Langsung ke konten utama

11 Efek Tidur Malam pada Prestasi Belajar dan Kemampuan Otak

Tidur merupakan kebutuhan pokok yang harus wajib di penuhi oleh setiap manusia. Normalnya kebutuhan tidur manusia dalam satu hari adalah 8 jam. Apabila kebutuhan tidur tidak terpenuhi, akan mempengaruhi daya ingat dan kecerdasan otak.

Karena selama tidur, jaringan otak dan sel-sel dalam tubuh kita akan melakukan regenerasi. Sehingga dengan kebutuhan tidur yang cukup, akan membuat badan dan pikiran menjadi segar dan bugar. Namun ada beberapa dampak buruk yang di akibatkan karena tidur terlalu larut malam mengganggu prestasi belajar.

11 Efek Tidur Malam pada Prestasi Belajar dan Kemampuan Otak

Adapun pengaruh tidur terlalu larut malam dalam mempengaruhi prestas belajar yakni :

1. Menurunkan daya tahan tubuh


Masalah yang dialami apabila kurang tidur adalah daya tahan tubuh akan menurun. Hal ini di sebabkan karena saraf-saraf dalam tubuh tidak mendapatkan istirahat yang cukup. Sehingga asupan oksigen ke otak yang masuk melalui saraf-saraf aliran darah menjadi berkuranng.

2. Memicu stres


Tidur telalu malam membuat otak kita menjadi stres. Hal ini di sebabkan karena otak dipaksa untuk terus terjaga sedangkan badan terasa lelah dan ingin beristirahat. Akibatnya otot di kepala menjadi tegang dan
kaku yang menyebabkan saraf-saraf di kepala menjadi tidak nyaman.

3. Daya ingat menurun


Kuantitas tidur yang kurang mengakibatkan, asupan oksigen ke otak menjadi berkurang. Hal ini menyebabkan pikiran kurang konsentrasi dan daya ingat menjadi menurun. Sehingga kondisi ini menyulitkan kita untuk menyerap pembelajaran ketika di sekolah.

4. Terserang anemia


Anemia adalah kondisi dimana kita kekurangan sel darah merah. Gejala yang di timbulkan oleh anemia sendiri adalah badan terasa lemas dan kurang konsentrasi. Sehingga kondisi seperi ini membuat kita malas untuk mengikuti pelajaran di sekolah. Cara untuk mengantisipasi anemia adalah dengan menjaga pola tidur yang cukup.

5. Mental dan fisik terganggu


Tidur terlalu larut malam menyebabkan pikirian menjadi tidak fokus. Hal ini dikarenakan jumlah oksigen dan sel darah merah yang ada dalam otak berkurang karena jam tidur kita yang tidak maksimal . Kondisi ini memicu stres dan mengganggu mental dan fisik. Sehingga saat berada di sekolah kita tidak seratus persen fit.

6. Kesulitan konsentrasi


Jumlah oksigen dan sel darah merah yang menuju otak berkurang mempengaruhi konsentrasi kita.  Sehingga pikiran kita tidak terlalu fokus pada materi pelajaran. Karena rasa lelah dan ngantuk yang menghinggapi.

7. Memicu sakit kepala


Sakit kepala di picu karena kurangnya jumlah jam tidur kita. Seseorang yang kurang tidur biasannya mengeluh sakit kepala dan badan terasa panas. Hal ini di akibatkan karena pembuluh darah di sekitar kepala tegang karena tersumbat akibat dari kurangnya aliran oksigen yang masuk ke otak. Bila sakit kepala sudah menyerang, tentunya semua mata pelajaran yang kita terima di sekolah tidak dapat kita serap.

8. Mengantuk pada pagi dan siang hari


Kondisi kurang tidur menyebabkan rasa kantuk saat pagi dan siang hari. Hal ini di karenakan kondisi tubuh yang menginginkan untuk beristirahat. Pekerjaan Anda di pagi dan siang hari pun juga akan terganggu karena hal ini.

9. Tubuh terasa cepat lelah


Kondisi tubuh yang kurang darah akibat tidur terlalu malam menyebabkan tubuh terasa cepat lelah. Apabila tubuh tidak fit dan mudah terasa lelah, maka untuk mengikuti pelajaran menjadi malas. Sehingga apabila sifat malas ini terus menghinggapi kita, akan menyebabkan prestasi belajar kita menurun.

10. Intuisi dan imajinasi berkurang


Tidur yang tidak cukup mengkibatkan kemampuan otak menjadi menurun karena jumlah oksigen dan sel darah merah yang masuk keotak berkurang. Sehingga otak kehilangan konsentrasi dan mengakibatkan daya kreatifitas yang biasanya di lakukan otak menjadi menurun.

Pengaruh tidur malam sangat memprngaruhi prestasi kita di sekolah, hal ini sejalan dengan kondisi dimana otak tidak fokus dan kurang konsentrasi dalam menerima pembelajaran. Dengan begitu, kemampuan otak untuk berimajinasi dan berkreatifitas menjadi tidak maksimal.

11. Mudah tersinggung


Kondisi pikiran yang kosong karena tidur terlalu malam mengakibatkan menjadi tidak fokus. Pikiran mudah terganggu  tersinggung apabila terganggu oleh temannya. Dengan kondisi seperti akan menimbulkan pembelajaran yang tidak nyaman di sekolah karena kita merasa emosi.

Baca Juga: 11 Tips Mengatasi Kecanduan Rokok yang Paling Jitu

Kebiasaan atau gaya hidup tidur malam merupakan kebiasaan buruk. Kita bisa menghentikan kebiasaan tersebut dengan cara menhindari kegiatan malam seperti menonton film dan belajar sampai larut malam. Kita bisa menyiasati dengan mengurangi tidur siang yang mengakibatkan saat malam susah tidur.