Langsung ke konten utama

9 Dampak Buruk Ngorok ketika Tidur untuk Kesehatan Tubuh

Merokok merupakan kegiatan yang sering dilakukan untuk meninggalkan stres atau sekedar mengisi waktu. kebiasaan ini sudah dilakukan sejak dahulu kala. Apalagi anggapan minum kopi yang pas itu disertai dengan sebatang atau lebih rokok. Produsen rokok pun di negara Indonesia sudah besar dan terkenal dipasaran dunia.

Kualitas tembakau di indonesia juga tidak kalah saing dengan tembakau asal amerika tau kolombia. walapaun rokok ini berbahaya bagi kesehatan tetap saja orang menggemari kebiasaan ini. Sekarang Apa saja dampak rokok bagi kesehatan yang bisa kita temui dan sudah terbukti. Berikut ini pemaparanya.



9 Dampak Buruk Ngorok ketika Tidur untuk Kesehatan Tubuh

1. Kanker


Kandungan zat dalam rokok mampu memicu resiko kanker. Kebiasaan merokok ini akan lebih memicu penyakit kanker jika dilakukan secara terus menerus. Apalagi rokok yang di konsumsi berupa kretek atau filter yang sekarang kandungan semakin tinggi nilai tas dan nikotin nya.

Produsen rokok juga menggunakan sterefom yang ada dalam busa filter yang memeprcepat resiko kanker. Kanker yang biasanya terjadi oleh perokkok adalah aknker kulit dan kanker darah. selain itu, resiko  kanker limfa juga bisa terjadi pada perokok aktif.

2. Meningkatkan resiko stroke


Resiko stroke ini akan lebih condong pada perokok aktif. Stroke merupakan penyakit yang menyebabkan resiko kematian tertinggi di dunia. Perokok aktif ini mampu meningkatkan pembekuan dalam darah. Hal inilah yang menyebabkan aliran darah ke otak tidak lancar.

Jika dilakukan secara terus menerys, maka aliran darah akan berhenti total dan membeku. Pada akhirnya sistem syaraf akan terganggu dan perokok akan mengalami stroke ynag hampir tidak bisa di sembuhkan kecuali kematian.

3. Menggagu aliran darah


Sudah dijelaskan tadi, aliran darah bagi perokok akan cendeung melambat akibat pembekuan. Penyebab pembekuan darah ini adalah nikotin yang ada dalam setiap vatang rokok. kerusakan pertama adalah pembuluh darah yang berakibat pada penebalan sehingga akan mempersempit area aliran darah. Penyempitan dan pembekuan inilah yang nantinya akan mengakibatkan berbagai penyakit yang berbahaya.

4. Resiko Penyakit Jantung


Organ dalam paling penting ini akan terganggu jika Anda merokok secara terus menerus dan berkelanjutan. Serangan jantung dapat terjadi ssetiap saat akibat pembekuan darah yang mengalir akibat zat rokok. jantung akan bekerja lebih keras untuk memberikan suplay darah yang dibutuhkan tubuh dlam setiap bagian.

Kadar oksigenya pun akan cenderung lebih rendah sehingaa mampu menimbulkan kerusakan yang permanen. Kinerja jantung yang keras ini akan mengakibatkan jantung Anda berhenti atau terjadi gangguan detak jantung yang secara tiba tiba.

5. Resiko Penyakit Paru paru


Jelas asap rokok yang terhisap akan masuk kedalam paru paru. paru paru yang baik sebagai orang sehat akdalah memiliki tingkat kelembapan. Namun pada perokok, kondisi paru paru akan berbeda. Hal yang terjadi pada perokok mengenai kondisi paru paru adalah kering dan timbul bercak hitam.

Jika hal ini sudah terjadi, maka Anda akn mudah terserang berbagi penyakit khususnya saluran pernafasan. Anda bisa saja terkena asma, atau bahkan kanker paru paru. Parahnya, keadaan ini akan 2x lebih berbahaya bagi perokok pasif di dekat Anda.

6. Gangguan Janin


Ya, perokok saat ini memang tidak sebatas bagi kaum lelaki saja. Gaya hidup orang metropolitan ternyata mengubah skeptis perempuan yang menghisap rokok. Bagi perempuan kondisinya akan mengganggu rahim dan janin akibat merokok. Sangat tidak dianjurkan bagi kesehatan wanita terutama tingkat kesuburanya. Jika hal ini tetap dilakukan, maka kemandulan akan melAnda Anda.

7. Penyakit Mulut


Selain organ dalam, rokok juga menyebabkan penyakit pada are mulut Anda. Terutama bibir dan keadalam didalam rongga mulut. Perokok aktif akan memiliki bibir yang cenderung hitam dan kering. apalagi rongga mulut akan lebih condong pada penyakit sariawan karena bakteri yang ada dalam mulur lebih besar.

8. Penyakit radang sendi


Rheumatoid arthiris merupakan istilah medis pada penyakit radang sendi ini. Perokok aktif akan mengakibatkan sistem kekebalan tubuh berkurang. Sehingga kadar minyak persendian akan turun. Penyakit ini akan sangat penyakitkan karena lebih dari 100 persendian ada dalam tubuh Anda. jika semuanya sakit, maka Anda dipastikan tidak akan beraktivitas secara normal.

9. Resiko Kebutaan


Kebutaan juga bisa terjadi walaupun singgunganya terhhadap rokok jauh. Asap pada rokok yang bisa masuk dalam retina akan merusak kinerja mata. jika ini terus dilakukan maka resiko kebutaan akibat retina mata yang terbakar bisa saja terjadi. Sehingga segera hentikan aktivitas merokok Anda.

Baca Juga: 9 Efek Buruk Minum Air Laut untuk Kesehatan Tubuh

Gaya hidup memang akan berbahaya jika kita tidak mewaspadai kelemahan dan manfaatnya. Apalagi merokok mampu merusak kesehatan Anda secara permanen dan mematikan. Segera hentikan aktivitas tersebut untuk kehidupan yang lebih baik.