Langsung ke konten utama

21 Gejala Beri - Beri Kering dan Basah

Gejala Beri-Beri - Beri-beri adalah penyakit yang disebabkan kekurangan vitamin B1 (tiamin). Meskipun penyakit beri-beri bisa mengenai siapapun, namun penyakit beri-beri sudah jarang ditemui karena semakin berkurangnya penduduk yang kekurangan gizi. Tetap saja, perlu untuk mengetahui apa saja gejala beri-beri.

Di Amerika Serikat, negara yang paling maju sedunia, penyebab utama beri-beri adalah karena alkoholisme. Penggunaan alkohol akan menghambat kemampuan tubuh untuk menyerap vitamin B1, yang akhirnya membuat tubuh kekurangan vitamin B1 meskipun cukup mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B1. Berikut adalah gejala beri-beri.



1. Cadel


Gejala beri-beri yang pertama adalah cadel. Cadel adalah gangguan berbica, dimana bunyi bahasa tidak mampu atau tidak diucapkan dengan benar oleh penutur bahasa. Seseorang yang mengami gangguan ini kan sulit melafalkan huruf-huruf tertentu misalnya huruf  “r” , “s”, ataupun huruf lainnya. Cadel memang sering kali menjadi tanda dari penyakit stroke. Namun, adanya gangguan syaraf pada pengidap beri-beri  dapat juga memunculkan cadel.

2. Kram otot


Penderita beri-beri akan sering merasakan kram otot, terutama di bagian betis. Penderita akan merasakan sensasi otot yang kaku disertai rasa nyeri ataupun sakit. Hal ini terjadi karena  saraf perifer  pada penderita beri-beri yang mengalami gangguan.

3. Kesulitan berjalan


Gejala beri-beri yang lainnya adalah penderita akan kesulitan berjalan. Penyakit beri-beri  menjadikan otot tidak dapat bekerja maksimal, sehingga  penderita mengalami lemah otot.  Ini yang menjadikan keseimbangan kaki terganggu, karena otot tidak sanggup menopang bobot tubuh dan akhirnya penderita akan kesulitan berjalan.

4. Kelumpuhan


Pada taraf yang paling ekstrim kelemahan otot tidak hanya menghambat gerakan tubuh, tetapi juga dapat mengakibatkan kelumpuhan. Bila gejala beri-beri tidak segera ditangani lama kelamaan kaki tidak lagi dapat digerakkan dan hanya bisa dalam posisi terkulai.

5. Radang otak akut


Gangguan syaraf pada penderita beri-beri juga dapat menyerang otak. Pada tingkat yang parah, beri-beri dapat menjadikan otak penderitanya mengalami peradangan . Ketika hal ini terjadi masalah neurologispun dapat muncul, penderita dapat kehilangan memori dan sering merasa kebingungan.

6. Kesulitan bangun dari posisi jongkok


Tidak hanya kesulitan berjalan, adanya gangguan otot pada penderita beri-beri juga menghambat gerakan tubuh lainnya. Hal ini dialami pada penderita beri-beri yang menunjukkan tingkat keparahan yang lebih serius.  Kelemahan otot kaki juga dapat menyebabkan penderita beri- beri kesulitan bangun dari posisi berjongkok.

7. Kesemutan


Kesemutan sebenarnya normal dirasakan tubuh, yang biasanya mengalami tekanan yang lama. Hal ini membuat pasokan darah ke saraf di daerah tersebut menjadi terhambat. Dapat dikatakan bahwa  kesemutan terjadi ketika peredaran darah kurang begitu lancar. Meski tergolong reaksi normal, adanya kesemutan yang sering kali terjadi terutama saat bangun tidur  patut untuk diwaspadai, karena bisa jadi menunjukkan gejala beri-beri.

8. Nistagmus


Tidak hanya otot kaki yang juga terganggu, gangguan otot juga dapat menyerang bagain mata. Bila gangguan pada otot mata terjadi, maka gerakan kedipan mata jadi tidak terkendali. Tidak terkendalinya gerakan pada syaraf mata ini disebut nistagmus.

9. Perut mual


Perut mual mungkin jadi salah satu penyakit yang sering diderita. Perut mual bisa jadi karena masuk angin atau salah makan. Namun, meski tergolong penyakit yang bisaanya dapat hilang tanpa penanganan khusus, adanya perut yang tidak nyaman perlu diwaspadai karena mungkin menjadi gejala dari beri-beri.

10. Kehilangan refleks pada kaki


Gajala lemah otot memang menjadi banyak masalah, selain yang telah disebutkan sebelumnya lemahnya otot juga menjadikan kehilangan refleks pada kaki. Adanya kehilangan refleks pada kaki dapat menjadi sebab pengecilan otot atau atrofi.

Sepuluh gejala beri-beri diatas tergolong gejala beri beri kering. Selain beberapa hal tersebut, beberapa poin dibawah ini juga patut anda ketahui. Gejala dibawah ini di bagi menjadi dua, poin sebelas sampai empat belas tergolong gejala beri-beri kering dan poin lima belas sapmapi dua puluh tergolong gejala beri-beri basah.

Baca Juga: 11 Obat Penyakit Beri-Beri yang Aman untuk Dikonsumsi Tubuh

Gejala Beri - Beri Kering dan Basah Lainnya :


11. Kaki pegal
12. Lemah otot
13. Kebingungan
14. cepat marah
15. Terbentuknya cekungan saat pembengkakan betis ditekan
16. Detak jantung lebih cepat
17. Kaki membengkak
18. Cepat lelah
19. Sesak nafas
20. Penurunan berat badan

Baca Juga: 10 Obat Herbal Beri-beri yang Ampuh untuk Kesehatan

Secara umum timbulnya gejala penyakit beri-beri berupa lemah, gangguan nafsu makan, sakit pada tungkai, kaki atau tungkai bengkak dan sesak napas. Semoga dengan mengetahui gejala beri-beri anda dapat lebih waspada terhadap penyakit ini. Anda juga dapat membaca artikel tentang penyakit lainnya.