Langsung ke konten utama

11 Efek Buruk Teh Basi untuk Tubuh dan Kesehatan

Teh merupakan minuman favorit bagi mayoritas masyarakat di Indonesia. Bau wangi khas teh menambah pikiran positif dan menenangkan bagi siapa saja penikmatnya. Kini teh telah memiliki banyak varian yang telah di jajakan di toko maupun supermarket.  Mulai dari teh daun ataupun teh celup. Rasa dari tehpun sekarang telah di modifikasi, mulai dari teh melati, vailla, hijau dan lainnya.

Aktivitas meyeduh teh biasanya dilakukan pada pagi hari, sebagai teman bersantap sarapan pagi. Banyak yang menambahkan madu, susu atau gula batu dalam menyeduh teh. Namun terungkap fakta bahwa teh sangat berbahaya bila di biarkan lebih dari 24 jam.

11 Efek Buruk Teh Basi untuk Tubuh dan Kesehatan

Bagi Anda yang mempunyai kebiasaan meminum teh yang dari 24 jam, bahayanya sebagai berikut :

1.  Ladang bakteri untuk diri Anda


Teh yang menjadi basi sangat berbahaya bagi tubuh. Bahaya  yang timbul dari teh basi yakni, pembusukan pada seduhan atau ampas teh yang mengandung banyak bakteri dapat membahayakan tubuh. Bagi penderita diababetes, teh basi sangat berbahaya karena kandungan bakteri didalamnya akan menyerang imunitas tubuh.

2. Meningkatkan asam lambung


Teh merupakan minuman yang mempunyai kadar PH yang cukup tinggi. Apabila teh di diamkan dan diminum dalam keadaan basi, dapat mengiritasi lambung karena perubahan sifatnya yang menjadi lebih asam. Reasi ini akan terjadi apabila kadar asam lambung naik, dan apabila di biarkan berlarut-larut dapat menyebabkan sakit perut.

3. Meminum teh pada saat perut kosong


Meminum teh tidak baik pabila perut dalam kondisi sedang kosong atau tidak terisi. Kandungan pH keasaman yang cukup tinggi dapat mengiritasi lambung. Hal ini malah membuat perut Anda menjadi sakit.

4. Merusak penyerapan zat besi


Zat besi adalah salah satu mineral yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi sel darah merah. Teh basi yang masuk dalam tubuh akan mengganggu dalam penyerapan zat besi, yang berbahaya bagisel darah merah. Apabila produksi sel darah merah terganggu, maka tubuh akan kekurang sel darah merah yang dapat menyebabkan anemia.

5. Merusak sel darah merah


Teh ternyata mengandung kafein, walaupun tidak sebanyak seperti yang terkandung pada kopi hitam. Apabila teh telah menjadi basi, kandungan kafein dalam teh akan naik karena pH yang  tinggi sehingga dapat merusak sel darah merah. Apabila Anda tidak menghentikan kebiasaan minum teh basi, maka bisa berakibat munculnya anemia.

6. Pencuri stimultan tubuh


Kebiasaan minum teh selah makn ternyata tidak baik. Teh dapat mencuri zat stimulan dalam tubuh. Zat stimulan sendiri burguna untuk menyerapsari makanan yang dibutuhkan tubuh.

7. Berpotensi meyebabkan koma


Seperti pemaparan sebelumnya, bahwa penderita anemia tidak di anjurkan untuk meminum teh basi. Kandungan pH keasaman yang tinggi dapat mempengaruhi dalam produksi sel darah merah. Apabila penderita anemia tetap mengkonsumsi teh basi, maka akan berpotensi meyebabkan koma.

8. Meningkatkan resiko obesitas


Teh mengandung kafein yang dapat menuyebabkan ketergantungan. Tidak mengherankan apabila seseorang meminum teh tidak cukup hanya segelas atau gelas besar sehari. Kondisi ini di perparah dengan penyajian teh yang di tambah gula yang berlebih, sehingga dapat meningkatkan resiko obesitas.

9. Perusak zat


Kebiasaan meyeduh teh dengan di campur dengan gula, selain mengakibatkan obesitas  merusak zat-zat penting yang diperlukan tubuh. Kebiasaan masyarakat yang sering menambahkan krimer atau susu pada ternyata tidak baik. Zat antioksidan dalam teh akan hilang dan larut, sehingga memunculkan zat baru yangapat merugikan tubuh.

