Langsung ke konten utama

13 Bahaya Susu Bubuk untuk Tubuh dan Kesehatan

Susu Sebagai suber protein yang paling sering dikonsumsi untuk menambah kalsiuam dan menjaga kestabilan tubuh. Kebutuhan akan susu ini dirasa menjadi bahan makanan yang wajib untuk di cukupi. Padalah, banyaknya produsen susu murno tidak bisa mampu mencukupi akan kebutuhan konsumen. Apalagi susu murni lebih sulit didapat dan penyimpanannya lebih rumit.

Alhasil, banyak dari orang menggunakan susu formula seperti susu kaleng atau bubuk. Secara nutrisi memang susu bubuk lebih tinggi nilai proteinya dibanding susu kaleng. Namun, ada bahaya dari penggunaan susu bubuk ini bagi kesehatan. alasanya adalah susu bubuk sulit untuk dicerna tubuh dan mampu mengakibatkan penimbunan protein.

13 Bahaya Susu Bubuk untuk Tubuh dan Kesehatan

Berikut ini beberapa efek dari penggunaan susu bubuk :

1. Mengakibatkan Radang Selaput Otak


Kandungan zat bernama hidrogen sulfida dan amoniak dalam susu bubuk sangat rentan terkena radikal bebas. Hal ini berkaitan dengan lama penyimpanan dan bagaimana cara menyimpan susu ini dengan baik dan benar. Akibat penyimpanan yang tidak tepat, resiko susu tercemar bakteri enterobacter sakazaki bisa terjadi. Jika bakteri ini masuk kedalam tubuh mengakibatkan luka yang melebar hingga menjalar pada selaput otak. Ujungnya adalah terjadi peradangan serius pada otak Anda.

2. Keracunan


Bahaya lain dari susu bubuk adalah keracunan. Proses oksidasi yang terjadi akibat lemak jenuh pada susu bubuk ini akan bereaski sangat mudah dengan udara bebas. Sehingga bisa sangat mudah dan rentan terkena bakteri. Gejala awal yang biasa terjadi akibat susu bubuk ini adalah muntah dan nyeri disekitar perut.

3. Kelebihan Berat badan


Rasa yang enak dari oalahan susu ini dengan membuatnya kental. Tetapi efek yang ditimbulkan adalah badan akan mudah gemuk. Apalagi anak anak dimasa pertumbuhan. Kelebihan susu bubuk ini akan mengganggu kelincahan bahkan mampu merusak metabolisme.

4. Diare


Akibat lain dari kelebihan susu bubuk yang dikonsumsi dapat menyebabkan diare. Hal ini berkaitan dengan luka yang bisa terjadi di bagian dinding lambung. Indikasi yang bisa dikatakan adalah susu ini mampu menggagalkan proses pengerasan fases. selain itu, asam lambung bisa dipicu naik sehingga akan terserang penyakit diare.

5. Kehilangan Nafsu makan


berbahaya sekali jika hal ini terjadi pada anak Anda. terlalu banyak konsumsi susu bubuk ini bisa berakibat pada gangguan pertumbuhan dan malnutrisi. Kaitanya adalah kandungan lemah tak jenuh, kalsium, protein hewani dan penambahan gula tebu mampu menyebabkan selera makan hilang. Sehingga gizi yang dibutuhkan dalam tubuh tidak seimbang.

6. Pneumonia


Penyakit radang paru paru juga bisa diakibatkan dengan konsumsi susu bubuk ini. Efek ini terjadi akibat penyimpanan yang tidak tertutup rapt. Mudahnya radikal bebas masuk dalam susu bubuk yang tidak ditutup rapat mampu disusupi virus dan bakteri jahat. Sehingga resiko pneumonia atau radang paru paru bisa saja terjadi akibat penyimpanan yang tidak tepat ini.

7. Leukimia


Kandungan float dalam susu bubuk jauh lebih rendah dibanding susu asli. Apalagi pembuatan susu bubuk asti menggunakan air panas atau hangat yang bisa memicu kanker leukimia. Kanker ini dapat mengganggu sumsum tulang belakang yang sangat berbahaya menjadi penyakit lumpuh.

8. Menyebabkan Diabetes


Pemanis dari susu bubuk ini terbuat dari gula tebu yang diolah sedemikian rupa. Apalagi, masih ditambahkan gula pasir atau sejenisnya dalam pembuatan akan menimbulkan resiko diabetes. Kelebihan susu bubuk ini mampu mengakibatkan penyakit tersebut baik pada masa anak anak atau dewasa sekalipun.

