Langsung ke konten utama

15 Cara Mencegah TB Paru Paling Efektif

Mencegah TB Paru - Tuberkulosis adalah penyakit paru-paru yang sangat sering terjadi pada penduduk di berbagai negara khususnya di Indonesia. Jumlah penderita penderita Tuberkulosis atau TBC semakin bertambah tiap tahunnya. TBC dapat menyerang siapapun segala usia mulai dari anak-anak hingga orang tua, jadi diperlukan pencegahan TB paru dengan benar.

Untuk melakukan pengobatan TB paru, diperlukan tenaga medis atau dokter spesialis agar penangannya dilakukan dengan tepat dan efektif. Namun, anda dapat melakukan pencegahan TB paru sendiri agar dapat terhindar dari penyakit ini. Berikut akan kami paparkan beberapa pencegahan TB paru yang bisa anda lakukan.



Cara Mencegah TB Paru


1. Cukupi istirahat anda


Cara pencegahan TB paru yang pertama adalah dengan mencukupi istirahat anda. Lakukan tidur minimal 6 jam di malam hari dan tidur siang dengan cukup sekitar 2 jam. Hal ini akan membuat tubuh lebih fresh dan kekebalan tubuh akan lebih kuat untuk melawan penularan TBC yang terjadi.

2. Jaga pola makan sehat dan bergizi


Dengan menjaga pola makan tetap sehat dan bergizi adalah hal bijak yang dapat anda lakukan untuk terhindar dari segala jenis penyakit, termasuk TBC. Cukupi kebutuhan terhadap Karbohidrat, lemak, mineral, vitamin dan protein secara cukup dan tidak berlebihan sesuai takaran yang dibutuhkan tubuh.

3. Cegah menggunakan Masker


Menggunakan masker akan berguna untuk melindungi pernapasan anda dari bahaya apapun, seperti asap rokok, polusi di jalanan dan serangan paru-paru yang dapat ditularkan seperti TBC. Hal ini, dikarenakan masker dapat menyaring udara yang terhirup dan tidak langsung masuk kedalam paru-paru.

4. Hindari bersin dan batuk dari penderita TBC


Penularan penyakit TBC terjadi melalui bersin dan batuk oleh penderita TBC, jadi tetap jaga jarak dengan penderita TBC. Anda dapat menggunakan obat untuk meningkatkan kekebalan tubuh agar dapat melawan bakteri TBC yang terlanjur ditularkan, atau menggunakan masker untuk menyaring udara yang dihirup.

5. Menjaga jarak dengan penderita TBC


Menjaga jarak dengan penderita TBC adalah hal yang cukup bijak untuk mencegah terjadinya TBC pada diri anda, karena TBC akan menular lewat bersin dan Batuknya. TBC disebabkan oleh bakteri yang menginfeksi paru-paru, dan hal itu akan cepat menular saat penderita TBC sedang bersin dan Batuk.

6. Hindari melakukan aktivitas berat


Saat anda melakukan aktivitas berat, itu artinya tubuh anda akan dipaksa bekerja diluar kemampuan atau batas tubuh anda. Sebaiknya jangan lakukan pekerjaan berat itu secara mendadak, lakukanlah dengan bertahap. Ha ini akan bermanfaat untuk memelihara tubuh anda dan sistem imun.

7. Berhenti minum minuman alkohol


Meminum alkohol sangat merugikan terhadap kesehatan tubuh anda, maka hindarilah untuk minum minuman beralkohol, untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Lkohol juga akan menyerang organ vital anda, yaitu jantung dan otak. Hal ini dapat membuat tubuh menjadi lemah dan mudah terserang TBC

8. Menjaga kebersihan lingkungan sekitar anda


Dengan menjaga kebersihan lingkungan di sekitar tidak ada salahnya, karena banyak manfaat yang akan didapatkan dengan menjaga kebersihan di lingkungan sekitar anda. Hal itu juga akan bermanfaat untuk mencegah terjadinya TBC yang mungkin mengintai anda. Dengan lingkungan yang bersih akan didapati udara yang bersih pula.

9. Saat sedang sakit, tetaplah istirahat didalam rumah


Saat sedang sakit apapun, tubuh anda akan mengalami penurunan sistem imun. Dimana, hal itu akan membuat risiko terkena TBC menjadi lebih besar. Dengan tetap berada di rumah dan menjaga jarak dengan penderita TBC adalah yang terbaik dilakukan untuk mencegah terjadinya TBC.

