Langsung ke konten utama

8 Efek Minum Kopi setelah Makan Jengkol untuk Tubuh

Jengkol merupakan buah yang memiliki aroma khas, yang sering dijadikan sebagai lalapan atau sayuran oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia. Selain rasanya yang nikmat, buah jengkol memiliki kandungan protein, zat besi, kalsium, fosfor, dan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

Akan tetapi, di balik kenikmatan buah jengkol tersebut, timbul bau mulut  kurang sedap yang sering dikeluhkan setelah mengkonsumsi buah jengkol. Namun bagi Anda yang menggemari minuman kopi, ternyata sangat bermanfaat dalam menghilangkan bau tidak sedap yang ditimbulkan setelah mengkonsumsi jengkol.

8 Efek Minum Kopi setelah Makan Jengkol untuk Tubuh

Namun manfaat minum kopi setelah makan jengkol, tentunya dapat memberikan efek positif dan negatif, tergantung  seberapa banyak Anda mengkonsumsi kedua jenis makanan dan minuman tersebut. Adapun efek-efek yang di timbulkan sebagi berikut :

1. Menghilangkan bau mulut


Manfaat minum kopi dapat menghilangkan bau mulut yang kurang sedap setelah mengkonsumsi jengkol. Sudah menjadi rahasia umum, apabila wangi biji kopi sering di jadikan sebagai zat penetralisir  pada saat tester parfum di toko parfum. Sehingga sudah terbukti, keampuhan kopi dalam mengusir bau jengkol yang kita konsumsi.

Namun perlu diingat bahwa, kopi yang kita minum haruslah kopi hitam murni tanpa campuran. Karena kandungan senyawa pada kopi hitam tanpa adanya campuran dari susu atau krimer, masih mengandung zat kafein yang memberikan aroma khas.

2. Membuat Anda merasa lebih pede


Apabila bau yang tidak sedap setelah mengkonsumsi jengkol hilang, tentunya akan membuat kita semakin pede. Kita tidak akan merasa canggung apabila harus berhadapan dan  berbicara secara langsung dengan sesorang, walaupun baru saja mengkonsumsi jengkol. Namun, yang terpenting  dari itu semua adalah untuk terus memotivasi diri sendiri dengan energi  positif agar kita tetap pede dengan siapapun.

3. Menurunkan diabetes


Meminum kopi setelah makan jengkol dapat menurunkan resiko diabetes. Kandungan senyawa dalam kopi dapat menghalangi zat yang dapat menimbulkan polipeptida yang dapat menghasilkan serat protein yang diluar batas normal yang dibutuhkan oleh tubuh.

Selain itu kandungan senyawa kafein yang ada dalam kopi, berguna untuk memproses glukosa  yang dihasilkan setelah makan. Sehinggga apabila glukosa dapat diproses secara menyeluruh, resiko kemungkinan terserang penyakit gula darah menjadi sangat kecil.

4. Menyebabkan anemia


Kandungan kafein yang tinggi pada secangir kopi hitam dapat menyebabkan anemia bagi peminumnya setelah selesai menyantap makanan. Hal ini disebabkan karena zat besi besi dalam darah larut dalam kafein yang dihasilkan oleh secangkir kopi hitam. Oleh karena itu, alangkah lebih baiknya untuk memberikan jeda setelah makan. Agar tidak terburu-buru untuk langsung meminum kopi.

5. Menyebabkan dehidrasi


Meminum kopi setelah selesai makan jengkol, dapat menyebabkan dehidrasi. Hal ini dikarenakan kandungan gula yang berlebih saat membuat kopi yang dapat membuat tenggorokan menjadi kering. Oleh karena itu alangka baiknya untuk meminum air terlebih dahulu setelah makan atau dengan memberi jeda waktu 2 jam
sebelum meminum kopi.

6. Berkurangnya kadar penyerapan zat besi


Kandungan kopi dalam secangkir kopi dapat menyebabkan berkurangnya kadar penyerapanzat besi dalam tubuh. oleh karena itu sebaiknya kita menghindari terlebih dahulu untuk meminum kopi setelah makan jengkol. Kita bisa meminum air putih terlebih dahulu dan memberikan jeda sebelum ingin meminum kopi hitam.

7. Membuat badan menjadi lemas


Kandungan kafein yang terlalu  banyak dalam secangkir kopi  hitam dapat membuat daya tahan tubuh menurun, sehingga daya tahan tubuh menurun dan badan menjadi lemas. Untuk itu tidak dianjurkan untuk minum kopi setelah makan jengkol.

