Langsung ke konten utama

9 Dampak Buruk Tidur Setelah Shubuh untuk Kesehatan Tubuh

Tidur merupakan bentuk istirahat yang paling baik untuk tubuh. Akan tetapi waktu tidur yang terlalu lama justru kurang baik bagi tubuh. Apakah Anda sering bangun kesiangan? Jika iya, Anda perlu waspada. Pagi hari atau waktu setelah subuh memang nikmat untuk melanjudkan tidur.

Pada saat itu badan terasa berat meninggal tempat tidur. Kebiasaan tidur sehabis subuh ternyata merugikan kesehatan. Tidak hanya istirahat Anda saja yang akan mengalami gangguan, namun juga kesehatan psikis dan fisik Anda juga akan terganggu.

9 Dampak Buruk Tidur Setelah Shubuh untuk Kesehatan Tubuh

Berikut dijelaskan bahaya tidur sehabis subuh bagi kesehatan.

1. Lemah dan Mudah sakit


Aktivitas di pagi hari sangat baik untuk tubuh manusia. Kurangya aktivitas pagi akibat terlalu lama tidur atau bangun kesiangan akan menurunkan tingkat kebugaran tubuh. Hal ini tentu akan membuat sistem kekebalan tubuh terganggu sehingga berbagai penyakit dapat menyerang. Flu, demam, sakit kepala adalah penyakit ringan yang biasa melAnda.

2. Menyebabkan obesitas


Tingkat obesitas atau kegemukan dari tahun ke tahun terus meningkat. Salah satu kebiasaan buruk penyebabnya adalah tidur sehabis subuh. Energi yang berlebih dan tak segera digunakan akan mengendap menjadi lemak tubuh. Kebiasaan yang terus berlangsung setiap hari akan membuat berat badan terus meningkat dan akhirnya terjadi obesitas pada tubuh.

3. Gangguan jantung


Menurut para ahli, tidur lebih dari 8 jam per hari dapat meningkatkan resiko serangan jantung sebesar 38%. Saat posisi tertidur jantung hanya akan memompa darah secara perlahan. Otot-otot jantung yang tak terbisa terlatih memompa darah akan sangat beresiko saat tubuh melakukan aktivitas berat. Meningatkan intensitas denyut jantung di pagi hari dengan aktivitas pagi sangat baik bagi kesehatan.

4. Depresi


Tidur sehabis subuh teryata juga tidak baik secara psikologis. Ganguan mental seperti depresi lebih rentan melAnda orang yang suka bangun siang dari pada yang bangun pagi. Terlambat ke kantor, terjebak macet, lupa akan tugas adalah efek yang secara tidak langsung penyebab depresi. 

5. Sakit kepala


Dampak yang paling sering diderita oleh orang yang kembali tidur sehabis subuh adalah sakit kepala. Terlalu lama tidur akan membuat aliran darak ke otak tidak lancar sehingga saat bangun kepala akan terasa sakit. Meski akan sembuh setelahnya namun sakit kepala yang terlalu sering akan memicu penyakit alzaimer.

6. Gangguan metabolisme


Sistem metabolisme tubuh akan memulai aktivitasnya pada waktu subuh atau saat waktu istirahat telah terpenuhi. Namun apa jadinya jika pada saat itu Anda masih tertidur. Tentu ritme metabolisme tubuh akan terganggu. Biasanya Anda akan merasa sangat lapar dan haus ketika bangun siang. Terganggunya sistem metabolisme tubuh dapat berakibat serius bagi kesehatan.

7. Diabetes


Bahaya tidur sehabis subuh lainnya yaitu dapat memicu penyakit diabetes. Sebuah penelitian menyebutkan tidur terlalu lama dapat meningkatkan resiko seseorang mengidap diabetes. Penumpukan kadar gula dalam darah terjadi saat kelebihan energi dan kurangnya aktivitas pembakar kalori. Bangun pagi dan berolahraga merupakan cara terhindar dari diabetes.

8. Stroke


Stroke adalah penyakit berbahaya lainnya yang terjadi pada Anda yang terlalu lama tidur. Penyakit tidak menular yang menjadi banyak penyebab kematian orang saat ini. Indikasi stroke ialah saat sebagian tubuh tidak dapat di kontrol oleh otak. Ini terjadi akibat kurangnya aktivitas gerak dan tidak lancarnya peradaran darah. Segera evaluasi kebiasaan tidur sehabis subuh agar terhindar dari strok.

9. Dehidrasi


Saat tidur tubuh banyak kehilangan cairan. Penting segera mengganti cairan tubuh saat waktu istirahat telah cukup. Membiarkan tubuh terlalu lama kekurangan cairan dapat membuat dehidrasi akut. Ibarat mesin yang kekurangan oli, maka akan terlalu cepat panas dan rusak. Begitu pula tubuh kita. Panas dalam dan sakit tenggorokan dapat terjadi saat tubuh kekurangan cairan.

Baca Juga: 31 Gaya Hidup Baik Orang Arab yang Perlu Ditiru dan Diikuti

Jangan melanjutkan kembali gaya hidup dengan tidur setelah waktu subuh. Apalagi bagi seorang muslim dipercaya tidur setelah subuh dapat menjauhkan rejeki dan berkah. Waktu pagi adalah waktu yang tepat untuk mengawali hari. Banyak bahaya yang mengancam kesehatan saat kebiasaan tidur sehabis subuh terus berlangsung. Bangun pagi dan berolahraga atau beraktivitas lainnya sangatlah dianjurkan bagi Anda pecinta gaya hidup sehat.