Langsung ke konten utama

Contoh Makalah yang Baik dan Benar yang Bisa Kamu Jadikan Acuan

Contoh Makalah yang Baik dan Benar – Pada prinsipnya makalah adalah bentuk kecil penulisan karya ilmiah. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia makalah adalah tulisan resmi mengenai suatu pokok bahasan yang disusun untuk dibacakan di depan umum.

Makalah berisi kajian literatur atau laporan kegiatan di lapangan sesuai dengan pokok bahasan suatu mata pelajaran atau mata kuliah tertentu. Walaupun kerangka makalah maupun pedoman penulisan yang diajarkan oleh satu institusi dengan institusi lainnya berbeda, tetapi formatnya pada dasarnya sama. Berikut disajikan contoh makalah yang baik dan benar sebagai bahan inspirasi atau acuan.


Contoh Makalah yang Baik dan Benar

Setiap penulisan tentunya memiliki pedoman tertentu yang harus diikuti.  Hal ini juga berlaku dalam penulisan makalah yang harus mengikuti pedoman. Makalah yang baik dan benar setidak mencakup 8 poin berikut.
  •     Cover
  •     Daftar Isi
  •     Kata Pengantar
  •     Pendahuluan
  •     Pembahasan
  •     Penutup
  •     Daftar Pustaka
  •     Lampiran

1. Contoh Cover Makalah


Cover merupakan lembar pertama yang menjadi sampul depan makalah. Bagian depan makalah ini harus dibuat sesempurna mungkin karena merupakan bagian yang pertama kali dilihat orang. Cover makalah bersisi judul makalah, logo sekolah/kampus/universitas, data lengkap penulis, fakultas kampus atau sekolah serta kota dan tahun pembuatan makalah.

Judul pada cover menggunakan huruf kapital yang dicetak tebal dengan jenis huruf Times New Roman ukuran 14 dan rata tengah. Untuk penulisan nama penulis tidak diperlukan huruf kapital untuk semua kata, cukup huruf kapital di awal kata.

Namun untuk penulisan keterangan nama instansi atau jenjang pendidikan ditulis menggunakan huruf kapital dengan dicetak tebal. Judul yang ditampilkan harus judul yang jelas, singkat dan informatif. Serta dapat menjelaskan isi dari dalam makalah tersebut.

2. Contoh Daftar Isi Makalah


Daftar isi merupakan bagian penting dalam suatu karya tulis. Dalam daftar isi, penulis umumnya menjabarkan tema bahasan untuk setiap bab atau halaman yang dimuat. Daftar isi juga berguna untuk mempermudah pembaca memahami topik bahasan atau materi yang dimuat dalam setiap halaman makalah. Keberadaan daftar isi menunjukkan penataan makalah yang lebih rapi, sistematis dan tertata.

3. Contoh Kata Pengantar Makalah


Halaman kata pengantar umumnya diawali dengan salam pembuka. Selanjutnya disampaikan berupa penjelasan alasan tema atau judul dipilih dan diakhiri dengan tanda tangan penulis makalah. Sebuah kata pengantar yang baik berisi tentang:
  •     Kalimat syukur kepada Allah SWT
  •     Ucapan terima kasih kepada semua pihak yang membantu penyusunan makalah
  •     Alasan pembuatan makalah
  •     Harapan dan kesediaan menerima kritik dan saran
  •     Penutup
Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menyusun kata pengantar adalah kerapian dan keteraturan susunan kalimat. Selain itu juga perhatikan penerapan tata bahasa yang baik dan benar. Dengan menerapkan hal-hal tersebut, pembaca bisa dengan mudah membaca dan memahami makna atau maksud isi makalah tersebut.



Baca Juga: Contoh dan Jenis Surat Lamaran Kerja

4. Contoh Pendahuluan Makalah


Pendahuluan merupakan bahasan awal topik dalam masalah yang disusun oleh dan dari sudut pandang penulis. Pendahuluan dapat dijelaskan secara umum dan singkat namun tujuan dan maknanya jelas. Biasanya pendahuluan berisi tentang gambaran secara umum makalah tersebut. Pendahuluan meliputi latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan dan manfaat.