10. Hentikan kebiasaan Merokok


Merokok adalah menghirup asap kedalam paru-paru, jadi dengan berhenti merokok akan bermanfaat untuk kesehatan paru-paru dari berbagai penyakit, termasuk TBC. Tidak ada ruginya anda berhenti merokok, malah anda akan mersa lebih fit dan lebih sehat. Zat nikotin yang ada dalam rokok dapat membuat paru-paru menjadi rentan terserang penyakit TBC.

11. Lakukan Pemeriksaan pada dokter saat anda mengalami batuk yang tak kunjung sembuh
12. Waspada terhadap batuk berdarah
13. Hindari menggunakan alat untuk makan dengan penderita TBC
14. Olahraga kardio dengan cukup untuk membersihkan paru-paru

Beberapa cara untuk mencegah TB paru di atas dapat anda lakukan untuk melindungi diri anda dan keluarga dari penyakit TBC. Semoga artikel ini bermanfaat, dan bisa mencegah anda dari penyakit TBS. Segera lakukan penolongan dengan tepat, dengan cara membawa ke dokter.

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Dan Efek Samping Rokok Elektrik Vapor

Awalnya rokok elektronik atau vapor diciptakkan untuk mengurangi ketergantungan pada rokok tembakau, karena rokok tembakau sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, tetapi ternyata dampak rokok elektrik vapor juga sama berbahayanya seperti rokok tembakau. Dampak negatif rokok elektrik bagi kesehatan mungkin masih menjadi perdebatan bagi beberapa orang yang mengenal dunia kesehatan seperti dokter dan praktisi kesehatan lainya. Parahnya lagi, kita sering membaca di iklan cetak maupun media online jika electric cigarete adalah rokok aman dan di klaim bebas nikotin, tar juga aneka bahan berbahaya lainnya.

Bagian dari rokok elektrik terdapat penampung cairan atau liquid yang ketika dipanaskan akan menghasilkan uap yang berasap, Tombol power, drip, mods, dan alat pemanas yang digunakan untuk mengubah liquid menjadi uap asap. Penampung liquid tadi bisa diisi ulang. Larutan ini mengandung propilen glikol, gliserin, dan perasa. Larutan ini dipanaskan, kemudian muncul uap selayaknya asap. Sebag…

Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita

Penyebab Dan Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita. Panas dalam adalah gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh anak-anak dan bayi. Gangguan kesehatan yang ditandai dengan kondisi tubuh terasa panas dan bayi atau si anak akan membuat mereka merasa tidak nyaman, gairah bermain menjadi hilang, lesu, pandangan mata meredup, rewel, cengeng atau sering menangis, dan bermalas–malasan. Penyebab panas dalam dapat diakibatkan karena tubuh kita kekurangan vitamin c, konsumsi serat, dan cairan, juga dapat akibat konsumsi makanan yang terlalu panas, banyak mengandung minyak dan berlemak, faktor cuaca dan lingkungan yang berubah ubah secara tiba tiba terutama saat peralihan dari kemarau ke penghujan maupun sebaliknya, serta dapat bersumber pada gangguan lainnya seperti stres, ketidakstabilan hormon dalam tubuh, juga menurunnya daya tahan tubuh.

Panas dalam atau demam merupakan keluhan yang banyak terjadi khususnya pada bayi dan anak kecil karena panas dalam juga merupakan …

Cara Mengatasi Dan Mengobati Tengeng Pada Leher

Sakit leher atau tengeng sering dialami sebagian orang. Orang yang mengalami tengeng tersebut akan mengalami suatu keterbatasan yang terkadang dapat mengganggu dirinya dalam melakukan aktifitas sehari-hari, misalnya menolehkan kepala kekanan dan kekiri. Sehingga mereka akan bertanya-tanya kepada kawan atau kelurganya “leher tengeng apa obatnya?”. Dalam kasus seperti ini anda dapat mengobati sakit leher berdasarkan penyebabnya. Untuk yang masalah ringan anda hanya perlu melakukan tidakan tradisional seperti memijit leher yang sakit. domain name and web hosting packages
domain name registrant
Sebagian orang menyebut sakit tengeng ini dengan sebutan kenger. Penyebab umum penyakit tengeng adalah kesalahan posisi saat tidur. Posisi tidur yang tepat seharusnya mengistirahatkan otot-otot seluruh tubuh dimana posisi yang baik adalah dengan menggunakan punggung belakang. Selain itu, penggunaan bantal harus sampai bahu sehingga posisi leher dalam keadaan rileks sehingga otot-otot sekitar leher …