Langsung ke konten utama

13 Fungsi Zat Ash dalam Kehidupan Sehari-Hari

Anda yang masih belum mengenal zat kimia yang satu ini mungkin masih awam tentangnya. Ash merupakan nama kimia dari suatu zat yang merupakan bagian dari analisis proksimat yang berasal dari bahan biologis. Anda bisa mengatakan bahwa zat ini seperti sisa pembakaran atau abu yang berasal dari makanan.

Maka tak heran jika Anda mungkin akan menemukan zat makanan yang didalamnya terdapat ash seperti crude ash. Tubuh Anda memang membutuhkan zat yang satu ini namun dalam keadaan wajar dan tidak melampaui batas. Biasanya tubuh manusia hanya boleh mengonsumsi zat ini kurang dari 10% saja.
Beberapa makanan yang mengandung ash yaitu roti, tepung roti, tepung gandum, dan daging sapi kering.

13 Fungsi Zat Ash dalam Kehidupan Sehari-Hari

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak apa saja fungsi dan manfaat dari zat ash berikut ini.

1. Menambah mineral tubuh


Manfaat atau fungsi zat ash yang pertama yaitu dapat menambah mineral di tubuh Anda. Seperti yang Anda ketahui bahwa tubuh Anda memerlukan beberapa gizi, seperti vitamin, protein, dan juga mineral. Tidak hanya manusia saja, makanan hewan peliharaan pun perlu mengandung zat ash agar pertumbuhan hewan tersebut berjalan dengan baik.

2. Menurunkan sodium dalam tubuh


Zat ash juga dapat membuat sodium di dalam tubuh Anda menurun. Hal ini bisa bermanfaat untuk mencegah efek terlalu banyaknya sodium yang masuk ke dalam tubuh Anda, apalagi jika Anda mempunyai banyak kebiasaan mengonsumsi makanan dan snack gurih yang kandungan garam dan sodiumnya tidaklah sedikit.

3. Menguatkan tulang


Manfaat zat ash juga mampu membantu tulang Anda menjadi lebih kuat. Kegunaan zat ini sangat cocok untuk dijadikan sumber nutrisi yang baik untuk kesehatan anak Anda yang sedang mengalami masa pertumbuhan, terutama tulangnya. Anda yang mempunyai riwayat penyakit pengeroposan tulang pun bisa menjadikan zat ini sebagai sumber sehat yang baik untuk tulang,

4. Membantu pertumbuhan gigi


Tidak hanya tulang saja, zat ash juga baik untuk kesehatan gigi Anda. Zat yang satu ini mampu membantu pertumbuhan gigi Anda menjadi lebih baik. Anda bisa memanfaatkannya untuk membantu anak Anda yang masih dalam pertumbuhan, terutama untuk giginya.

5. Baik untuk otot


Kesehatan otot Anda juga akan lebih terjaga jika Anda mengonsumsi makanan yang mengandung cukup zat ash. Otot Anda tidak akan mudah tegang dan juga mudah untuk dibentuk terutama bagi Anda yang sedang menyukai hobi untuk berolahraga.

6. Membuat jantung sehat


Kesehatan jantung Anda akan lebih baik jika Anda bisa mencukupi kebutuhan zat ash setiap harinya. Jantung Anda tidak akan mudah terkena penyakit dan membuat aliran darah di tubuh Anda lebih lancar.

7. Mengontrol osmotic


Apa sih osmotic itu? Osmotic merupakan sebuah tekanan yang memindahkan larutan encer ke larutan padat. Nah, zat ash bisa membantu mengontrol proses pemindahan larutan ini dengan baik di tubuh Anda agar tidak terjadi kelebihan pemindahan larutan ke jenis yang padat.

8. Penghasil enzim


Enzim di tubuh Anda sangat berguna untuk kehidupan. Untuk mencukupi kandungan enzim di dalam tubuh, Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung zat ash di dalamnya. Zat ini bermanfaat untuk membantu mempercepat proses produksi enzim di dalam tubuh Anda.

9. Baik untuk kesehatan tulang


Kesehatan tulang Anda akan lebih terjaga jika Anda bisa mengonsums zat ash dengan rutin sesuai dengan kadarnya. Tulang Anda akan menjadi lebih kuat dan tidak mudah patah, serta terhindar dari penyakit tulang lainnya.

10. Membantu kontraksi otot


Otot yang bisa berkontraksi dengan baik menandakan bahwa otot tersebut tidak tegang dan juga sehat. Hal ini bisa Anda rasakan jika Anda mencukup kebutuhan zat ash setiap hari. Otot Anda akan menjadi lebih sehat dan juga kuat.

Baca Juga: 21 Dampak Memakai Bra Saat Tidur di Malam Hari untuk Kesehatan

Selain 10 fungsi zat ash di atas, masih ada fungsi lainnya dari zat ini yang perlu Anda ketahui lebih lanjut, yaitu:

Fungsi Zat Ash Lainnya


11. Membantu pembentukan jaringan lunak dank eras
12. Membentuk antibody
13. Menyeimbangkan air

Tubuh Anda memang membutuhkan zat ash ini, namun kadarnya tidak boleh berlebihan. Jika berlebihan, maka Anda bisa terserang beberapa efek buruknya, bahkan bisa memicu kematian. Konsumsilah makanan yang mengandung zat ash secukupnya agar Anda juga tidak perlu terkena dampaknya.