Langsung ke konten utama

6 Bakteri Penyebab Diare Paling Mematikan

Penyebab Diare - Bakteri penyebab diare merupakan sejenis organism yang masuk ke dalam jaringan tubuh melalui makanan ataupun debu yang kemudian menginfeksi saluran pencernaan sehingga akan mengakibatkan penderitanya sering buang air besar. Diare ini biasanya disebabkan oleh makanan yang terkontaminasi oleh radikal bebas yang mengandung patogen berbahaya.

Tentu diare ini akan mengakibatkan orang yang menderitanya merasa tidak nyaman dan dapat menganggu aktivitas sehari-harinya karena harus bolak-balik BAB ke kamar mandi. Oleh karena itu, anda harus mengetahui apa sajakah bakteri penyebab diare, agar anda dapat mencegah terjadinya diare. Apa sajakah bakteri penyebab diare? Berikut ini ulasan selengkapnya.

Bakteri Penyebab Diare


1. Bakteri salmonella spp


Bakteri penyebab diare pertama adalah bakteri salmonella spp. Bakteri ini berada di dalam tubuh unggas seperti ayam, burung, bebek, itik dan sebagainya. Untuk menghindari masuknya bakteri ini ke dalam jaringan tubuh, ketika memasak unggas anda harus memasaknya hingga benar-benar matang dan proses perebusannya dengan suhu lebih dari 100 derajat Celsius.

2. Bakteri estamoeba histolytica


Bakteri penyebab diare selanjutnya adalah bakteri estamoeba histolytica. Bakteri ini terdapat di tempat-tempat yang lembab dan kotor, seperti selokan, parit, kubangan air, sumur yang tercemar, dan lain sebagainya. Bakteri ini akan menyerang tubuh melalui usus besar yang akan mengakibatkan timbulnya rasa nyeri atau kram dan penyakit diare dalam jangka waktu yang lama.

3. Bakteri Escherichia coli


Selain bakteri estamoeba histolytica, bakteri penyebab diare selanjutnya adalah bakteri Escherichia coli. Bakteri ini umumnya terdapat di kubangan kerbau, tanah, pasir dan lumpur yang terkontaminasi oleh kotoran. Bakteri ini masuk ke dalam tubuh melalui makanan atau udara ketika anak-anak bermain. Dan bakteri ini juga bisa terdapat pada junk food dan makanan yang dikonsumsi saat mentah.

4. Bakteri shigella dysentrial


Bakteri penyebab diare selanjutnya ini tergolong penyebab diare yang berbahaya, karena bakteri ini akan dapat menjadikan saluran dan dinding pencermaan manusia teriritasi, serta bakteri ini juga sering menyerang bagian usus penyerapan pada bagian usus halus. Ketika bagian usus tersebut terinfeksi shigella dysentrial, maka orang yang menderitanya akan mengalami sakit perut yang menyakitkan dan buang air besar bercampur darah.

5. Bakteri compylobacter jejui


Selain bakteri shigella dysentrial, Bakteri compylobacter jejui ini juga merupakan salah satu bakteri penyebab diare. Bakteri ini biasanya berada dan berkembang pada makanan berjenis daging-dagingan, seperti daging ikan, daging ayam mentah, unggas yang dipanggang, susu yang belum direbus, dan air mentah. Jika makanan itu dikonsumsi dan masuk ke dalam tubuh manusia, maka akan menyebabkan munculnya diare atau sakit perut.


Penyebab Diare Lainnya :


1. Obat-obatan tertentu


Selain beberapa bakteri penyebab diare diatas, diare juga dapat disebabkan oleh obat-obat tertentu. Karena pada umumnya tidak semua orang cocok dengan penggunaan obat, ada saja orang yang tidak cocok mengkonsumsi obat. Bahkan dia dapat merasakan nyeri disekitar usus jika tidak tawar dengan obat. Contoh obat yang mungkin terjadi pada kasus ini adalah obat antibiotik.

2. Paparan sinar rontgen


Selain obat-obat an tertentu, paparan sinar rontgen ini juga dapat penyebab penyakit diare. Jika seseorang sering terkena paparan sinar rontgen maka dapat menyebabkan rusaknya jaringan perut akibat paparan radiasi rontgen yang akan menganggu organ-organ tubuh dalam melakukan kerjanya, seperti kinerja usus, lambung dan enzim pencernaan. Jika hal ini terjadi, maka orang tersebut akan mengalami diare dalam jangka waktu yang pendek. Maka dari itu anda harus mengurangi paparan sinar rontgen tiap harinya.