10. Teh sudah teroksidasi


Minuman teh sebenarnya sangat baik untuk tubuh, karena zat anti oksidannya dapat menangkal radikal bebas yang menyerang tubuh. Namun kondisi teh yang telah terpapar udara bebas, di biarkan semalaman, sehingga teh telah teroksidasi dan menjadi racun. Apabila teh tersebut masuk kedalam tubuh, makan akan menyebabkan gangguan kesehatan.

11. Mencret


Teh yang telah lebih dari 24 jam akan menjadi basi. Teh yang telah basi tidak baik untuk pencernaan, karena akan meningkatkan jumlah gas dalam perut. Gas ini yang nantinya akan merangsang sistem pencernaan dalam perut menjadi lebih aktif dan menyebabkan menjadi mencret.


Baca Juga: 9 Bahaya Kopi Kemasan Sachet untuk Kesehatan Tubuh

Minuman teh sangat baik untuk kesehatan. Namun jangan sesekali kita meminum teh yang lbih dari 24 jam, karena teh tersebut sudah terpapar udara bebas yang dapat menaikan pH keasamanya. Sehingga dapat membahayakan bagi diri sendiri.

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Dan Efek Samping Rokok Elektrik Vapor

Awalnya rokok elektronik atau vapor diciptakkan untuk mengurangi ketergantungan pada rokok tembakau, karena rokok tembakau sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, tetapi ternyata dampak rokok elektrik vapor juga sama berbahayanya seperti rokok tembakau. Dampak negatif rokok elektrik bagi kesehatan mungkin masih menjadi perdebatan bagi beberapa orang yang mengenal dunia kesehatan seperti dokter dan praktisi kesehatan lainya. Parahnya lagi, kita sering membaca di iklan cetak maupun media online jika electric cigarete adalah rokok aman dan di klaim bebas nikotin, tar juga aneka bahan berbahaya lainnya.

Bagian dari rokok elektrik terdapat penampung cairan atau liquid yang ketika dipanaskan akan menghasilkan uap yang berasap, Tombol power, drip, mods, dan alat pemanas yang digunakan untuk mengubah liquid menjadi uap asap. Penampung liquid tadi bisa diisi ulang. Larutan ini mengandung propilen glikol, gliserin, dan perasa. Larutan ini dipanaskan, kemudian muncul uap selayaknya asap. Sebag…

Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita

Penyebab Dan Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita. Panas dalam adalah gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh anak-anak dan bayi. Gangguan kesehatan yang ditandai dengan kondisi tubuh terasa panas dan bayi atau si anak akan membuat mereka merasa tidak nyaman, gairah bermain menjadi hilang, lesu, pandangan mata meredup, rewel, cengeng atau sering menangis, dan bermalas–malasan. Penyebab panas dalam dapat diakibatkan karena tubuh kita kekurangan vitamin c, konsumsi serat, dan cairan, juga dapat akibat konsumsi makanan yang terlalu panas, banyak mengandung minyak dan berlemak, faktor cuaca dan lingkungan yang berubah ubah secara tiba tiba terutama saat peralihan dari kemarau ke penghujan maupun sebaliknya, serta dapat bersumber pada gangguan lainnya seperti stres, ketidakstabilan hormon dalam tubuh, juga menurunnya daya tahan tubuh.

Panas dalam atau demam merupakan keluhan yang banyak terjadi khususnya pada bayi dan anak kecil karena panas dalam juga merupakan …

Cara Mengatasi Dan Mengobati Tengeng Pada Leher

Sakit leher atau tengeng sering dialami sebagian orang. Orang yang mengalami tengeng tersebut akan mengalami suatu keterbatasan yang terkadang dapat mengganggu dirinya dalam melakukan aktifitas sehari-hari, misalnya menolehkan kepala kekanan dan kekiri. Sehingga mereka akan bertanya-tanya kepada kawan atau kelurganya “leher tengeng apa obatnya?”. Dalam kasus seperti ini anda dapat mengobati sakit leher berdasarkan penyebabnya. Untuk yang masalah ringan anda hanya perlu melakukan tidakan tradisional seperti memijit leher yang sakit. domain name and web hosting packages
domain name registrant
Sebagian orang menyebut sakit tengeng ini dengan sebutan kenger. Penyebab umum penyakit tengeng adalah kesalahan posisi saat tidur. Posisi tidur yang tepat seharusnya mengistirahatkan otot-otot seluruh tubuh dimana posisi yang baik adalah dengan menggunakan punggung belakang. Selain itu, penggunaan bantal harus sampai bahu sehingga posisi leher dalam keadaan rileks sehingga otot-otot sekitar leher …