Langsung ke konten utama

Contoh Proposal Usaha yang Baik dan Benar

Contoh Proposal Usaha  – Pernahkan kamu membuat sebuah proposal usaha tentang bisnis yang kamu miliki? Proposal usaha menjadi salah satu bagian terkecil yang biasanya dibutuhkan dalam sebuah bisnis yang kamu miliki, baik itu untuk pengajuan kerjasama, pinjaman modal dan lain sebagainya. Namun apa jadinya jika dalam usaha yang kamu miliki, kamu belum pernah membuat proposal sama sekali atau bahkan belum tahu caranya membuat proposal usaha.

Proposol usaha memang dianggap tidak terlalu penting bagi sebagian orang, namun jika sudah menyangkut dengan kerja sama antar perusahaan atau bisnis lain, maka pengajuan proposal sangat dibutuhkan. Hal ini berkaitan dengan seluk bekuk usaha yang kamu miliki, mulai dari modal, produk, sistem pemasaran, struktur organisasi kekaryawanan, hingga penghitungan laba secara detail.

Jika dalam hal ini kurang begitu kamu pahami, tentu pembuatan proposal pun juga semakin sulit untuk kamu buat. Namun jangan kuatir, jika saat ini kamu membutuhkan sebuah proposal usaha dengan penjelasan yang detail. Maka berikut contoh proposal usaha yang baik dan benar bisa kamu gunakan dalam pengajuan kerja sama dengan pihak lain ataupun kebutuhan bisnis plan berikutnya.


Contoh Proposal Usaha yang Baik dan Benar

Di dalam pembuatan proposal usaha ada beberapa bagian yang harus kamu jelaskan secara detail. Namun sebelum membuat proposal usaha yang baik dan benar untuk semakin mempermudah, maka berikut adalah penjelasan kerangkan bagian di dalam proposal usaha yang harus kamu pahami terlebih dahulu.

Bagian-Bagian di Dalam Proposal Usaha


1.    Pendahuluan

-    Latar Belakang
-    Visi dan Misi
-    Tujuan Mendirikan Usaha
-    Gambaran Singkat Mengenai Usaha

2.    Profil Usaha

-    Jenis Usaha
-    Nama Badan Usaha
-    Lokasi

3.    Struktur Organisasi atau Kekaryawanan

4.    Produk Usaha

-    Jenis Produk
-    Poses Pembuatan Produk
-    Keunggualan dari Produk

5.    Target dan Segementasi Pasar

6.    Promosi dan Pemasaran Usaha

7.    Laporan Keuangan dalam Badan Usaha

-    Alokasi Dana
-    Perhitungan Laba/Rugi
-    Hitungan Bagi Hasil

8.    Penutup

9.    Lampiran, untuk lampiran bisa didukung dengan beberapa dokumen tambahan seperti:

-    Biodata Pemilik Usaha
-    Surat Ijin Usaha
-    Surat Perjanjian
-    Dan Sertifikat Usaha atau Beberapa Dokiumen Pendukung Lainnya.




Point di atas merupakan bagian penting yang harus ada di dalam pembuatan proposal usaha atau bisnis, baik itu usaha rumahan, usaha menengah, hingga perusahaan yang lebih besar. Selain beberapa bagian di atas, dalam pembuatan proposal usaha juga memiliki beberapa acuan khusus, meliputi:

-    Ukuran tulisan proposal yaitu 12 pt
-    Menggunakan spasi 1,5
-    Kertas A4
-    Cover mika, bisa menggunakan yang bening.

Contoh Penulisan Proposal Usaha yang Baik dan Benar

Beri Judul Proposal dengan Nama Usaha: USAHA BIDANG KULINER KAFE

A. Pendahuluan

1.    Latar Belakang 

Mengingat semakin besarnya daya konsumsi masyarakat, tentu memulai membuka usaha dalam bidang kuliner merupakan salah satu peluang yang memiliki prospek jangka panjang yang begitu bagus. Tak heran jika saat ini usaha dalam bidang ini begitu banyak dipilih karena memiliki peluang yang cukup besar kedepannya. Jadi dalam hal ini saya ingin mengambil peluang dalam bidang kuliner lewat usaha yang saya dirikan yaitu kuliner kafe.

