Langsung ke konten utama

8 Contoh Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar

Makalah merupakan sebuah karya tulis ilmiah yang dituangkan di dalam bentuk susunan yang mendapatkan dukungan dan telah terbukti secara ilmiah. Makalah bagi siswa atau mahasiswa benar-benar penting, karena dengan makalah mereka bisa mempresentasikan ide atau materi kepada pembaca. Oleh karena itu, jika anda kesulitan dalam menyusun makalah anda bisa melihat contoh cara membuat makalah.

Dalam contoh cara membuat makalah terdapat beberapa bagian yang perlu anda ketahui. Bagian-bagian dalam penyusunan makalah terdiri dari kata pengantar, isi, pendahuluan, pembahasan, penutup, daftar pustaka dan lampiran. Untuk mengetahui lebih lengkapnya anda bisa melihatnya di sini. Berikut contoh cara membuat makalah yang bisa anda pakai.


Contoh Cara Membuat Makalah

1. Contoh kata pengantar makalah

Contoh cara membuat makalah yang pertama anda harus membuat kata pengantar terlebih dulu. Pengantar makalah biasanya terdiri dari ucapan syukur kepada Sang Pencipta, ucapan terimakasih kepada guru pembimbing, ataupun instansi terkait. Biasanya kata juga ditambahkan harapan-harapan dari penulis termasuk saran, kritik hingga manfaat makalah yang sudah dibuat. Susunan sebuah kata pengantar makalah harus dibuat sedemikian rapi dan teratur dengan dilengkapi tata bahasa yang baik dan benar. Dengan begitu akan memudahkan untuk dibaca dan dimengerti akan makna yang tertuang di dalamnya.

Anda bisa menggunakan contoh tersebut sebagai salah satu contoh makalah sederhana. Namun, untuk pemembuatan makalah ilmiah dalam kata pengantar perlu mencamtumkan nama bapak atau ibu guru yang berperan penting didalamnya. Misalnya Bapak Supriadiadi, S.Pd. selaku kepala sekolah, Ibu Wahyuni, S.Pd.I selaku wali kelas dan lain sebagainya.

2. Contoh daftar isi makalah

Contoh makalah bahasa Indonesia juga harus terdapat daftar isi makalah. Daftar isi berisi semua poin-poin yang dibahas dalam makalah yang berfungsi untuk memudahkan pembaca menemukan halaman atau judul yang dituju. Namun, penulisan contoh daftar isi makalah sebenarnya bisa anda buat setelah makalah sudah selesai. Di dalamnya terdiri dari urutan isi makalah seperti judul bab lengkap beserta sub judul dan keterangan halaman.

Misalnya dalam pemilihan makalah anda memilih judul tentang Ragam Bahasa Indonesia maka anda harus membuat daftar isi sesuai dengan judul. Pada pendahuluan anda harus menuliskan tentang latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan. Setelah itu, bab keduanya anda harus membahas tentang pengertian ragam bahasa Indonesia dan menjelaskan poin selanjutnya. Setelah itu terdapat penutup, daftar pustaka, dan lampiran.

3. Contoh pendahuluan makalah

Cara membuat makalah sma di dalamnya juga harus terdapat pendahuluan makalah. Biasanya pendahuluan berisi tentang gambaran secara umum makalah tersebut, yang meliputi latar belakang, rumusan masalah, maksud dan tujuan. Sedangkan untuk latar belakang berisi hal menarik yang menyebabkan anda memilih tema tersebut. Latar belakang memakai kaidah piramida terbalik, artinya penulisan dari umum ke yang khusus. Rumusan masalah berisi tentang masalah apa saja yang akan diungkap dalam makalah. Wujudnya berupa pertanyaan. Maksud dan tujuan berisi tentang apa maksud dan tujuan penulisan makalah.

