Langsung ke konten utama

5 Dampak Buruk Penggunaan Earphone ketika Tidur untuk Kesehatan

Siapa yang tidak suka mendengarkan musik? Sepertinya jarang bahkan mungkin tidak ada. Hampir semua orang suka menikmati musik. Harmoni alunan nada yang tercipta dapat  menggerakkan emosi orang yang mendengarkan.

Perasaan senang, sedih, bahkan haru dapat muncul dalam hati, tergantung jenis musik apa yang kita dengar. Setiap orang memiliki selesa jenis musik yang berbeda. Sekarang dengan alat yang bernama earphone, Anda dapat mendengarkan musik favorit sepuasnya tanpa tanpa takut mengganggu orang lain.

5 Dampak Buruk Penggunaan Earphone ketika Tidur untuk Kesehatan

Earphone memang akan membuat suara musik jadi lebih jelas. Namun Anda perlu waspada jika Anda termasuk orang yang terlalu sering mendengarkan musik dengan earphone apalagi saat posisi tidur. Ada beberapa bahaya yang dapat mengancam kesehatan dari kebiasaan tersebut.

1. Menurunkan Daya Pendengaran


Mendengarkan suara dengan volume tinggi dan dalam waktu yang cukup lama tentu dapat merusak sistem indra pendengaran.  Seperti kebiasaan menggunakan earphone saat tidur. Entah sadar atau tidak saat hal ini terus berulang-ulang, maka efek yang ditimbulkan pun akan semakin parah. Membran gendang telinga yang tipis dapat rusak akibat suara yang telalu keras.

Penurunan fungsi gendang telinga yang terus terjadi dapat berujung pada benar-benar hilangnya pendengararan atau tuli. Jika hal ini dilakukan dalam jangka waktu lama dan kebiasaan ini tidak segera ditinggalkan maka kerusakan telinga akan terjadi. Fatalnya Anda akan kehilangan indera pendengaran Anda secara permanen.

2. Merusak Otak


Selama menggunakan earphone selain gelombang suara atau bunyi, gelombang elektromagnetik juga akan ikut masuk ke kepala kita. Tentu saja gelombang elektromaknetik ini tidak baik bagi tubuh manusia. Lalu apa jadinya jika saat tidur, dimana otak sedang beristirahat namun terus dihantam dengan gelombang elektromagnetik yang berbahaya.

Yang terjadi adalah sel-sel otak akan rusak bahkan dapat memicu munculnya penyakit kanker otak.  Terlebih lagi, otak Anda akan bekerja 2x lipat lebih besar karena dalam tidur kinerja otak tidak istirahat sama sekali. Hindari kebiasaan ini agar kerusakan pada otak tidak terjadi.

3. Menurunkan Kewaspadaan


Asyik mendengarkan musik terkadang membuat kita terlena dan tidak sadar dengan apa yang terjadi disekeliling. Terlalu sering menggunakan earphone akan menurunkan tingkat kepekaan salah satu indra. Saat tidur dan posisi earphone masih menempel di telinga mungkin kita tidak akan sadar jika ada orang yang mengetuk pintu kamar. Hal ini juga dapat terjadi saat adanya bahaya yang mengancam semisal kebakaran atau gempa bumi.

4. Melukai Kulit Telinga


Dampak yang kasat mata jika terlalu sering menggunakan earphone adalah terjadinya iritasi pada kulit telinga. Meskipun sudah ada karet pelindung, namun sebagian besar earphone tetap terbuat dari bahan yang keras. Memasang dan melepas earphone dengan intensitas yang sering dapat memicu terjadinya iritasi pada kulit.

Bisa juga saat tidur posisi kepala miring dapat menyebabkan luka pada telinga akibat tekanan yang terjadi. Efek yangs ering dirasakan ketika bangun juga sangat menyusahkan. Dimana Telinga Anda akan terasa panas dan sangat sakit untuk disentuh oleh tangan

Apalagi, penggunaan earphon yang tidak sesuai dengan lubang telinga Anda. Karena merek dan macam earphone dipasaran sangat banyak dan kecenderungan pemakaian earphone ini justru mengganggu kesehatan telinga Anda. Lebih baik segera perbaiki kebiasaan Anda.

5. Menurunkan Kualiatas Tidur


Tidur adalah waktunya hampir semua organ tubuh beristirahat. Saat itu tubuh akan meregenerasi sel dan mengembalikan stamina yang hilang. Akan tetapi kebiasaan buruk seperti lupa melepas earphone saat tidur dapat menurunkan kualitas tidur.

Musik yang terus menyala meski badan dalam kondisi tidak sadar akan membuat tidur menjadi tidak nyenyak. Sering terbangun saat malam, atau badan terasa sakit dan pegal-pegal adalah indikasi dari buruknya kualitas tidur Anda.  

Baca Juga: 21 Gaya Hidup Baik sebelum Tidur Malam untuk Kesehatan Tubuh

Saat susah tidur, mungkin musik bisa menjadi solusi. Mendengarkan musik fovorit bisa menjadi pengantar tidur. Namun saat menggunakan earphone jangan lupa untuk melepasnya sebelum Anda benar-benar terlelap. Kebiasaan menggunakan earphone saat tidur sangat berbahaya bagi kesehatan, seperti yang telah dijelaskan diatas. Ketahui dan sadari, agar hobi dan gaya hidup yang menyenangkan tidak menjadi merugikan.