Langsung ke konten utama

8 Bahaya Minum Air Daun Ketum Berlebihan untuk Kesehatan Tubuh

Tanaman ketum atau sering disebut biak akhir-akhir ini banyak menjadi bahan perbincangan dan banyak dicari. Tanaman jenis Rubiaceae ini banyak tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia terutama banyak ditemukan di pulau Kalimantan. Sejak dahulu ketum (keratom)  sudah dikenal sebagai salah satu tanaman obat herbal tradisional.

Penyakit masuk angin, badan kurang berstamina, sampai penyakit berat sepeti diabetes dipercaya mampu terobati dengan ekstrak daun ketum. Akan tetapi baru saat ini di ketahui bahwa daun ketum berbahaya dan termasuk kategori tanaman narkotika.

8 Bahaya Minum Air Daun Ketum Berlebihan untuk Kesehatan Tubuh

Berikut bahaya meminum air daun ketum bagi kesehtan yang mungkin belum banyak diketahui.

1. Penyusutan Berat Badan


Dampak minum air daun ketum bagi tubuh adalah terjadinya menurunkan berat secara drastis. Seperti efek tanaman jenis narkotika lainnya, ini juga terjadi saat mengkonsumsi air daun ketum. Tubuh seakan memiliki energi berlebih dan mampu beraktivitas tanpa rasa lelah dalam kurun waktu tertentu meskipun tidak ada nutrisi makanan yang masuk. Kondisi ini akan membuat berat badan terus menurun akibat lemak tubuh yang terus terbakar menjadi energi.

2. Insomnia


Sindrom insomnia atau gangguan susah tidur di malam hari dapat terjadi setelah orang meminum air daun ketum. Ekstrak daun ketum yang telah diserap kedalam tubuh akan meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah. Efek yang ditimbulkan tubuh akan lebih lama terjaga bahkan sampai malam hari. Kurangnya waktu tidur tentu berakibat buruk terhadap kesehatan organ-organ tubuh.

3. Bibir Menjadi Kering


Kandungan zat kimia dalam air daun ketum yang telah dikonsumsi biasanya akan membuat seseorang malas untuk minum. Padalah tubuh membutuhkan banyak asupan mineral setiap harinya untuk menjaga keseimbangan elektrolit tubuh. Indikasi yang dapat terlihat saat tubuh kekurangan cairan adalah bibir menjadi kering bahkan sampai pecah-pecah.

4. Sulit Buang Air Besar


Berlebihan meminum air daun ketum dapat mengganggu sistem pencernaan.  Salah satunya Anda akan sulit buang air besar. Sisa-sisa pencernaan makanan yang mestinya harus segera di keluarkan akan terhambat akibat beberapa zat pada air daun ketum. Apabila tidak segera teratasi, kotoran yang terus tertumpuk dalam perut akan menyebabkan munculnya penyakit berbahaya lainnya.

5. Lebam dan rasa terbakar di bagian muka


Tubuh terasa panas bahkan wajah serasa tebkar adalah efek yang ditimbulkan setelah meminum air daun ketum. Hal ini sesuai dengan perkataan orang yang pernah mencoba.  Rasa panas pada wajah sampai membuat kulit wajah lebam. Perunahan ini akan membuat wajah Anda terlihat kurang menarik. Aktivitas pun akan terganggu karena hilangnya percaya diri.

6. Emosional dan susah berkonsentrasi


Tingkat emosi yang labil, mudah marah dan tersinggung merupakan ciri psikologis orang dalam pengaruh zat narkotika. Begitu pula saat mengkonsumsi air daun ketum secara berlebih, dampak psikologisnya pun hampir sama. Pada kondisi ini mereka akan susah berfikir secara rasional. Hilangnya fokus dan konsentrasi membuat seseorang tidak mampu bekerja dengan baik.

7. Mata dan Hidung Berair


Keluarnya cairan pada mata dan hidung menjadi pertAnda ada yang salah dengan kondisi tubuh Anda. Air daun ketum yang dikonsumsi berlebih menyebabkan terganggunya sistem syaraf terutama pada sistem indra seperti mata dan hidung. Keluarnya air mata dan hidung yang berlendir merupakan bentuk respon tubuh terhadap pengaruh zat-zat berbahaya yang terkandung dalam air daun ketum.