Karena kandungan kafein yang berlebih dalam kopi akan menyerap mineral dan vitamin yang sebenernya diperlukan tubuh. Kekurangan mineral dan vitamin yang ada dalam tubuh menyebabkan menjadi lemas dan malas untuk beraktifitas.

8. Membuat kepala menjadi pusing


Efek kafein yang terdapat dari kopi dapat menyebabkan detak jantung menjadi lebih cepat. Sehingga aliran darah yang masuk ke otak menjadi berlebih dan menjadikan perasaan mudah menjadi cemas. Sehingga apabila Anda tidak terbiasa dalam meminum kopi setelah makan jengkol untuk menghindarinya.


Baca Juga: 5 Penyebab Kepala Pusing Setelah Minum Kopi yang Perlu Diwaspadai

Meminum kopi sangatlah bermanfaat, karena kandungan kafeinnya berguna untuk memproses glukosa dan zat kafein berguna untuk menenangkan pikiran. Namun apabila kita selesai makan jengkol dan langsung meminum kopi dapat memberikan dampak negatif untuk ubuh. Untuk kita harus meberikan jeda terlebih dahulu setelah makan, dengan meminum air putih dan mengkonsumsi buah-buahan lainnya.

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Dan Efek Samping Rokok Elektrik Vapor

Awalnya rokok elektronik atau vapor diciptakkan untuk mengurangi ketergantungan pada rokok tembakau, karena rokok tembakau sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, tetapi ternyata dampak rokok elektrik vapor juga sama berbahayanya seperti rokok tembakau. Dampak negatif rokok elektrik bagi kesehatan mungkin masih menjadi perdebatan bagi beberapa orang yang mengenal dunia kesehatan seperti dokter dan praktisi kesehatan lainya. Parahnya lagi, kita sering membaca di iklan cetak maupun media online jika electric cigarete adalah rokok aman dan di klaim bebas nikotin, tar juga aneka bahan berbahaya lainnya.

Bagian dari rokok elektrik terdapat penampung cairan atau liquid yang ketika dipanaskan akan menghasilkan uap yang berasap, Tombol power, drip, mods, dan alat pemanas yang digunakan untuk mengubah liquid menjadi uap asap. Penampung liquid tadi bisa diisi ulang. Larutan ini mengandung propilen glikol, gliserin, dan perasa. Larutan ini dipanaskan, kemudian muncul uap selayaknya asap. Sebag…

Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita

Penyebab Dan Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita. Panas dalam adalah gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh anak-anak dan bayi. Gangguan kesehatan yang ditandai dengan kondisi tubuh terasa panas dan bayi atau si anak akan membuat mereka merasa tidak nyaman, gairah bermain menjadi hilang, lesu, pandangan mata meredup, rewel, cengeng atau sering menangis, dan bermalas–malasan. Penyebab panas dalam dapat diakibatkan karena tubuh kita kekurangan vitamin c, konsumsi serat, dan cairan, juga dapat akibat konsumsi makanan yang terlalu panas, banyak mengandung minyak dan berlemak, faktor cuaca dan lingkungan yang berubah ubah secara tiba tiba terutama saat peralihan dari kemarau ke penghujan maupun sebaliknya, serta dapat bersumber pada gangguan lainnya seperti stres, ketidakstabilan hormon dalam tubuh, juga menurunnya daya tahan tubuh.

Panas dalam atau demam merupakan keluhan yang banyak terjadi khususnya pada bayi dan anak kecil karena panas dalam juga merupakan …

Cara Mengatasi Dan Mengobati Tengeng Pada Leher

Sakit leher atau tengeng sering dialami sebagian orang. Orang yang mengalami tengeng tersebut akan mengalami suatu keterbatasan yang terkadang dapat mengganggu dirinya dalam melakukan aktifitas sehari-hari, misalnya menolehkan kepala kekanan dan kekiri. Sehingga mereka akan bertanya-tanya kepada kawan atau kelurganya “leher tengeng apa obatnya?”. Dalam kasus seperti ini anda dapat mengobati sakit leher berdasarkan penyebabnya. Untuk yang masalah ringan anda hanya perlu melakukan tidakan tradisional seperti memijit leher yang sakit. domain name and web hosting packages
domain name registrant
Sebagian orang menyebut sakit tengeng ini dengan sebutan kenger. Penyebab umum penyakit tengeng adalah kesalahan posisi saat tidur. Posisi tidur yang tepat seharusnya mengistirahatkan otot-otot seluruh tubuh dimana posisi yang baik adalah dengan menggunakan punggung belakang. Selain itu, penggunaan bantal harus sampai bahu sehingga posisi leher dalam keadaan rileks sehingga otot-otot sekitar leher …