Langsung ke konten utama

8 Dampak Buruk Minum Kunyit Terlalu Sering Setiap Hari

Ramuan herbal seperti kunyit sudah tidak asing kita temui. Beberapa orang bahkan suka untuk mengkonsumsinya karena bersifal herbal dan dapat membantu menyembuhkan penyakit. Ramuan kunyit ini juga beraneka ragam. Seperti kunyit asem dan sebagai obat untuk mendongkrak stamina.

Kandungan curcuma didalamnya juga membantu untuk menignkatkan metabolisme dan nafsu makan. Apalagi kandungan anti oksidan tinggi berguna meningkatkan zat imune dalam tubuh. Perlu untuk diperhatikan bahwa ada juga bahaya mengkonsumsi kunyit yang dilakukan setiap hari.

8 Dampak Buruk Minum Kunyit Terlalu Sering Setiap Hari

Berikut ini ada beberpa pemaparan mengenai bahaya kunyit yang di konsumsi setiap hari, diantaranya :


Dampak Buruk Minum Kunyit Terlalu Sering


1. Kerusakan Pada Hati


Kemampuan hati dalam menetralisir zat zat yang dikonsumsi dari asupan makanan memiliki batas tertentu. sama halnya kadnungan zat dalam kunyit walapau bersifat alami dapat mengganggu kinerja hati bila dikonsumsi berlebihan dan setiap hari. Apalagi ada penderita yang memiliki riwayat tentang penyakit yang menyerang hati.

Konsultasikan dulu penggunaan ramuan ini kepada dokter atau ahli medis agar Anda tidak salah mengkonsumsi obat. Akan sangat berbahaya jika Anda terus mengkonsumsi kunyit dalam keseharaian karena kunyit juga beresiko meningkatkan intensitas gejala penyakit pada empedu dan hati Anda.

2. Gangguan pada Lambung


Karakter kunyit sebenranya bersifat panas dan pedas. Mengkonsumsi secara terus menerus dalam keseharian Anda akan mengakibatkan gangguan pada lambung Anda. karakter yang panas pada kunyit akan menyebabkan produksi asam lambung Anda cepat meningkat.

Perasan panas dan nyeri pada area lambung Anda akan terjadi. Segera hentikan konsumsi kunyit Anda karena efek tersebut sudah mengindikasikan Anda kelebihan zat asam dalam lambung akibat kunyit. Efek ini akan berdampak pada kesehatan Anda jika Anda biarkan. Biasanya Anda akan mengalami penyakit maag dan refluks asam lambung.

3. Produksi Trombosit terhambat


Trombosit sangat berguna bagi tubuh untuk menghambat darah yang keluar akibat luka. seseorang yang sering mengkonsumsi kunyit akan menderita susah penyembuhan pada area luka dand arah akan terus mengalir akibat produksi trombosit terganggu. Apalagi seseorang yang menderita hemofilia tidak disarankan konsumsi kunyit ini. Kejadian ini diakibatkan karena kunyit mengubah tingkat fibrinogen yang mengganggu pembentukan koagulan dalam mengehntikan pendarahan.

4. Resiko Rahim Kering


Mengkonsumsi kunyit biasanya dilakukan dengan mencampurkannya dengan asam atau gula jawa agar nikmat. Mengkonsumsi secara berlebihan dan dilakukan terus menerus bagi wanita sangat beresiko terkena gangguan pada rahim.

Keadaan rahim seharusnya lembab dan jika Anda mengkonsumsi kunyit secara berlebih berakibat kelembabpan rahim Anda berkurang. Jika kondisi ini terus terjadi, Anda akan kesulitan mendapat keturunan walaupun kegunaan kunyit bagi seorang wanita dapat melancarkand an meredakan nyeri ketika datang bulan.

5. Gangguan pada wanita hamil dan menyusui


Efek  ini sama seperti yang sudah dijelaskan tadi. bagi wanita hamil dan menyusui tidak dianjurakn mengkonsumsi kunyit ini. Jika tetap dilakukan, bagi orang hamil akan mengalami kontraksi lebih awal dan mengakibatkan keguguran atau kelahiran prematur. Akibat lainya adalah gangguan pada janin yang tidak berkembang dan tumbuh dengan baik.

6. Resiko Anemia


Kekurangan sel darah merah yang ada dalam tubuh dapar berkurang akibat terlalu sering konsumsi kunyit. Zat dalam kunyit mampu menghancurkan leukosit dan eritrosit dalam tubuh secara berkala. Kelebihan akan kunyit ini sangat beresiko anemia akibat zat tersebut. Lebih baik gunakan kunyit secara tepat guna dan dosis yang sesuai dengan kebutuhan.

7. Penurunan efek kemoterapi


Bagi seseorang yang sedang menjalani kemoterapi harus menghindarkan konsumsi kunyit. Konsumsi kunyit ini dapat mengurangi kinerja obat secara langsung. Obat yangs eharusnya mudah diserap tubuh akan sulit jika dicampurkan dengan konsumsi kunyit.

8. Gangguan pada penceranaan


Kelebihan kunyit juga mengganggu pencernaan Anda. Kadar tinggi dapat menyebabkan Anda merasa sakit pada perut Anda. Biasanya efek awal adalah perut terasa perih, kembung, mual dan muntah. segera konsumsi air putih dalam jumlah banyak jika sudah merasakan hal ini. Jika tidak kunjung sembuh, hentikan penggunaan kunyit sebagai obat herbal Anda dan segera konsultasikan ke dokter terdekat.

Baca Juga: 22 Gaya Hidup Baik Orang Belanda yang Mudah untuk Diikuti

Obat herbal seperti kunyit memang kaya akan manfaat dan lebih aman dibanding obat kimia. Tetapi bijak dalam pemakaian akan lebih baik dibandingkan dengan menggunakannya secara berlebihan hanya karena aman Anda konsumsi. Apapun hal yang berlebihan akan berdampak tidak baik untuk Anda. Pastikan Anda punya gaya hidup baik untuk mencegah penyakit.