Langsung ke konten utama

25 Ciri-Ciri Ambeien Luar dan Dalam


Ciri-Ciri Ambeien - Ambeien, wasir, atau hemorrhoid adalah pelebaran pembuluh darah vena yang terdapat pada rektum dan anus. Hal ini terjadi ketika dinding pembuluh darah mengalami kelamahan sementara tekanan pada daerah tersebut meningkat. Pembuluh darah yang melebar cenderung rapuh dan bentuknya tak beraturan. Maka dari itu, ciri-ciri ambeien yang utama adalah buang air besar disertai darah.

Ambeien, Ciri Ambeien, Gejala Ambeien


Gejala patologis ambeien bergantung pada jenisnya. Ambeien internal biasanya timbul bersama pendarahan rektum tanpa rasa nyeri, sedangkan ambeien eksternal dapat menunjukkan beberapa gejala atau jika terkena trombosis akan ada nyeri signifikan dan pembengkakan di area anus. Berikut ini adalah ciri-ciri ambeien.

1. Anus gatal


Ciri-ciri ambeien yang pertama adalah anus gatal. Adanya bakteri pada anus dapat  menyebabkan rasa gatal. Bakteri ini mudah untuk tumbuh di bagian yang bermasalah karena adanya infeksi pada jaringan kulit. Meski sudah digaruk, rasa gatal tidak segera hilang. Ditambah lagi ketika meggaruk tangan tidak dalam kondisi bersih, maka dapat memungkinkan bakteri lain juga tumbuh di area yang bermasalah.

2. Anemia


Ciri-ciri lain dari wasir adalah anemia. Meski anemia dapat dikelompokkan pada ciri yang relatif jarang terjadi, tetapi munculnya anemia pada penderita ambeien tetap harus diwaspadai. Anemia terjadi karena banyaknya darah yang keluar bersama feses saat buang air besar. Pendarahan ini memungkinkan berkurangnya pasokan darah merah pada penderita. Bila tidak segera ditangani tentu akan membahayakan keselamatan jiwa.

3. Sakit saat mengejan


Penderita ambeien mengalami masalah buang air besar. Bila diruntut dari gejala yang timbul, sembelit memang menjadi salah satu penyebab timbulnya ambeien. Ketika mengejan, jaringan yang bermasalah akan ikut tegang sehingga menimbulkan rasa sakit yang tidak tertahankan. Untuk itu, asupan serat sangat diperlukan, sehingga penderita memungkinkan buang air besar tanpa harus melakukan pantangan tersebut.

4. Sakit perut


Sakit perut sering diidentikkan sebagai penyakit ringan, karena bisa jadi sakit ditimbulkan karena masuk angin atau keinginan untuk buang air. Faktanya, sakit pada bagaian perut juga dapat menjadi ciri ambeien. Rasa sakit pada kasus ini terjadi karena adanya pergerakan usus yang sering terjadi pada penderita ambeien.

5. BAB berdarah


Tanda lainnya dari penyakit ambeien pada tingkat yang parah adalah terjadinya pendarahan saat buang air besar. Pendarahan terjadi karena adanya pembuluh darah yang bermasalah. Darah tersebut ikut keluar bersama feses.  Pendarahan saat BAB menjadi pembeda antara ambeien dengan wasir. Pada ambeien hanya terjadi pembengkakan, namun pada gejala wasir diikuti pendarahan.

6. Anus nyeri


Nyeri anus merupakan salah satu ciri pada penderita ambeien. Nyeri atau sakit yang timbul sering kali datang, meski tidak ada pemicu yang jelas. Nyeri ini terjadi karena ada kondisi abnormal pada jaringan pembuluh darah. Pembuluh darah yang mengalami pendarahan akan terasa berdenyut dan sakit.

7. Pembengkakan mirip benjolan


Munculnya pembengkakan yang mirip dengan benjolan adalah ciri yang jelas pada seseorang yang terkena ambeien.  Benjolan yang terlihat pada anus disebut hemoroid eksternal, tetapi untuk benjolan yang terjadi di dalam anus disebut hemoroid internal. Besar atau kecil ukuran benjolan menunjukkan tingkat keparahan dari ambeien itu sendiri. Selain itu, besar suatu benjolan juga dapat bertambah bila tidak segera mendapat penanganan yang tepat.

8. Sakit ketika duduk


Sakit saat duduk adalah ciri ambeien yang lain. Saat duduk, jaringan yang mengalami pembengkakan akan mendapat tekanan yang lebih, oleh karena itu akan terasa nyeri ataupun sakit saat duduk. Tidak jarang penderita ambeien harus menggunakan bantal khusus untuk mengurangi rasa sakit ketika harus duduk dalam waktu yang lama.

9. Iritasi kulit


Iritas kulit adalah salah satu reaksi yang timbul karena adanya ambeien. Pembuluh darah yang bermasalah akan tampak meradang, timbul ruam, dan terasa gatal. Gatal yang disebabkan adanya bakteri yang tumbuh pada area anus, menyebabkan penderita sering menggaruk bagian tersebut. Ditambah lagi, bila penderita kurang menjaga kebersihan diri, maka iritasi kulit akan rentan terjadi.


10. Berlendir


Ciri ciri ambeien yang juga mudah untuk dikenali  adalah adanya lendir yang keluar setelah buang air besar. Lendir atau disebut mukosa sering tanpa disadari keluar dan menyebabkan celana menjadi basah.

Mengenal ciri-ciri ambeien merupakan langkah pencegahan awal untuk anda yang tidak ingin terkena ambeien. Dengan menganal ciri-cirinya, anda dapat langsung mencari penanganan atau pengobatan yang tepat tanpa harus menunggu lebih parah. Selain sepuluh hal di atas, hal-hal berikut juga merupakan ciri-ciri ambeien.

Baca Juga : 20 Pencegahan dan Pengobatan Ambeien

Ciri-Ciri Ambeien Lainnya :


11. Sakit saat buang air besar
12. Anus nyeri
13. Mengganjal
14. Kecepirit
15. Gatal dan sakit pada area benjolan
16. Pendarahan karena pergerakan usus
17. Sakit ketika berjongkok
18. Sakit saat menahan buang air besar
19. Terjadi pendarahan saat mengangkat beban berat
20. Mengkonsumsi zat kodein memicu pendarahan
21. Terasa perih akibat mengkonsumsi cabai

Baca Juga : 13 Jenis Makanan Sehat untuk Penderita Ambeien

Bila anda saat ini mengalami ambeien dan mendapati keluhan yang sama dengan ciri-ciri ambeien di atas, anda perlu waspada agar penyakit tersebut tidak kambuh kembali. Segera pergi ke dokter untuk medapat pertolongan agar ambeien tidak semakin parah. Anda juga dapat menggunakan obat tradisional ambeien.