Langsung ke konten utama

9 Efek Buruk Minum Air Laut untuk Kesehatan Tubuh

Bumi sebagai tempat tinggal umat manusia Sudah dihuni sejak zaman prasejarah. Konsistensi bumi yang memiliki 70% adalah air laut merupakan keindahan yang tidak bisa dielakkan lagi. Keberadaan pantai dan birunya air laut serta didalamnya akan membawa keajabian dan wista bahari ang menakjubkan.

Selain itu bermain ombak di pantai dengan bermain jetsky, berselancar, mancing atau menyelam adalah kegembiraan yang hakiki. Kegembiraan ini bukan sekedar pada mata dan hati Anda jika tiadk ditelaah bersama. berekreasi di pantai dan bermain air laut memang sangat menyenangkan.

9 Efek Buruk Minum Air Laut untuk Kesehatan Tubuh

Tetapi, tahukan Anda mengenai bahaya dari air laut yang bisa terminun oleh Anda? berikut ini beberapa ulasan mengenai bahaya meminum air laut untuk kesehatan:

1. Merasa Mual dan Muntah


rasa asin dalam kandunga  air laut tidak bisa dihindarkan. Sifat asam pada air laut ini sangat korosif. Dimana air laut mampu menggerus besi atau beton sekalipun. Sama halnya jika tertelan pada manusia yng intensitasnya banyak. Respon awal yang biasa dihadapi adalah rasa mual dan muntah. Tubuh tidak mampu mencerna kadar garam yang berlebih sehingga lambung akan dipenuhi dengan gas. Anda akan merasa sakit pada lambung yang menyebabkan Anda mual dan berakhir pada muntah. segera konsumsi banyak air putih biasa untuk meminimalisir hal ini.

2.  Kerusakan Ginjal


Efek selanjutnya jika seseorang menelan air laut berlebihan akan mengakibatkan gangguan pada ginjal. Gangguan yang terjadi adalah terjadi pengerutan volume ginjal Anda. Terlalu banyak cairan garam yang dinetralisir akan memberikan dampak yang tidak baik bagi kinerjanya, Ginjal akan mencoba untuk menetralisir cairan tersebut dengan keras. Jika hal ini tidak mampu dilakukan lagi oleh ginjal, maka Anda akan terserang gagal ginjal.

3. Kejang


Tidak hanya pada organ dalam Anda, ternyata bahaya minum air laut ini akan menyebabkan terserang kejang kejang. Hal ini terjadi akibat aliran darah Anda yang melambat. Pembulu arteri akan menyempit dan darah memiliki kekentalan yang lebih. Akibatnya persendirian diseluruh tubuh Anda akan kaku karena otot tidak disuplai darah dalam keadaan normal. sehingga Anda akan mengalami kejang kejang dan berbahaya jika dibiarkan saja.

4. Bisa Menimbulkan koma


Orang yang memiliki riwayat penyakit hipertensi atau gejala stroke jangan sampai beraktivtas yang berhubungan dengan air laut. Keberadaan kandungan garam tinggi pada air laut mampu memicu penyakit Anda. asin dari rasa air laut ini mampu memicu tekanan darah tinggi Anda. Penyumbatan pada aliran darah akan menghilangkan kesadaran Anda bahkan sampai pada tingkat selanjutnya yaitu koma.

5. Keracunan


Siapa yang tahu berapa baketeri dalam setiap tetes air laut. Keberadaan air laut yang dipantai pantai adalah akumulasi dari sungai yang mengalir dari setiap sudut perkotaan atau sebagai tempat pembuangan limbah. Banyaknya bakteri yang sangat jahat menyebabkan Anda dapat keracunan bila meminumnya dalam jumlah besar. Selain itu, efek keracuan lainnya adalah Anda akan merasa deman tinggi, mual dan muntah, Tubuh Anda akan lemas dan tak berdaya.

6. Dehidrasi


Hal wajar yang biasa terjadi akibat meminum air laut. Keberadaan air laut ini sangat berbahaya jika sampai terminum melalui kerongkongan Anda, Kestabilan sel dan darah pada tubuh akan terganggu bila Anda mengkonsumsi air laut ini dalam jumlah besar.

Iritasi pada kerongkongan juga bisa terjadi akibat bakteri yang ditimbulkan. tetapi parahnya adalah sifat garam dari air laut ini kan menyerap zat zat cairan tubuh sehingga tubuh akan terasa panas. Indikasinya bibir Anda akan kering dan merasa cepat haus.

7. Gangguan Otak


Peradangan pada jaringan pembuluh darap pada otak juga bisa terjadi akibat Anda meminum air laut dalam jumlah banyak. Apalagi seseorang ini memiliki riwayat cidera pada otak akibat benturan atau sejenisnya. Hindari berenang atau menyelam di laut agar Anda dan kesehatanya tidak terganggu. apalagi ini berhubungan dengan syaraf dari otak Anda untk berfikir dan berkarya.

8. Gangguan Pernafasan


Hal ini berkaitan dengan tekanan yang ada dalam kedalaman laut. Penekanan air laut dapat menyebabkan Anda sesak nafas. apalagi air laut yang bisa terminum masuk paru paru Anda. Pengendapan akan terjadi sehingga garam yang melekat pada paru paru Anda akn berakibat fatal. Iritasi akan mengaggu kinerja paru paru Anda.

9. Gangguan Pada Area mulut Anda


Gangguan ini berupa iritasi yang bisa menyebabkan Anda sariawan atau radang pada tenggorokan. kadar garam tinggi akan menimbulkan serak dan suara Anda akan terganggu. Jika terjadi dalam jumlah besar dan berkelanjutan Anda akan terkena iritasi pada selaput tenggorokan bahakan mulut Anda bisa memerah dan sangat gatal.


Baca Juga: 11 Efek Tidur Malam pada Prestasi Belajar dan Kemampuan Otak

Berekreasi di pantai untuk berenang atau menyelam memamng sangat menyenangkan. Tetapi akan lebih baik perhatikan kondisi laut dan alat kelengkapanya. Jangan sampai Anda meminum air laut dalam kadar yang besar karena berbahaya bagi keselamatan nyawa Anda.