8. Ketergantungan atau Kecanduan


Bahaya minum air daun ketum bagi tubuh adalah menyebabkan ketergantungan atau ketagihan. Penelitian pada tahun 2003 menyebutkan bahwa dalam daun ketum juga terdapat zat mitraginin yang berefek candu. Seperti halnya jenis tanaman narkotika lainnya, konsumsi air daun ketum berlebih dapat membuat ketergantungan pada pemakainya.

Biasanya badan akan terasa lemas dan tak bertenaga saat tidak mengkonsumsinya. Oleh karena itu pemakaian tanaman ketum sebagai obat atau lainnya sudah mulai dibatasi dan dilarang.

Baca Juga: 13 Bahaya Susu Bubuk untuk Tubuh dan Kesehatan

Beberapa bahaya minum air daun ketum telah dijelaskan. Selain bermanfaat sebagai obat herbal ternyata air daun ketum juga memiliki bahaya jika dikonsumsi berlebih yang perlu diketahui. Apalagi dengan telah ditetapkannya tanaman ketum atau biak ini menjadi golongan tanaman narkotika tentu akan membuat lebih berhati-hati dalam menggunakannya.

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Dan Efek Samping Rokok Elektrik Vapor

Awalnya rokok elektronik atau vapor diciptakkan untuk mengurangi ketergantungan pada rokok tembakau, karena rokok tembakau sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, tetapi ternyata dampak rokok elektrik vapor juga sama berbahayanya seperti rokok tembakau. Dampak negatif rokok elektrik bagi kesehatan mungkin masih menjadi perdebatan bagi beberapa orang yang mengenal dunia kesehatan seperti dokter dan praktisi kesehatan lainya. Parahnya lagi, kita sering membaca di iklan cetak maupun media online jika electric cigarete adalah rokok aman dan di klaim bebas nikotin, tar juga aneka bahan berbahaya lainnya.

Bagian dari rokok elektrik terdapat penampung cairan atau liquid yang ketika dipanaskan akan menghasilkan uap yang berasap, Tombol power, drip, mods, dan alat pemanas yang digunakan untuk mengubah liquid menjadi uap asap. Penampung liquid tadi bisa diisi ulang. Larutan ini mengandung propilen glikol, gliserin, dan perasa. Larutan ini dipanaskan, kemudian muncul uap selayaknya asap. Sebag…

Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita

Penyebab Dan Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita. Panas dalam adalah gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh anak-anak dan bayi. Gangguan kesehatan yang ditandai dengan kondisi tubuh terasa panas dan bayi atau si anak akan membuat mereka merasa tidak nyaman, gairah bermain menjadi hilang, lesu, pandangan mata meredup, rewel, cengeng atau sering menangis, dan bermalas–malasan. Penyebab panas dalam dapat diakibatkan karena tubuh kita kekurangan vitamin c, konsumsi serat, dan cairan, juga dapat akibat konsumsi makanan yang terlalu panas, banyak mengandung minyak dan berlemak, faktor cuaca dan lingkungan yang berubah ubah secara tiba tiba terutama saat peralihan dari kemarau ke penghujan maupun sebaliknya, serta dapat bersumber pada gangguan lainnya seperti stres, ketidakstabilan hormon dalam tubuh, juga menurunnya daya tahan tubuh.

Panas dalam atau demam merupakan keluhan yang banyak terjadi khususnya pada bayi dan anak kecil karena panas dalam juga merupakan …

Cara Mengatasi Dan Mengobati Tengeng Pada Leher

Sakit leher atau tengeng sering dialami sebagian orang. Orang yang mengalami tengeng tersebut akan mengalami suatu keterbatasan yang terkadang dapat mengganggu dirinya dalam melakukan aktifitas sehari-hari, misalnya menolehkan kepala kekanan dan kekiri. Sehingga mereka akan bertanya-tanya kepada kawan atau kelurganya “leher tengeng apa obatnya?”. Dalam kasus seperti ini anda dapat mengobati sakit leher berdasarkan penyebabnya. Untuk yang masalah ringan anda hanya perlu melakukan tidakan tradisional seperti memijit leher yang sakit. domain name and web hosting packages
domain name registrant
Sebagian orang menyebut sakit tengeng ini dengan sebutan kenger. Penyebab umum penyakit tengeng adalah kesalahan posisi saat tidur. Posisi tidur yang tepat seharusnya mengistirahatkan otot-otot seluruh tubuh dimana posisi yang baik adalah dengan menggunakan punggung belakang. Selain itu, penggunaan bantal harus sampai bahu sehingga posisi leher dalam keadaan rileks sehingga otot-otot sekitar leher …