Langsung ke konten utama

21 Gaya Hidup Baik sebelum Tidur Malam untuk Kesehatan Tubuh

Aktivitas Tidur yang seharusnya kita lakukan harus dipersiapkan dengan baik. Hal ini dilakukan agar kualitas tidur semakin baik dan dapat menjaga metabolisme tubuh. Beberapa orang bahkan mempersiapkan tidur dengan kebiasaan yang unik dan bermanfaat bagi kesehatan.

Bagaimana dengan Anda? Apakah sudah mempersiapkan tidur Anda  dengan baik? Atau justru Anda melakukan hal yang tidak sepantasnya? Coba simak beberapa kebiasaan yang baik dilakukan sebelum Anda tidur. Persiapan ini akan membawa Anda dalam alam mimpi dan kualitas tidur yang baik. Berikut pemaparanya:

21 Gaya Hidup Baik sebelum Tidur Malam untuk Kesehatan Tubuh

1. Bersihkan Dulu ranjang Anda


Kebiasaan ini baik dilakukan supaya kebersihan ranjang Anda tetap terjaga. Dalam keseharian Anda pasti menggunakan ranjang Anda untuk tidur pada malam hari. Sehingga ketika siang Anda tinggalkan karena aktivitas atau pekerjaan Anda. Ada kemungkinan bahwa ranjang Anda terkena debu, kotoran atau sesuatu yang bisa mengganggu Anda. Lakukan hal ini sebelum Anda tidur agar terhindar dari gatal gatal saat Anda bangun esok hari.

2. Mandi Air Hangat


Beberapa orang melakukan hal ini untuk menjaga metabolisme dan melenturkn otot otot yang tegang akibat
lelah bekerja dan beraktivitas. Orang melakukan mandi dengan menggunakan air hangat bisa di campurkan dengan daun sirih agar menyegarkan tubuh. Kegunaan lain mandi air hangat sebelum tidur dapat melancarkan peredaran darah dalam tubuh Anda. Anda akan terasa rileks dan segera memejamkan mata dengan nyenyak.

3. Mencuci Kaki dan Tangan


Langkah ini sering sekali dilupakan. Akibat kelelahan saat bekerja dan beraktivitas sering melupakan kebiasaan mencuci kaki dan tangan. Padalah kebiasaan mencuci dan tangan Anda sebelum tidur akan memberikan kenyamanan dan menghindarkan Anda dari penyakit. Kebersihan tubuh Anda terjaga akibat kebiasaan ini.

4. Menggosok gigi


Hayo, sudah berapa kali seharai Anda melakukan gosok gigi. Biasanya hal ini dilakukan hanya 2 kali sehari. Saat mandi pagi dan mandi sore. Padahal kebiasaan menggosok gigi sebelum tidur dapat menghindarkan mulut Anda berbau dan gigi Anda akan terjaga keutuhanya. Sisa makanan dalam sela sela gigi setelah makan malam juga tidak akan berubah menjadi bakteri dan merusak gigi.

5. Konsumsi air putih


Minum air putih setidaknya 2 gelas sebelum tidur mampu menurunkan kadar toksin dalam tubuh. Air putih ini akan membantu metabolisme dan pencernaan yang terus bekerja di dalam tubuh saat Anda tidur. Sehingga ketika bangun, zat yabg tidak dipergunakan akan terbuang di pagi hari dan Anda terhindar dari permasalahan susah buang air besar atau kecil.

6. Membaca buku


Membaca buku iini akan membantu Anda dalam menjaga sistem syaraf otak. Setidaknya bacalah buku Anda 30 menit sebelum tidur. Otak Anda akan tetap terlatih dengan sendirinya. Sehingga kesehatan memori dan daya tangkap Anda akan bertahan jauh lebih lama. Namun, jangan biasakan membaca buku sambil tiduran karena itu dapat merusak kesehatan mata Anda.

7. Putarlah Musik Kesukaan atau bergenre klasik


Memainkan musik ini akan membuat relaksasi pada Anda. Kebiasaan membunyikan musik akan membangun energi dalam tubuh Anda. Peredaran darah juga akan lancar. Kebiasaan ini juga akan membawa dampak baik untuk tidur Anda. Anda akan terhindar dari mimpi yang aneh ketika terbiasa mendengarkan musik sebelum Anda tidur.

8. Persiapkan Perlengkapan Untuk Hari esok


Kebiasaan diwaktu Anda sebelum tidur adalah mempesiapkan segala perlengkapan untuk esok hari. Dengan kebiasaan ini Anda akan lebih merasa tenang dan tidak terlalu terpikirkan oleh pekerjaan diesok hari. Kinerja otak Anda juga akan berisitirahat dengan baik. selain itu Anda juga akan terhidar dari perasaan terburu buru di esok harinya nanti.

9. Usahakan makan malam Pukul 18.00


Konsumsi Makanan lebih baik dilakukan sebelum pukul 6 sore. hal ini untuk menghindarkan Anda terjadi penumpukan lemak. Pencernaan Anda akan bekerja setidaknya 2 jam untuk mencerna makanan. Oleh sebab itu, hindari makan malam lebih dari jam 6 malam.

10. Minum susu Hangat


Konsumsi susu akan menjaga zat imun dan kebutuhan kalsium Anda. Regenerasi kulit dan penguatan tulang akan terjadi lebih baik. apalagi kebiasaan ini Anda ajarkan pada anak anak Anda dalam masa pertumbuhan. Susu kaya akan protein dan sangat menyehatkan.

Baca Juga: 19 Ciri Khas Rumah Sehat yang Perlu Anda Miliki untuk Keluarga

Beberapa kebiasaan dan gaya hidup baik lainya yang dapat dilakukan sebelum tidur adalah

Gaya Hidup Baik sebelum Tidur Malam Lainnya


11. Hindari Alkohol
12. Hindari Kopi
13. Hindari Rokok
14. Menenangkan diri
15. Olahraga kecil
16. Mengolskan aroma terapi
17. Matikan HP
18. Menggunakan Lotion anti nyamuk
19. Pakai Krim malam
20. Redupkan lampu kamar
21. Berdoa sebelum tidur

Kegiatan dan gaya hidup baik ini merupakan hal yang dapat Anda lakukan agar Anda tetap menjaga kualitas tidur. Tidur yang berkualitas akan menjaga kesehatan Anda secara berkelanjutan. Tidur nyaman, tubuh pun senantiasa sehat.