di gerogoti penyakit dan tidak ada nutrisi yang berupa antiinflamasi masuk dalam tubuh.

8. Peurunan Kualitas Tidur


Seperti yang telah kita bahas pada mengi tadi, pastinya orang yang sesak dan mengalami mengi tidurnya akan terganggu. Penurunan kualitas tidur ini juga salah satu penyebab yang menjadikan tubuh anda mengalami pengurusan. Ketika anda mengalami sesak nafas pastinya untuk memjamkan mata saja rasanya sangat sulit, bisa jadi mata anda terpejam karena rasa kantuk yang menimpa anda sudah tidak bisa tertahankan. Selain itu mungkin karena adan anda sudah terlalu capek sehingga anda tidak tahan dan menghiraukan segalanya. Walaupun begitu biasanya waktu tidur yang di dapat hanyalah sebentar karena ketika sesak kambuh lagi anda akn terasa dan terbangun.

9. Kuku Membiru


Gejala fisik yang menimpa dan dapat terlihat selanjutnya adalah kuku menjadi berubah warna menjadi biru atau bisa jad abu-abu. Warna ini sudah di anggap tidak normal dan menandakan penyakit anda telah mengalami peningkatan yang lebih parah. Jadi ketika anda mengalami kejadian seperti ini sebaiknya segeralah periksakan ke dokter.

10. Bibir Membiru


Bibir membiru normalnya kan terjadi ketika anda sedang berada di daerah yang bersuhu rendah atau anda sedang kedinginan. Tetapi apabila anda mengalami bibr membiru pada saat terkenaa gejala emfisema merupakan tidak wajar. Maka sebaiknya anda segralah ke dokter untuk segera di tangani sebelum gejala-gejala yang lebih akut bermunculan.

Gejala Emfisema Lainnya :


11. Penurunan Fungsi Seksual
12. Depresi
13. Penurunan Bertahap Pada Aktivitas
14. Cepat Lelah
15. Kulit Kemerahan

Gejala-gejala emfisema di atas perlu anda waspadai karena dapat menyebabkan nafas menjadi pendek. Ketika anda mengalami beberapa gejala yang ada di atas sebaiknya segeralah periksakan diri, karena semakin cepat penyakit untuk di tangani maka semakin cepat pula kesembuhan yang terjadi.