9. Alergi


ada juga seseorang yang kurang terbiasa dengan susu bubuk. Ketidak cocokan bisa saja menimbulkan beberapa alergi dan rasa gatal pada kulit. Lebih baik hentikan konsumsi agar tidak menimbulkan efek negatif lebih parah. Selain itu, penyerapan susu bubuk juga terbilang lambat dan sangat tidak cocok bagi tubuh yang sensitif.

10. Resiko Kanker


Resiko ini terjadi akibat proses penyajian yang kurang tepat. Biasanya susu bubuk dibuat  menggunakan air panas dan dengan botol plastik untuk anak anak. Jika botol tidak sesuai stAndar, paka bahan kimia dalam botol akan mudah masuk ke sel DNA secara bertahap. Jika dilakukan dalam masa yang lama maka resiko kanker bisa saja menerpa Anda.

Baca Juga: 12 Jus Sehat untuk Penderita Asam Urat yang Perlu Dikonsumsi

Beberapa efek lain dari konsumsi susu bubuk adalah sebagai berikut :

11. Menurunya Kualitas Otak
12. Retak Tulang Pinggul
13. Mudah terserang Pegal Linu

Mengkonsumsi susu memang sangat diperlukan. Tetapi perhatian bagaimana menyimpan, membuat dan penyajianya harus diperhatikan. apalagi susu bubuk sangat digemari oleh buah hati Anda yang sedang mengalami proses pertumbuhan.

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Dan Efek Samping Rokok Elektrik Vapor

Awalnya rokok elektronik atau vapor diciptakkan untuk mengurangi ketergantungan pada rokok tembakau, karena rokok tembakau sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, tetapi ternyata dampak rokok elektrik vapor juga sama berbahayanya seperti rokok tembakau. Dampak negatif rokok elektrik bagi kesehatan mungkin masih menjadi perdebatan bagi beberapa orang yang mengenal dunia kesehatan seperti dokter dan praktisi kesehatan lainya. Parahnya lagi, kita sering membaca di iklan cetak maupun media online jika electric cigarete adalah rokok aman dan di klaim bebas nikotin, tar juga aneka bahan berbahaya lainnya.

Bagian dari rokok elektrik terdapat penampung cairan atau liquid yang ketika dipanaskan akan menghasilkan uap yang berasap, Tombol power, drip, mods, dan alat pemanas yang digunakan untuk mengubah liquid menjadi uap asap. Penampung liquid tadi bisa diisi ulang. Larutan ini mengandung propilen glikol, gliserin, dan perasa. Larutan ini dipanaskan, kemudian muncul uap selayaknya asap. Sebag…

Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita

Penyebab Dan Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita. Panas dalam adalah gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh anak-anak dan bayi. Gangguan kesehatan yang ditandai dengan kondisi tubuh terasa panas dan bayi atau si anak akan membuat mereka merasa tidak nyaman, gairah bermain menjadi hilang, lesu, pandangan mata meredup, rewel, cengeng atau sering menangis, dan bermalas–malasan. Penyebab panas dalam dapat diakibatkan karena tubuh kita kekurangan vitamin c, konsumsi serat, dan cairan, juga dapat akibat konsumsi makanan yang terlalu panas, banyak mengandung minyak dan berlemak, faktor cuaca dan lingkungan yang berubah ubah secara tiba tiba terutama saat peralihan dari kemarau ke penghujan maupun sebaliknya, serta dapat bersumber pada gangguan lainnya seperti stres, ketidakstabilan hormon dalam tubuh, juga menurunnya daya tahan tubuh.

Panas dalam atau demam merupakan keluhan yang banyak terjadi khususnya pada bayi dan anak kecil karena panas dalam juga merupakan …

Cara Mengatasi Dan Mengobati Tengeng Pada Leher

Sakit leher atau tengeng sering dialami sebagian orang. Orang yang mengalami tengeng tersebut akan mengalami suatu keterbatasan yang terkadang dapat mengganggu dirinya dalam melakukan aktifitas sehari-hari, misalnya menolehkan kepala kekanan dan kekiri. Sehingga mereka akan bertanya-tanya kepada kawan atau kelurganya “leher tengeng apa obatnya?”. Dalam kasus seperti ini anda dapat mengobati sakit leher berdasarkan penyebabnya. Untuk yang masalah ringan anda hanya perlu melakukan tidakan tradisional seperti memijit leher yang sakit. domain name and web hosting packages
domain name registrant
Sebagian orang menyebut sakit tengeng ini dengan sebutan kenger. Penyebab umum penyakit tengeng adalah kesalahan posisi saat tidur. Posisi tidur yang tepat seharusnya mengistirahatkan otot-otot seluruh tubuh dimana posisi yang baik adalah dengan menggunakan punggung belakang. Selain itu, penggunaan bantal harus sampai bahu sehingga posisi leher dalam keadaan rileks sehingga otot-otot sekitar leher …