Latar belakang masalah, berisi tentang sesuatu hal menarik yang menyebabkan penulis memilih tema tersebut. Latar belakang memakai kaidah piramida terbalik, artinya penulisan dari umum ke yang khusus. Rumusan masalah, berisi tentang masalah apa saja yang akan dibahas dalam makalah. biasanya berupa pertanyaan-pertanyaan. Tujuan dan manfaat, berisi tentang tujuan dan manfaat penulisan makalah.

5. Contoh Pembahasan Makalah


Pada bab pembahasan masalah adalah inti dari semua makalahmu. Pada bagian ini kamu memaparkan segala teori, metode penelitian, sasaran penelitian dan penjabaran hasil makalahmu. Sekaligus menjelaskan permasalahan yang ditulis dalam bab pertama yaitu rumusan masalah.

Pada bagian ini disajikan data-data ilmiah baik kuantitatif maupun kualitatif serta teori-teori yang menguatkan gagasan yang kamu angkat. Data penelitian dapat disajikan dalam bentuk tabel, diagram atau grafik yang mudah dipahami oleh pembaca.

Pembahasan masalah berisi tentang rangkuman kegiatan atau pokok bahasan yang dikaitkan dengan ilmu dan teori yang sudah ada.  Pembahasan materi yang dipilih dalam pembuatan makalah harus dibahas secara praktis dan mudah dimengerti. Dalam penulisan yang diambil dan bersumber dari para ahli, jangan lupa untuk mencantumkan nama, tahun dan sumber yang dijadikan referensi.

6. Contoh Penutup Makalah


Bagian penutup biasanya terdiri dari dua hal yaitu kesimpulan dan saran. Dalam kesimpulan mengungkapkan hasil pemecahan masalah yang disampaikan dalam makalah. Sebaiknya penulisan kesimpulan ditulis singkat dan jelas, tidak panjang seperti pembahasan.

Sedangkan dalam bagian saran memberikan rekomendasi mengenai hal yang berkaitan dengan isi makalah. Saran juga dapat dilengkapi dengan penjelasan yang berkaitan dengan apa saja yang bersifat membangun mengenai penelitian contoh makalahmu. Bisa digunakan untuk bahan koreksi jangka pendek maupun sebagai bahan perbaikan kedepannya nanti.

7. Contoh Daftar Pustaka Masalah


Daftar pustaka makalah berisi paling sedikit 25 referensi bisa berupa informasi dari buku, surat kabar, majalah dan internet. Dalam penulisan daftar pustaka jangan sampai terlewatkan seperti nama pengarang,tahun terbit publikasi, judul publikasi serta tempat terbit dan penerbit.

Pengaturan penulisan nama dalam daftar pustaka adalah dengan ketentuan nama keluarga ditulis terlebih dahulu baru diikuti oleh nama panggilan. Penulisan daftar pustaka harus lengkap dan mengikuti bahasa Indonesia yang baik dan benar. Selain itu juga harus disusun secara sistematis berdasarkan abjad atau alfabetis menurut nama pengarang.

8. Contoh Lampiran Makalah


Lampiran makalah adalah dokumen tambahan dalam makalah untuk melengkapi dokumen utama. Fungsi lampiran adalah sebagai data pelengkap untuk mendukung atau menguatkan gagasan dalam makalah. Lampiran dapat berupa teks, dokumen pendukung, hasil survei, gambar atau foto, kliping, grafik dan tabel. Bagian lampiran ini sifatnya adalah opsional di dalam sebuah makalah.

Demikian contoh makalah yang baik dan benar sesuai EYD. Semoga dapat memudahkanmu memahami cara menyusun sebuah makalah yang baik dan juga sesuai dengan pedoman Bahasa Indonesia yang sudah ditetapkan.  Dengan mengetahui contoh makalah yang baik dan benar, tentunya dapat mengurangi bebanmu dalam tugas pembuatan makalah.