Langsung ke konten utama

Contoh dan Jenis Surat Lamaran Kerja

Mendapat pekerjaan sesuai dengan keinginan dan kemampuan tentu merupakan hal yang patut disyukuri. Bekerja seperti hanya melakukan hobby dan gaji merupakan bonus dari aktivitas menyenangkan itu. Dalam mendapatkan pekerjaan, anda akan melalui beberapa tahapan seperti mencari lowongan kerja, mengurus berkas – berkas yang diperlukan serta memasukkan lamaran kerja anda. Untuk menulisnya, berikut telah disajikan contoh surat lamaran kerja.

​Surat lamaran kerja menjadi satu hal yang penting dalam melamar pekerjaan. Pasalnya, dari surat yang telah anda buat tadi, perusahaan yang ingin menerima anda bisa mendapat banyak informasi tentang anda. Oleh karena itu, buatlah surat lamaran kerja dengan baik agar kemungkinan anda diterima bekerja semakin besar.


Contoh Surat Lamaran Kerja

Perlu anda ketahui bahwa surat lamaran kerja adalah sarana komunikasi yang berfungsi menyampaikan informasi secara tertulis dari pihak pelamar kerja ke pihak instansi penyedia kerja. Tergolong sebagai surat resmi, karena digunakan untuk kepentingan resmi baik oleh perorangan, perusahaan atau pemerintahan.

Jenis Surat Lamaran Kerja

Ada dua jenis surat lamaran kerja. Surat ini dibagi menjadi dua, yaitu surat lamaran kerja terpisah dan surat lamaran kerja gabungan. Surat lamaran kerja terpisah adalah surat lamaran kerja dimana antara surat lamaran dan curriculum vitae (daftar riwayat hidup) terpisah. Artinya, curriculum vitae atau riwayat hidup anda nantinya akan dimasukkan sebagai hal terlampir. Sedangkan surat lamaran gabungan merupakan surat lamaran kerja yang menjadi satu dengan CV (Curriculum Vitae).

Kerangka / Susunan Surat Lamaran Kerja

Dalam menulis surat lamaran kerja, tentu anda harus mengetahui dulu kerangka atau susunannya. Agar lamaran kerja yang anda buat tergolong baik dan benar, patut anda ketahui susunannya. Secara garis besar susunan surat lamaran kerja terdiri dari tiga unsur utama, seperti bagian pembukaan, bagian isi atau uraian, dan bagian penutup.

Bagian Pembuka dari surat lamaran kerja terdiri dari  Judul surat yang biasanya huruf kapital tebal, rata tengah. Bisa juga tidak menggunakan judul. Kemudian adanya tempat dan tanggal surat yang dibuat. Artinya setiap surat resmi harus terdapat tempat dan tanggal pembuatannya. Selanjutnya ada alamat tujuan pengiriman. Biasanya ditujukan kepada perorangan, divisi HRD atau bagian tertentu dalam perusahaan.

Surat lamaran kerja yang benar memiliki bagian isi. Dimana pada bagian isi ini tercantum salam pembuka, penjelasan mengenai sumber darimana anda mendapatkan informasi lowongan kerja tersebut, lalu adanya data pribadi secara singkat yang terdiri dari nama, tempat tanggal lahir, alamat domisili, jenis kelamin, pendidikan terakhir dan kontak.

Setelah itu, surat lamaran kerja umum mencantumkan informasi tentang keahlian dan pengalaman kerja anda. Bukan hanya itu, tercantum juga tujuan menulis surat, hal-hal yang terlampir dan ucapan terima kasih.

Contoh surat lamaran kerja pasti memiliki bagian penutup yang berisi nama terang dan tanda tangan pelamar. Hati-hati, seringkali para pelamar lupa untuk membubuhkan tanda tangannya di surat lamaran. Padahal, bagian ini terbilang juga penting.

Contoh Surat Lamaran Kerja Umum

Bandung, 11 Januari 2017
Hal : Lamaran Pekerjaan
Kepada Yth. Human Resources Development Manager PT. Jabil Circuit Indonesia Jalan Soekarno Hatta No.35 Kota Bandung, Jawa Barat 40614
Dengan Hormat,
Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari Jobfair yang diadakan di piset square pada tanggal 09 Agustus 2017 bahwa perusahaan Bapak/Ibu sedang membuka lowongan kerja. Melalui surat lamaran ini saya mengajukan diri untuk melamar kerja di instansi yang Bapak/Ibu pimpin sebagai inspektor Non Destructive Test (NDT). Berikut ini adalah data singkat saya:
Nama                                 : Rian Mustofa Tempat/Tanggal Lahir   : Cimahi, 26 Desember 1995 Jenis Kelamin: Laki-laki Pendidikan                     : D3-Teknik Aeronautika Alamat                             : Jl. Sinar Jaya, RT 02/RW 15 Kec. Batujajar, Kab.  Bandung Barat Telepon                          : 081234565654
Saya berkeahlian NDT Level II untuk metode magnetic particle testingdan penetrant testing. Demi melengkapi beberapa data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpina, saya lampirkan juga kelengkapan data diri sebagai berikut:
  • Curriculum Vitae (1 lembar).
  • Foto copy Transkrip Nilai (1 lembar).
  • 1 lembar surat keterangan tentang pelatihan Non Destructive Test Level II
Demikian Surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan sejujur-jujurnya, atas perhatian serta kerjasama dari Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih banyak.
Hormat saya,
 
(Rian Mustofa)



​​Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Malang, 15 April 2017    .
Kepada Yth. Bpk/Ibu Manager HRD TRISNA GROUP Jl. Soekarno Hatta No. 2 Malang – Kabupaten Malang
 
Dengan Hormat,
Menanggapi informasi lowongan kerja yang ada di kantor Pos dan menyatakan bahwa perusahaan Bapak/Ibu sedang mencari seorang MANAGER (Manager – FCI). Saya mengirim surat lamaran kerja ini karena ini merupakan kesempatan besar bagi saya untuk memberikan yang terbaik bagi perusahaan anda. Saya juga yakin bahwa latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja saya sesuai dengan posisi yang anda tawarkan.
Yang bertanda tangan di bawah ini saya:
Nama                   : M. Agus Saputro, S.S Tempat, Tgl lahir : Kediri, 13 Nopember 1985 Pendidikan           : S1 (Sastra Inggris) Alamat                 : Jl. Begendang I No. 44 RT.02 RW.05 Kec. Mojoroto Malang HP                        : 085815342354
Mengajukan lamaran pekerjaan sebagai MANAGER (Manager – FCI) di perusahaan yang Bpk/Ibu pimpin.
Bersama ini saya lampirkan pula:
  1. Foto copy ijazah & transkrip nilai terakhir (S1)
  2. Foto copy identitas diri (KTP)
  3. Daftar Riwayat Hidup (CV)
  4. Surat Pengalaman Kerja
  5. Pas Foto 4 x 6
Demikian surat lamaran kerja ini saya ajukan. Besar harapan saya untuk dapat diterima sebagai karyawan di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Atas perhatianya saya ucapkan terima kasih.
Hormat Saya.
 
Agus Saputro, S.S

​Menulis surat lamaran kerja dengan baik dan benar akan memberikan nilai plus sendiri untuk anda. Selain itu, data akurat yang anda cantumkan di lamaran kerja adalah senjata anda dalam mendapatkan pekerjaan. Contoh surat lamaran kerja dapat anda temukan dari berbagai sumber. Temukan yang terbaik dan buat versi anda dalam melamar pekerjaan.