Langsung ke konten utama

6 Efek Buruk Ampas Teh untuk Kesehatan Tubuh

Minum teh telah menjadi kebiasaan wajib bagi masyarakat di Indonesia. Kegiatan minum teh biasanya dilakukan pada pagi hari sebelum beraktivitas. Selain itu, ketika kita sedang bertamu kerumah orang. Minuman teh telah menjadi sajian yang selalu disuguhkan oleh tuan rumah. Hal ini karena minuman teh dapat diterima oleh semua orang.

6 Efek Buruk Ampas Teh untuk Kesehatan Tubuh

Banyak jenis-jenis teh yang dapat kita nikmati, antaralain :

a. Teh hitam

Teh hitam di hasilkan dari fermentasi daun teh yang agak lama sehingga diperoleh warna hitam atau pekat. Teh hitam mempunyai ciri khas harumbuah dan paduan rasa yang cenderung pedas. Teh hitam berguna bagi tubuh apabila disajikan tidak beserta ampasnya. Karena manfat teh hitam dapat mengurangi resiko terkena stroke dan memperlancar pembulu darah.

b. Teh putih

Teh putih di buat tanpa adanya proses fermentasi lama seperti pada pembuatan teh hitam. Teh putih hanya melalui penjemuran sinar matahari beberapa jam saja, namun aroma yang dihasilkan dari teh putih sangat segar dan harum. Teh putih dipercaya dapat mencegah perkembangan kanker apabila disajikan tanpa ampasnya,

c. Teh hijau

Teh hijau di buat hampr sama dengan teh putih, namun ada sedikit perbedaan pada tekstur hijau. Pembuatan lebih lanjut pada teh hijau melalui pemrosesan suhu panas lalu disangrai dan tidak melalui fermentasi. Teh hiajau mempunyai manfaat yang banyak seperti vitamin C, zat flourida dan atioksidanya.

d. Teh oolong

Teh oolong merupakan teh yang berasal dari negeri tirai bambu. Teh ini mempunyai ciri khas yang hampir sama dengan teh hijau. Teh oolong populer dapat meyehatkan tubuh sampai tua. Meskipun teh oolong mempunyai banyak manfaat, tetapi dilarang mengkonsumsinya secara berlebihan karena berbahaya.
Dari berbagai jenis teh tersebut, ampas teh memiliki efek samping yang tidak baik untuk kesehatan tubuh.Efek samping yang ditimbulkan dari penggunaan ampas teh sebegai berikut :

1. Menyebabkan anemia


Mengkonsumsi teh beserta ampasnya akan menyebabkan anemia. Kandungan pH yang tinggi pada ampas teh dapat merusak zat besi yang dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah. Apabila tubuh kekurangan sel darah merah, maka akan cepat lemas dan letih.

2. Asam lambung naik


Jangan mengkonsumsi teh dalam keadaan basi, apalagi disertai ampasnya yang dapat melukai lambung. Kondisi teh basi dapat meningkatkan jumlah pH dalam lambung,sehingga mudah sakit perut. Untuk itu ampas teh basi bisa di manfaatkan sebagai masker wajah untuk mencegah kekusaman.

3. Kesulitan tidur


Walaupun hanya sedikit dan tidak sebanyak kopi, ternyata kopi memiliki kandungan kafein. Apabila kita mengkonsumsi teh berserta ampasnya, akan meningatkan jumlah kandungan kafein dalam teh tersebut. Sehingga apabila, kefein terlalu banyak masuk dalam tubuh dapat menyebabkan kondisi sulit tidur. Hal ini di sebabkan kafein dapat menghambat pasokan oksigen yang masuk ke otak melalui darah. Jika keadaan ini di biarkan berlarut-larut makan akan menyebabkan insomnia.

4. Ganggungan dinding usus


Meminum teh beserta ampasnya yang melebihi batas kewajaran dapat mengiritasi lambung dan menyebaban gangguan pada dinding usus. Kondisi ini akan menimbulkan penyakit maag. Ada bainnya mengkonsumsi teh jangan dalam keadaan perut yang sedang kosong.

5. Demam tinggi


Apabila keluarga Anda ada yang sedang terserang demam, jangan sekali-kali memberinya teh. Kandungan zat theophyline pada ampas teh dapat menaikan suhu tubuh menjadi naik lebih tinggi. Sehingga keadaan ini bisa membahayakan keseimbangan tubuh penderita demam.