2.    Visi dan Misi

a. Visi

Menjadi sebuah usaha kuliner yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat lewat menu andalan yang sajikan, baik itu menu makanan, minuman, cemilan sehat dan menu jajanan ringan lainnya.

b. Misi

•    Berorientasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan konsumsi makanan dan minuman sehat.
•    Menyediakan olahan makanan dan minuman halal dengan cita rasa yang sempurna dan harga yang lebih ekonomis.

3.    Tujuan

Proposal ini dibuat guna menjalin kerja sama dengan pihak atau rekan kuliner sesama lainnya dalam rangka menjalin hubungan baik untuk perkembangan bisnis kami selanjutnya. Agar nantinya usaha yang dijaklankan antar masing-masing bisa berkembang lebih baik lagi.

B. PROFIL USAHA

1.    Modal

Dalam usaha kuliner kafe yang kami buat, modal awal di dalam usaha ini sekitar Rp 20.000.000,00. Modal didapat dari beberapa aset pribadi sekaligus mengadakan pinjaman ke pihak ketiga yaitu Bank Rakyat Indonesia atau Bank BRI.

2.    Lokasi

Usaha kuliner kafe ini berlokasi di Jalan Sersan Bahrudin Nomor 112 Kelurahan Jombokan, Kecematan Tanjung Sewu, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Lokasi usaha berada dalam kompleks pertokoan yang memiliki tempat begitu stategis. Dimana jalanan disekitar lokasi usaha sangat ramai sehingga pengunjung pun akan lebih mudah untuk menemukan lokasi usaha.

3.    Pemasaran

Untuk proses pemasaran sendiri usaha ini menggunakan beberapa media, baik itu media sosial, cetak dan elektronik. Beberapa pendukung juga digunakan seperti penyebaran browsur, pemasangan banner, dan lainnya.

C. LAPORAN KEUANGAN

1.    Fasilitas, Sarana dan Prasarana


-    Sewa tempat
-    Kursi
-    Bangku
-    Meja masak
-    Peralatana masak, panci, wajan, kompor, dll
-    Lemari
-    Wifi
-    Lampu dan listrik
-    Atribut lainnya

2.    Rincian Keuangan


-    Sewa tempat = Rp 5.000.000/tahun
-    Kursi sebanyak 20 = Rp 3.000.000
-    Bangku sebanyak 8 = Rp 1.500.000
-    Meja masak sebanyak 1 = Rp 500.000
-    Peralatana masak, panci, wajan, kompor, dll = Rp 3.000.000
-    Lemari sebanyak 2 = Rp 2.500.000
-    Biaya Pemasangan Wifi = Rp 700.000
-    Lampu dan listrik = Rp 300.000
-    Atribut lainnya = Rp 1.000.000
-    Total = Rp 17.500.000
-    Sisa Rp 2.500.000

Baca Juga: Contoh Daftar Isi Makalah yang Baik dan Benar

D. PENUTUP


Demikian proposal usaha ini dibuat, semoga dengan adanya proposal ini dapat menjadi satu bahan acuan dan pertimbangan untuk melakukan kerja sama yang lebih baik kedepannya. Untuk itu kami sangat berharap jika pihak yang terkait bersedia melakukan persetujuan kerja sama dalam bidang usaha kuliner yang sama.

Itulah contoh proposal usaha yang baik dan benar. Untuk kamu yang selama ini masih bingung dalam pembuatan proposal bisnis atau usaha, maka dengan acuan contoh proposal usaha di atas bisa mempermudah dalam penulisan atau pembuatan proposal secara lebih baik dan benar.