3. Kerancunan makanan


Salah satu penyebab diare lainnya selain bakteri penyebab diare adalah keracunan makanan. Kasus ini sangat sering terjadi, karena ada beberapa orang yang alergi terhadap berbagai jenis makanan tertentu. Misal saja, orang yang memiliki alergi terhadap makanan seperti daging, namun dia tetap saja ingin mengkonsumsi daging padahal ia sudah tahu bahwa sebenarnya tubuhnya tidak mampu untuk menerima asupan daging ke dalam tubuh.

Diatas itulah bakteri penyebab diare dan beberapa penyebab diare lainnya yang harus anda ketahui untuk mencegah terjadinya penyakit yang sangat menganggu tersebut.Ingat jauhilah makanan-makan yang dapat menimbulkan diare. Diare juga dapat terjadi jika kita salah dalam mimilih makanan.

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Dan Efek Samping Rokok Elektrik Vapor

Awalnya rokok elektronik atau vapor diciptakkan untuk mengurangi ketergantungan pada rokok tembakau, karena rokok tembakau sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, tetapi ternyata dampak rokok elektrik vapor juga sama berbahayanya seperti rokok tembakau. Dampak negatif rokok elektrik bagi kesehatan mungkin masih menjadi perdebatan bagi beberapa orang yang mengenal dunia kesehatan seperti dokter dan praktisi kesehatan lainya. Parahnya lagi, kita sering membaca di iklan cetak maupun media online jika electric cigarete adalah rokok aman dan di klaim bebas nikotin, tar juga aneka bahan berbahaya lainnya.

Bagian dari rokok elektrik terdapat penampung cairan atau liquid yang ketika dipanaskan akan menghasilkan uap yang berasap, Tombol power, drip, mods, dan alat pemanas yang digunakan untuk mengubah liquid menjadi uap asap. Penampung liquid tadi bisa diisi ulang. Larutan ini mengandung propilen glikol, gliserin, dan perasa. Larutan ini dipanaskan, kemudian muncul uap selayaknya asap. Sebag…

Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita

Penyebab Dan Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita. Panas dalam adalah gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh anak-anak dan bayi. Gangguan kesehatan yang ditandai dengan kondisi tubuh terasa panas dan bayi atau si anak akan membuat mereka merasa tidak nyaman, gairah bermain menjadi hilang, lesu, pandangan mata meredup, rewel, cengeng atau sering menangis, dan bermalas–malasan. Penyebab panas dalam dapat diakibatkan karena tubuh kita kekurangan vitamin c, konsumsi serat, dan cairan, juga dapat akibat konsumsi makanan yang terlalu panas, banyak mengandung minyak dan berlemak, faktor cuaca dan lingkungan yang berubah ubah secara tiba tiba terutama saat peralihan dari kemarau ke penghujan maupun sebaliknya, serta dapat bersumber pada gangguan lainnya seperti stres, ketidakstabilan hormon dalam tubuh, juga menurunnya daya tahan tubuh.

Panas dalam atau demam merupakan keluhan yang banyak terjadi khususnya pada bayi dan anak kecil karena panas dalam juga merupakan …

Cara Mengatasi Dan Mengobati Tengeng Pada Leher

Sakit leher atau tengeng sering dialami sebagian orang. Orang yang mengalami tengeng tersebut akan mengalami suatu keterbatasan yang terkadang dapat mengganggu dirinya dalam melakukan aktifitas sehari-hari, misalnya menolehkan kepala kekanan dan kekiri. Sehingga mereka akan bertanya-tanya kepada kawan atau kelurganya “leher tengeng apa obatnya?”. Dalam kasus seperti ini anda dapat mengobati sakit leher berdasarkan penyebabnya. Untuk yang masalah ringan anda hanya perlu melakukan tidakan tradisional seperti memijit leher yang sakit. domain name and web hosting packages
domain name registrant
Sebagian orang menyebut sakit tengeng ini dengan sebutan kenger. Penyebab umum penyakit tengeng adalah kesalahan posisi saat tidur. Posisi tidur yang tepat seharusnya mengistirahatkan otot-otot seluruh tubuh dimana posisi yang baik adalah dengan menggunakan punggung belakang. Selain itu, penggunaan bantal harus sampai bahu sehingga posisi leher dalam keadaan rileks sehingga otot-otot sekitar leher …