Langsung ke konten utama

21 Efek Samping Tidur Dibawah AC untuk Kesehatan Tubuh

Pada sebuah negara tropis, AC merupakan peralatan rumah tangga menjadi kebutuhan pokok untuk mengurangi udara panas di dalam ruangan. Selain untuk membuat ruangan menjadi sejuk, AC bermanfat untuk kesehatan karena sirkulasi udara dalam ruangan menjadi baik.

Namun dibalik manfaat yang sangat baik untuk kesehatan, ternyata AC dapat menimbulkan berbagai resiko yang baik untuk kesehatan. Kebiasaan masyarakat yang menggunakan AC pada ruang kamar tidur dapat menyebabkan gangguan yang berbahaya bagi tubuh.

21 Efek Samping Tidur Dibawah AC untuk Kesehatan Tubuh

Beberapa bahaya dan efek samping yang ditimbulkan penggunaan AC sebagai berikut :

1. Gangguan saraf wajah


Penempatan AC yang berada di dekat tempat tidur, menyebabkan semburan udara langsung mengenai muka secara berlebihan. Keadaan semburan angin yang dingin  yang dikeluarkan AC seperti ini, membuat saraf wajah akan kaku dan tegang. Sehingga menyebabkan kelumpuhan sementara pada sekitar wajah setelah bangun tidur.

2. Leher kaku dan pegal


Semburan udara dingin yang keluar dari AC yang terus menerus menyebabkan leher kaku dan pegal. Hal ini diakibatkan semburan udara yang terlalu dekat dengan tubuh. Sehingga menjadikan urat saraf menjadi tegang dan pembuluh darah di daerah leher menjadi kaku. Rasa pegal pada leher akan terasa kketika bangun pagi.

3. Gangguan saraf seputar tangan


Selain saraf yang ada di sekitar leher, smburan udara dingin AC dapat menyebabkan gangguan saraf seputar tangan.hal ini dikarenakan udara dingin mengakibatkan penyumbatan dara di area tangan. Sehingga tangan akan terasa nyeri ketika bangun pagi.

4. Tangan dan kaki kesemutan


Penggunaan suhu udara pada AC harusnya disesaukan dengan kondisi kebutuhan kelembaban yang dibutuhkan oleh tubuh. Apabila udara di area kamar terlalu dingin mengakibatkan jari-jari tangan dan kaki menjadi kesemutan. Hal ini dikarenakan udara yang terlalu dingin membuat penyumbuatan saraf-saraf yang mengakibatkan seseorang menjadi mati rasa.

5. Masuk angin dan kembung


Penggunaan AC yang terlalu dingin tidak baik untuk kesehatan tubuh. Semburan udara yang sejuk secara terus menerus, menyebabkan daerah perut akan mudah masuk angin dan kembung. Apabila keadaan seperti ini dibiarkan berlarut-larut, menyebabkan komplikasi keluhan misalnya flu, batuk, demam yang meyerang secara tiba-tiba.

6. Tubuh cepat lelah


Pemasangan AC yang kurang tepat di atas tempat tidur, menyebabkan semburan langsung mengenai wajah. Kondisi ini apabila di biarkan secara berlarut-larut akan menyebkan penyumbatan saraf di sekitar kepala. Ha ini menyebabkan kondisi badan kurang fit dan tubuh merasa cepat lelah.

7. Gangguan pernafasan


Perubahan suhu mendadak dapat menyebabkan gangguan pernafasan. Pada penggunaan AC yang tidak bersih, akan menimbulkan kotoran dan debu yang tersumbat di dalam filter AC. Sehingga udara yang di keluarkan AC menjadi tidak baik untuk orang yang mempunyai gangguan asma.

8. Mengganggu hormon kesuburan


Udara sejuk yang ditimbulkan AC secara berlebihan berakibat buruk pada hormon kesuburan wanita dan pria. Udara dingin yang dihasilkan AC mengkandung zat asam phatalic yang dapat merusak jaringan peredaran darah pada saraf. Sehingga kestabilan hormon kesuburan pada pria dan wanita sangat mudah terserang dan tidak dapat berkembang secara maksimal.

9. Dehidrasi


Walaupun udara dingin yang di hasilkan AC menjadikan ruangan menjadi sejuk, tetapi kulit tubuh akan menjadi kering, dehidrasi,dan cairan tubuh cepat hilang. Hal ini karena udara dingin yang dihasilkan AC dapat mengikat cairan tubuh selama kita beristirahat. Sehingga setiap kita bangun tidur, tenggorokan menjadi menjadi kering dan terasa haus.

10. Penuaan dini


Selain menyebabkan dehidrasi, udara dingin pada AC juga menyebabkan penuaan dini. Kulit kering yang sering terkena semburan AC yang  dingin menyebabkan mudah sensitif, sehingga kulit kehilangan kelembaban secara alami. Apabila kulit tidak mampu atau kehilangan kemampuan untuk melembabkan diri, maka akan mengakibatan penuaan dini.

Baca Juga: 9 Dampak Buruk Ngorok ketika Tidur untuk Kesehatan Tubuh

Selain itu masih banyak efek samping yang dapat ditimbulkan dari tidur di bawah AC, sebagai berikut


Efek Samping Tidur Dibawah AC Lainnya


11. Penyebaran bakteri dan virus
12. Daya tahan tubuh terganggu
13. Memicu obesitas
14. Persendian sakit
15. Mata berair dan belekan
16. Sakit kepala
17. Rematik
18. Gangguan kandung kemih
19. Denyut jantung tidak beraturan.
20. Rambut rontok

Teknologi AC memang mempunyai pengaruh buruk bagi kesehatan, namun apabila kita mempergunakan dengan baik dan benar, tentulah sangat bermanfat bagi kita yang bertempat tinggal di daerah memiliki iklim udara yang sangat panas. Tentunya kita harus rajin dan rutin memelihara kebersihan filter dari debu, sehingga efek negatif yang ditimbulkan AC tidak akan mengganggu bagi kesehatan kita.