Langsung ke konten utama

21 Efek Buruk Terlalu Sering Bermain Pokemon Go yang Perlu Diperhatikan

Euforia permainan Pokemon GO saat ini, masih belum surut bagi para pecinta game. Terbukti semenjak  resmi di liris di Indonesia pada  Agustus 2016 lalu, game Pokemon GO masih menjadi game yang memikat untuk di mainkan berbagai kalangan. Berbagai fitur seperti augmented reality (AV)  yang menjadikan game ini semakin nyata untuk dimainkan.

Para pemain bisa langsung berinteraksi dengan menangkap pokeman sambil berjalan. Sehingga game ini di rasa bermanfaat bagi sebagian orang, karena dianggap bermain game sambil berolahraga (jalan kaki) demi mendapakan pokemon sebanyak-banyaknya.  Namun di balik manfaat  game Pokemon GO, terdapat banyak bahaya bagi penggunanya.

21 Efek Buruk Terlalu Sering Bermain Pokemon Go yang Perlu Diperhatikan

Berikut ini efek buruk yang dapat di timbulkan dari bermain pokemon GO terlalu sering antara lain :

1. Kecelakaan lalu lintas


Pemain pokemon GO terlalu berkonsentrasi dengan smartphone untuk mencari atau menangkap hewan buruannya. Bahkan para pemain berhenti mendadak di tengah jalan tanpa melihat sekelilingnya apakah sepi atau ramai kendaraan. Sehingga banyak kasus pemain pokemon GO yang tidak berhati-hati menjadi korban kecelakaan lalu lintas di jalan raya.

2. Menggangu kenyamanan


Hewan pokemon terkadang berada di tempat-tempat khusus seperti rumah atau kantor yang bukan merupakan tempat publik. Banyak pemain pokemon Go yang nekat memasuki area privasi orang lain demi mendapatkan hewan buruannya. Tentunya memasuki area privasi orang lain tanpa ijin, akan mengganggu kenyamanan pemilik rumah atau kantor tersebut.

3. Merusak mata


Efek sinar biru yang ditimbulkan oleh smartphone sangat berbahaya bagi kesehatan mata.
Meskipun banyak pencegahan dengan mengkonsumsi buah-buahan mengandung vitamin A dan suplemen khusus lainnya. Apabila pengguna tidak bijak dalam menggunakkan smartphone untuk bermain game tanpa beristirahat. Di khawatirkan akan membuat sakit mata yang serius.

4. Virus


Kebanyakan pemain pokemon GO di Indonesia telah mengunduh game ini sebelum rilis resmi pada agustus 2016 lalu. Padahal mengunduh game secara tidak resmi dari pengembang, sangatlah berbahaya bagi smartphone kita. Bisa saja game yang telah kita unduh telah disusupi virus jahat yang mengakibatkan keamanan smartphone terancam.

5. Membuat lupa waktu


Bermain game pokemon GO sangatlah mengasyikan. Akan tetapi, kita tidak boleh terlalu larut dalam kesenangan sehingga menyia-nyiakan waktu kita untuk bermain game. Bijaklah dalam membagi waktu dalam  bermain game pokemon GO.

6. Kehilangan pekerjaan


Kehilangan pekerjaan akibat bermain pokemon GO bisa saja menimpa kita. Karena terlalu asyik dalam bermain game, kita menjadi lupa waktu sehingga mengabaikan kewajiban. Padahal kita mempunyai tanggung jawab pekerjaan  di kantor ataupun di tempat kerja.

7. Tersesat


Seringkali para pemain pokemon GO tersesat saat mencari hewan buruannya di tempat-tempat terpencil. Mereka hanya melihat lokasi hewan pokemon berdasarkan GPS yang ada pada smartphone mereka. Padahal  sinyal seluler di daerah terpencil belum merata atau sebagus seperti di kota-kota. Sebaiknya apabila mencari hewan pokemon, pastikan dahulu kita mengerti daerah tujuan yang akan kita tuju.

8. Boros baterai


Permainan pokemon GO sangatlah menguras baterai pada smartphone kita. Game ini memerlukan data lokasi menggunakan GPS dan kamera yang harus standby ketika bermain. Pemakaian baterai smartphone yang terlampau boros, mengakibatkan umur baterai tidak bertahan lama. Padahal biaya ganti baterai smartphone saat ini sangatlah mahal.

9. Menghancurkan konsentrasi


Permainan pokemon GO bisa menyebabkan hilangnya kosentrasi bagi pemainnya. Hal ini di karenakan berbagai fitur yang ada dalam game ini, sehingga kita selalu ingin memainkannya setiap saat. Saat pemain sudah asyik memainkan game ini, mereka akan lupa apa yang sedang di kerjakannya.

10. Perampokan


Kejahatan bisa terjadi dimana saja, akibat kelengahan dari korbannya. Game pokemon GO sendiri sangatlah rawan terjadi perampokan. Ketika pemain terlalu berkonsentrasi dengan gadgetnya, di tempat- tempat sepi. Hal ini akan menimbulkan niat jahat bagi para perampok karena kelengahan para pemain yang terlalu asyik bermain pokemon GO.

Baca Juga: 19 Tips Mengatasi Ngantuk di Pagi Hari yang Patut Dicoba

Dan masih banyak lagi efek buruk yang ditimbulkan dari terlalu sering game pokemon GO seperti:


Efek Buruk Terlalu Sering Bermain Pokemon Go Lainnya


11. Timbulnya serangan malware
12. Munculnya keadaan lingkungan yang berbahaya
13. Akibat timbul Pertengkaran
14. Munculnya persaingan
15. Luka-luka
16. Penjambretan
17. Kesenjangan sosial
18. Hubungan keasmaraan rusak
19. Kehilangan nyawa
20. Banyak biaya yang dikeluarkan
21. Anti sosial

Bermain pokemon GO sangatlah menyenangkan, akan tetapi demi demi keamanan, kita harus bijak dalam memainkan game tersebut. Jangan sampai karena gaya hidup bermain game, kita kehilangan konsentrasi dengan melupakan kewajiban pekerjaan kita. Manfaatkan waktu kita untuk melakukan kegiatan positif yang tidak merugikan orang lain.