Langsung ke konten utama

14 Gaya Hidup Sehat Usia 40 agar Tetap Panjang Umur

Memiliki usia diatas 40 tahun keatas memang sangat rentan terhadap penyakit akibat penuaan. Sisitem tubuh yang tidak lagi prima sampai pada tenaga yang kian berkurang akan berakibat pada kinerja dan aktivitas seseorang. haruslah pandai-pandai mengolah perilaku  dan pola makan sampai pola istirahat dan beraktivitas sangat diperlukan.

Usia ini dibilang sebagai usia pubertas kedua dan bisa beresiko jika tidak ditangani dan di manfaatkan secara baik. Beberapa orang usai 40 an memiliki cara tersendiri mengenai mengatur pola perilaku dan kebiasaan untuk di transformasikan dalam gaya hidup keseharian yang mampu bermanfaat.

14 Gaya Hidup Sehat Usia 40 agar Tetap Panjang Umur

Apa saja kebiasaan tersebut ? berikut ini beberapa pemaparanya untuk dipelajrai :

1. Rajin Berolah raga


Kebiasaan ini perlu dilakukan agar kesehatan tetap terjaga. aktivitas olahraga tidak harus berat, hanya olahraga kecil selama 30 menit saja sudah sangat bermanfat untuk Anda yang berusia 40 tahun keatas. Keringat yang keluar merupakan hal baik dari toksin yang ada dalam tubuh. sehingga sistem dalam tubuh tidak bekerja terlalu berat dan lebih bermanfaat. Olah raga ini juga membantu menjaga stabilitas dan hormon dalam tubuh. Sehingga tubuh akan lebih sehat dan enerjik walaupun usia semakin lanjut.

2. Pola istirahat cukup 


Seperti yang disampaikan tadi bahwa usia 40an merupakan usia untukk pubertas kedua. Dimana orang akan kembali bertingkah selayaknya anak anak. Sama halnya pada orang usai 40an ini dalam pola tidur. Biasanya bagi orang pada usia inin akan kesulitan untuk tidur. cobalah atur tidur Anda pada rentan waktu 8-10 jam perhari. Jangan sampai pada usia ini Anda masih doyan begadang. Nantinya tubuh Anda tidak mampu mengambil resiko yang Anda lakukann. Anda akan cepat sakit akibat metabolisme tidak berjalan normal akibat faktor usia dan kekurangan istirahat.

3. Perbanyak air putih


Kecenderungan pada usia ini adalah dehidrasi akibat kurang minum. darah akan lebih pekat dan kental pada usia ini. Untuk meminimalisir hal tersebut usahakan meminum air putih cukup. Kebutuhan perhari adalah 8 liter bagi keadaan normal. tetapi pada usia ini, tambahkan 1 liter agar sirkulasi peredaran darah juga kian baik dan terjaga. Sehingga Anda akan terhindar dari berbagi resiko penyakit.

4. Pola Makan


Mengatur pola makan perlu dilakukan bagi usia ini. Apalagi demi menjaga kesehatan jangka panjang. Mengatur pola makan dapat dilakukan dengan lebih taat terhadap jam makan Anda. Usahakan perbanyak sayur dan buah agar Anda tidak kekurangan nutrisi dalam tubuh. Terlebih lagi jangan sampai melakukan makan malam diatas jam 6 malam. karena dapat mengakibatkan resiko kadar gula tinggi dalam darah Anda.

5. Menghindari junkfood


Makanan cepat saji seperti mie isntan, pizaa atau sejenisnya harus dilakukan. Kadar lemak dan berbagai bahan kimia di dalanya sangat tidak baik dalam kesehatan tubuh. Apalagi bahan pengawet makanan yang merusak kinerja organ tubuh dan mengganggu sistem syaraf. Mengurangi makanan ini akan bermanfaat bagi Anda dalam resiko kepikunan pada jangka panjang.

6. Mengurangi Garam


Garam dapur yang biasa digunakan dalam setiap makanan untuk usia 40an perlu dikurangi kadarnya. Kelebihan garam akan mengakibatkan meningkatnya tekanan darah dan memicu serangan stroke ringan. Usahakan makan makanan yang berkadar garam sedikit walapun kenikmatanya akan berkurang demi kesehatan Anda dimasa depan.

7. Mengurangi Gula


Gula memang manis. Itu merupakan sifat aslinya. Tetapi bagi orang berusia 40an tahun keatas usahakan mengurangi kadar gula dalam makanan atau minuman. Manis yang ditimbulkan tidak semanis efek yang diakibatkan. Kelebihan gula akan memicu diabetes dan sangat rentan pada usia ini.

8. Kurangi Kopi


Kopi yang nikmat harus dikurangi bagi orang berusia 40an. Kafein didalamnya sangat berbahaya untuk kesehatan. biasanya kelebihan kafein ini pada usia 40an dapat menyebabkan gangguan pernafasan dan kesulitan tidur. Sehingga beresiko pada kesehetan jangkan panjang.

9. Hindari Alkohol


Alkohol memang harus dihindari sejak dini. Tidak hanya pada usia ini. Alkohol dapat menyebabkan sistem syaraf Anda terputus dan Anda bisa kehilangan kesadaran. Apalagi ginjal Anda dapat robek jika terus meminum minuman beralkohol ini.

10. Diet


Melakukan diet perlu diupayakan bagi orang berusia 40an. Resiko obesitas akan kecil apabila secara rutin melakukan diet seimbang. upayakan kurangi konsumsi nasi dan diganti dengan bahan pokok pengganti nasi yang memiliki kadar karbohidrat lebih tinggi seperti oatmeal, atau jagung.

Baca Juga: 21 Efek Samping Tidur Dibawah AC untuk Kesehatan Tubuh

Ada lagi kebiasaan yang bisa dilakukan untuk usia 40an agar hidup sehat lebih lama, diantaranya :


Gaya Hidup Sehat Usia 40 agar Tetap Panjang Umur Lainnya


11. Hindari rokok
12. Konsumsi Suplemen
13. Berfikiran Positif
14. Refresing

Kebiasaan dan gaya hidup orang 40an ini akan menjadi alternatif pemilihan gaya hidup Anda diusia mendatang atau sedang Anda alami. Jika hal ini dilakukan pasti Anda akan hidup sehat lebih lama dan juga terhindar dari penyakit.