6. Sakit perut


Meminum teh sangat baik untuk tubuh, tapi jangan menyertakan ampasnya.  Ampas teh yang lebih dari 24 jam telah terpapar udara, sehingga zat di didalamnya telah teroksidasi oleh radikal bebas. Sehingga apabila masuk kedalam tubuh, menyebabkan keasaman lambung menjadi naik dan mempengaruhi kinerja usus besar.

Baca Juga: 6 Bahaya Konsumsi Bunga Es dari Lemari Es untuk Kesehatan Tubuh

Minum teh bersama keluarga telah menjadi tradisi yang dalam masyarakat Indonesia. Memilih teh yang bagus dan berkualitas menjadi kewajiban bagi para pecinta teh. Apabila teh yang berkualitas baik telah di pilih,  jangan sampai salah dalam menyajikannya. Karena kesalahan penyajian dalam menikmati teh dapat membahayakan bagi tubuh.

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Dan Efek Samping Rokok Elektrik Vapor

Awalnya rokok elektronik atau vapor diciptakkan untuk mengurangi ketergantungan pada rokok tembakau, karena rokok tembakau sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, tetapi ternyata dampak rokok elektrik vapor juga sama berbahayanya seperti rokok tembakau. Dampak negatif rokok elektrik bagi kesehatan mungkin masih menjadi perdebatan bagi beberapa orang yang mengenal dunia kesehatan seperti dokter dan praktisi kesehatan lainya. Parahnya lagi, kita sering membaca di iklan cetak maupun media online jika electric cigarete adalah rokok aman dan di klaim bebas nikotin, tar juga aneka bahan berbahaya lainnya.

Bagian dari rokok elektrik terdapat penampung cairan atau liquid yang ketika dipanaskan akan menghasilkan uap yang berasap, Tombol power, drip, mods, dan alat pemanas yang digunakan untuk mengubah liquid menjadi uap asap. Penampung liquid tadi bisa diisi ulang. Larutan ini mengandung propilen glikol, gliserin, dan perasa. Larutan ini dipanaskan, kemudian muncul uap selayaknya asap. Sebag…

Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita

Penyebab Dan Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita. Panas dalam adalah gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh anak-anak dan bayi. Gangguan kesehatan yang ditandai dengan kondisi tubuh terasa panas dan bayi atau si anak akan membuat mereka merasa tidak nyaman, gairah bermain menjadi hilang, lesu, pandangan mata meredup, rewel, cengeng atau sering menangis, dan bermalas–malasan. Penyebab panas dalam dapat diakibatkan karena tubuh kita kekurangan vitamin c, konsumsi serat, dan cairan, juga dapat akibat konsumsi makanan yang terlalu panas, banyak mengandung minyak dan berlemak, faktor cuaca dan lingkungan yang berubah ubah secara tiba tiba terutama saat peralihan dari kemarau ke penghujan maupun sebaliknya, serta dapat bersumber pada gangguan lainnya seperti stres, ketidakstabilan hormon dalam tubuh, juga menurunnya daya tahan tubuh.

Panas dalam atau demam merupakan keluhan yang banyak terjadi khususnya pada bayi dan anak kecil karena panas dalam juga merupakan …

Cara Mengatasi Dan Mengobati Tengeng Pada Leher

Sakit leher atau tengeng sering dialami sebagian orang. Orang yang mengalami tengeng tersebut akan mengalami suatu keterbatasan yang terkadang dapat mengganggu dirinya dalam melakukan aktifitas sehari-hari, misalnya menolehkan kepala kekanan dan kekiri. Sehingga mereka akan bertanya-tanya kepada kawan atau kelurganya “leher tengeng apa obatnya?”. Dalam kasus seperti ini anda dapat mengobati sakit leher berdasarkan penyebabnya. Untuk yang masalah ringan anda hanya perlu melakukan tidakan tradisional seperti memijit leher yang sakit. domain name and web hosting packages
domain name registrant
Sebagian orang menyebut sakit tengeng ini dengan sebutan kenger. Penyebab umum penyakit tengeng adalah kesalahan posisi saat tidur. Posisi tidur yang tepat seharusnya mengistirahatkan otot-otot seluruh tubuh dimana posisi yang baik adalah dengan menggunakan punggung belakang. Selain itu, penggunaan bantal harus sampai bahu sehingga posisi leher dalam keadaan rileks sehingga otot-otot sekitar leher …