Langsung ke konten utama

16 Efek Buruk Minuman Suplemen yang Perlu Diketahui

Suplemen merupakan multivitamin tambahan untuk menambah asupan gizi pada tubuh. Saat kondisi tubuh menurun akibat aktivitas berlebih yang menguras energi, suplemen mampu mempercepat pemulihan kebuagaran tubuh.

Padatnya jadwal dan rutinitas pekerjaan orang jaman sekarang menuntut mereka untuk selalu sehar dan bugar. Untuk itu suplemen mereka jadikan Andalan untuk mencegah penyakit. Akan tetapi, tahukah Anda mutivitain sintetis ini hampir sama seperti obat yang tentu juga memiliki efek samping.

16 Efek Buruk Minuman Suplemen yang Perlu Diketahui

Berikut bahaya minuman suplemen yang perlu Anda ketahui

1. Sakit Kepala


Beberapa minuman suplemen mempunyai manfaat untuk mengembalikan fokus dan konsentrasi otak. Beberapa senyawa yangterkandung dalam suplemen akan menstimulasi peredaran darah akan lebih lancar menuju ke otak. Namun saat suplemen ini dikonsumsi berlebih dan dalam jangka waktu yang lama akan membuat kerusakan pada saraf otak. Dampaknya sakit kepala akan lebih sering terjadi.

2. Gangguan Jantung


Banyak orang percaya bahwa pil omega-3 dan antioksidan dapat mencegah penyakit jantung dan kanker. Padahal sebuah penelitian telah mengungkapkan bahwa kedua zat yang biasa terdapat dalam suplemen tersebut tak terbukti menurunkan resiko serangan jantung dan justru berakibat sebaliknya. Kandungan nutrisi sintetis dari suplemen akan memperberat kerja jantung. Akibatnya jantung rentang mengalam kelehan dan gagal jantung. 

3. Penyakit Ginjal


Konsumsi suplemen yang banyak mengandung vitamin D akan berbahaya bagi kesehatan ginjal dan hati. Tingginya kadar vitamin D dalam darah dapat memicu penyerapan banyak kalsium. Ginjal akan bekerja ekstra dan mineral kalsium yang berlebih akan tertumpuk dan mengkristal menjadi batu ginjal.

4. Gangguan Perut


Tidak semua tubuh akan langsung mampu menyerap vitamin dalam suplemen. Beberapa orang mengaku justru mengalami mual dan muntah setelah meminum suplemen. Perlu diketahui beberapa zat dalam suplemen bisa mengiritasi sistem pencernaan. Gangguan pencernaan seperti sakit perut dan diare adalah dampak yang tak diinginkan dari konsumsi suplemen.

5. Kram Otot


Beberapa suplemen memang mampu menstimulasi energi agar kerja otot maksimal sehingga tubuh bergerah dengan leluasa. Namun manfaat ini juga meninmulkan efek samping berupa kram dan nyeri otot. Zat kreatin dalam minuman suplemen dapat terakumulasi dengan cairan otot yang sering membuat otot menjadi tegang dan kaku. Batasi konsumsi suplemen jenis ini agar kram otot tidak sering terjadi.

6. Depresi


Selain dampak fisik, bahaya minuman suplemen juga mengganggu kesehatan mental. Kebiasaan minum suplemen yang telah berlangsung lama akan memicu depresi. Gangguan psikologis yang terjadi membuat orang dengan kebiasaan minum suplemen menjadi pribadi dengan emosi yang labil dan mudah marah. Meski telah mengkonsumsi suplemen jangan memforsir kerja otak. Otak Anda tetap butuh istirahat dan refresing.

7. Kesulitan Tidur


Kebiasaan mengkonsumsi suplemen pada malam hari atau sebelum tidur adalah tindakan yang kurang tepat. Umumnya kandungan zat-zat dalam suplemen akan menstimulasi saraf dan jaringan tubuh untk tetap aktif. Detak jantung yang tinggi dan safaf mata yang tetap terjaga akan membuat Anda susah tidur. Hal ini tentu akan mengganggu jika esok harinya Anda harus bekerja dan beraktivitas.

8. Obesitas


Efek samping dari minuman suplemen yang biasa terjadi adalah meningkatnya berat badan secara drastis. Beberapa suplemen selain vitamin di dalamnya juga terkadung banyak glukosa, kafein dan sodium. Jika tidak sedang melakukan aktivitas berat sebaiknya jangan konsumsi suplemen, karena hal itu hanya akan menimbulkan penumpukan energi berupa lemak. Apalagi bagi perempuan resiko obesitas akan semakin tinggi.

9. Kecanduan dan overdosis


Hampir sama seperti obat konsumsi multivitamin sintetis berlebih ini juga akan menyebabkan kecanduan. Secara psikologi orang dengan kebisaan minum suplemen akan merasa kurang enak badan ketika kebiasannya ini tidak terpenuhi. Padahal ini hanyalah sugesti belaka, tubuh tetap akan sehat dengan asupan makanan dan minuman yang cukup. Kebiasaan minum seplemen berlebih justru dapat berujung pada overdosis.