4. Contoh pembahasan makalah

Contoh makalah yang baik dan benar pdf harus terdapat pembahasan makalah. Pada bagian ini anda memaparkan semua teori, metode penelitian, sasaran penelitian dan penjabaran atas penelitian atau laporan hasil penemuan dilapangan. Sekaligus menjelaskan permasalahan yang ditulis dalam bab pertama, yaitu rumusan masalah. Pada bagian ini disajikan data-data ilmiah yang bersifat kualitatif maupun kuantitatif serta teori-teori yang digunakan untuk menguatkan gagasan yang diangkat. Data penelitian dapat disajikan dalam bentuk diagram, tabel atau grafik yang mudah dipahami oleh pembaca. Jika data yang didapat berupa hasil wawancara maka pemakalah dapat menuliskan kutipan dari narasumber.

5. Contoh penutupan makalah

Contoh makalah pdf juga harus disertai dengan penutup. Penutup pada makalah berisi kesimpulan dari seluruh pembahasan teori dan data dalam makalah. Kesimpulan bisa jadi sesuai dengan hipotesa awal namun bisa juga hasilnya berbeda. Tapi yang jelas kesimpulan harus mengandung jawaban atas tujuan yang dituliskan dalam bab 1. Penutup biasanya juga berisi saran dari penulis. Sekaligus disampaikan apakah hal penelitian itu cukup memuaskan atau masih perlu dilakukan penelitian lanjutan.

Baca Juga: 40 Contoh Kalimat Majemuk yang Baik dan Benar

6. Contoh daftar pustaka makalah

Contoh makalah mahasiswa juga harus memperhatikan susunan daftar pustaka. Daftar pustaka berisi sumber-sumber referensi yang dijadikan sebagai rujukan dalam penulisan makalah. Sumber rujukan bisa berupa buku, jurnal, skripsi, berita atau dari internet. Masing-masing sumber memiliki cara penulisannya sendiri dalam penulisan pustakanya. Fungsinya untuk menunjukkan kepada pembaca sumber-sumber data dan teori dalam makalah sehingga dapat membangun kepercayaan pembaca terhadap keilmiahan makalah. Susunan penulisan daftar pustaka secara urut adalah nama penulis, tahun terbit, Judul buku/karya, tempat terbit dan nama penerbit.

7. Contoh lampiran makalah

Lampiran makalah adalah dokumen yang ditambahkan ke dalam makalah untuk melengkapi dokumen utama. Fungsinya sebagai data pelengkap untuk mendukung atau menguatkan gagasan dalam makalah. Lampiran dapat berupa teks, dokumen pendukung, hasil survey, kuitansi, kliping, gambar atau foto, grafik atau tabel. Lampiran tersebut terlalu panjang apabila diletakkan di dalam makalah. Oleh sebab itu diletakkan di akhir, setelah daftar pustaka. Lampiran makalah dapat juga dimasukkan usulan dan saran dari penulis yang sudah dimunculkan dalam pembahasan. Lampiran sifatnya opsional di dalam makalah. Boleh ada dan boleh juga tidak ada.

8. Contoh cover makalah

Cara membuat makalah kuliah caver makalah harus disertai dengan logo. Sesuaikan dengan mata kuliah yang sedang anda tempuh, atau tidak menutup kemungkinan juga makalah ini anda kerjakan untuk kebutuhan lainnya. Halaman sampul depan makalah sama dengan skripsi dan karya ilmiah lainnya. Setidaknya ada empat unsur yang dicantumkan di halaman depan yaitu judul makalah, logo universitas, dan sekolah atau institusi. Selain itu, juga harus nama penulis makalah, fakultas, jurusan, kelas atau divisi kerja beserta tahun kerja.

Itulah contoh cara membuat makalah. Jika anda kesulitan dalam pembuatan makalah maka anda bisa melihat setiap tahapan yang sudah dijelaskan di atas. Dalam membuat makalah anda juga membutuhkan susunan makalah yang benar. Susunan terdiri dari cover makalah, kata pengantar makalah, daftar isi makalah, daftar pustaka makalah, dan lampiran.