10. Menghambat Penyerapan Kalsium


Minuman suplemen di dalamya biasa terkandung zat fosfor sebagai penambah stamina dan vitalitas. Di sisi lain zat fosfor ini membuat penyerapan kalsium jadi terhambat. Hilangnya kalsium tentu kurang baik bagi tubuh. Penurunan kepadatan tulang (osteoporosis) dan gigi keropos adalah dampak dari kekurangan mineral kalsium.

Baca Juga: 12 Efek Buruk Minuman Berenergi yang Mematikan dan Perlu Diketahui

Masih ada bebrapa bahaya minuman suplemen lainnya, diantaranya :

11. Meningkatkan Racun dalam Tubuh
12. Kejang-kejang dan Kematian
13. Hipertensi dan Stroke
14. Dehidrasi
15. Demam
16. Kerontokan Rambut

Tujuan utama mengkonsumsi minuman suplemen adalah untuk tetap menjaga kebugaran tubuh diantara antivitas berat sehari-hari. Jangan sampai tujuan baik itu malah berubah menjadi bahaya seperti yang telas dijelaskan diatas. Minumlah suplemen dengan bijak dan sesuia resep atau ketentuan.

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Dan Efek Samping Rokok Elektrik Vapor

Awalnya rokok elektronik atau vapor diciptakkan untuk mengurangi ketergantungan pada rokok tembakau, karena rokok tembakau sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, tetapi ternyata dampak rokok elektrik vapor juga sama berbahayanya seperti rokok tembakau. Dampak negatif rokok elektrik bagi kesehatan mungkin masih menjadi perdebatan bagi beberapa orang yang mengenal dunia kesehatan seperti dokter dan praktisi kesehatan lainya. Parahnya lagi, kita sering membaca di iklan cetak maupun media online jika electric cigarete adalah rokok aman dan di klaim bebas nikotin, tar juga aneka bahan berbahaya lainnya.

Bagian dari rokok elektrik terdapat penampung cairan atau liquid yang ketika dipanaskan akan menghasilkan uap yang berasap, Tombol power, drip, mods, dan alat pemanas yang digunakan untuk mengubah liquid menjadi uap asap. Penampung liquid tadi bisa diisi ulang. Larutan ini mengandung propilen glikol, gliserin, dan perasa. Larutan ini dipanaskan, kemudian muncul uap selayaknya asap. Sebag…

Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita

Penyebab Dan Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita. Panas dalam adalah gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh anak-anak dan bayi. Gangguan kesehatan yang ditandai dengan kondisi tubuh terasa panas dan bayi atau si anak akan membuat mereka merasa tidak nyaman, gairah bermain menjadi hilang, lesu, pandangan mata meredup, rewel, cengeng atau sering menangis, dan bermalas–malasan. Penyebab panas dalam dapat diakibatkan karena tubuh kita kekurangan vitamin c, konsumsi serat, dan cairan, juga dapat akibat konsumsi makanan yang terlalu panas, banyak mengandung minyak dan berlemak, faktor cuaca dan lingkungan yang berubah ubah secara tiba tiba terutama saat peralihan dari kemarau ke penghujan maupun sebaliknya, serta dapat bersumber pada gangguan lainnya seperti stres, ketidakstabilan hormon dalam tubuh, juga menurunnya daya tahan tubuh.

Panas dalam atau demam merupakan keluhan yang banyak terjadi khususnya pada bayi dan anak kecil karena panas dalam juga merupakan …

Cara Mengatasi Dan Mengobati Tengeng Pada Leher

Sakit leher atau tengeng sering dialami sebagian orang. Orang yang mengalami tengeng tersebut akan mengalami suatu keterbatasan yang terkadang dapat mengganggu dirinya dalam melakukan aktifitas sehari-hari, misalnya menolehkan kepala kekanan dan kekiri. Sehingga mereka akan bertanya-tanya kepada kawan atau kelurganya “leher tengeng apa obatnya?”. Dalam kasus seperti ini anda dapat mengobati sakit leher berdasarkan penyebabnya. Untuk yang masalah ringan anda hanya perlu melakukan tidakan tradisional seperti memijit leher yang sakit. domain name and web hosting packages
domain name registrant
Sebagian orang menyebut sakit tengeng ini dengan sebutan kenger. Penyebab umum penyakit tengeng adalah kesalahan posisi saat tidur. Posisi tidur yang tepat seharusnya mengistirahatkan otot-otot seluruh tubuh dimana posisi yang baik adalah dengan menggunakan punggung belakang. Selain itu, penggunaan bantal harus sampai bahu sehingga posisi leher dalam keadaan rileks sehingga otot-otot sekitar leher …