Langsung ke konten utama

8 Bahaya Konsumsi Minuman Keras untuk Kesehatan Tubuh

Gaya hidup sebagain orang bisa saja terjerumus kedalam hal yang dapat merugikan kesehatan. Sama halnya dengan seseorang yang senang mengkonsumsi minuman keras. Peredaranya walaupun dibatasi tetapi penggemar minuman ini tetap ada dan bertambah.

Kurang tahu kenapa mereka melakukan hal ini, padahal efek bahaya mengacam orang yang suka mengkonsumsi minuman beralkohol. Parahnya adalah kaum urban yang menelan wanita terjerumus dalam dunia malam ikut menyukai minuman beralkohol ini.

8 Bahaya Konsumsi Minuman Keras untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini efek dan bahaya dari minuman keras untuk kesehatan :

1. Gangguan Liver


Gangguan ini bisa terjadi dalam tempo singkat saja. Liver yang membengkak akibat terlalu sering mengkonsumsi minuman keras berdampak buruk terhadap fungsi organ. Seseorang yang sering meminum minuman keras dengan kadar alkohol rendah sekalipun mampu membuat liver membengkak hingga 10-15 % dari keadaan normal.

Cairan berkadar alkoholah yang menyebabkan hal ini. Liver akan bekerja keras menyeterilisasi cairan ini agar tubuh mampu menyerap. Lebih baik jangan konsumsi minuman beralkohol karena merusak organ hati Anda.

2. Kerusakan Otak


Hilangnya kesadaran akibat minum minuman keras sering dialami penikmat minuman haram ini. syaraf yang putus akibat terlalu sering mengkonsumsi minuman keras mampu mengurangi fungsi otak secara permanen. Bahkan resiko depresi dan frustas lebih tinggi dibanding orang normal tanpa alkohol. Jika hal ini sudah menerjang Anda, maka kerusakan mental dan psikologis bisa terjadi sebagai efek awal gejala kerusakan sistem syaraf dan kinerja otak.

3. Penurunan fungsi Panca Indera


Panca indera seperti pengelihatan dan perasa akan terganggu akibat minuman keras. Penurunan yang paling cepat adalah fungsi indera pengelihatan. Mata yang sangat sensitif dan terganggu akibat konsumsi alkohol dari minuman keras yang secara terus menerus dilakukan. kerusakan pada mata ini bisa fatal sampai pada kebuataan permanen.

4. Mempercepat menopaus


Inilah yang menjadi efek bagi wanita yang suka terhadap minuman keras. Kinerja hormon akan berangsur menurun. Ketika hal ini dilanjutkan dengan skala lebih besar maka akibat pada kesuburan yang terganggu.  Konsumsi alkohol berlebih dalam tubuh wanita mampu mempercepat terjadinya menopuse sebelum waktu normalnya. Olehkarena itu sangat tidak dianjurkan seorang wanita mengkonsumsi minuman keras walapaun hanya setetes saja.

5. Memperparah rasa sakit saat haid


Efek awal ketika seorang wanita mengalami kerusakan hormon reproduksi akibat terlalu sering mengkonsumsi minuman keras adalah efek ini. Rasa nyeri pada perut akibat datang bulan akan terasa lebih sakit. Jika hal ini sudah di rasakan, lebih baik hentikan konsumsi minuman keras. Jika Anda biarkan saja, kemungkinan besar bagian reproduksi Anda akan terganggu dan proses kehamilan akan tertunda bahkan menyebabkan kemandulan.

6. Kecacatan pada Janin


Parahnya adalah efek ini ketika seorang wanita mengalami ganggunan pada saat kehamilan ketika masih sering mengkonsumsi minuman keras. Kecacatan pada janin bisa terjadi jika dilakukan saat usia kehamilan 3 bulan pertama. Sejatinya, wanita hamil memang dilarang mengkonsumsi minuman keras ini selagi masa kehamilan sampai melahirkan. Agar kesehatan janin dan bayi tetap terjaga di masa pertumbuhan dalam rahim wanita.

7. Oesteoporosis


Pengeroposan tulang merupakan efek berbahaya yang bisa terjadi pada seorang yang suka mengkonsumsi minuman keras. Jika hal ini dibiarkan dan dilakukan terus menerus akan berakibat pada patah tulang dan kerapuhan secara permanen.

Mengkonsumsi minuman keras lebih mempercepat proses penuaan pada tulang dan menggerogoti kandungan kalsium dan minyak persendian setiap tulang. Sehingga berbahaya jika dilanjutkan akan berujung pada kececatan permanen sampai pada lumpuh total.

8. Kerusakan sistem Pencernaan


Peminum minuman keras secara terus menerus dan berkala mampu merusak organ dalam terutama sistem pencernaan. Terjadinya peradangan kronis dan gangguan pada lambung, ginjal dan hati adalah organ yang paling sering terserang. Jika sudah terjadi, maka Anda akan terganggu sistem pencernaan Anda termasuk usus yang bisa terobek akibat alkohol didalam minuman keras tersebut.

Baca Juga: 8 Bahaya Minum Air Daun Ketum Berlebihan untuk Kesehatan Tubuh

Keperluan mengikuti gaya hidup apalagi kebudayaan didaerah memang sangat diperlukan. tetapi harus lebih waspada terkait apa yang akan masuk kedalam tubuh. Jika itu membahayakan, lebih baik tinggalkan dan rubah pola gaya hidup agar tetap hidup sehat dan memilki masa hidup lebih lama yang membahagiakan.

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Dan Efek Samping Rokok Elektrik Vapor

Awalnya rokok elektronik atau vapor diciptakkan untuk mengurangi ketergantungan pada rokok tembakau, karena rokok tembakau sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, tetapi ternyata dampak rokok elektrik vapor juga sama berbahayanya seperti rokok tembakau. Dampak negatif rokok elektrik bagi kesehatan mungkin masih menjadi perdebatan bagi beberapa orang yang mengenal dunia kesehatan seperti dokter dan praktisi kesehatan lainya. Parahnya lagi, kita sering membaca di iklan cetak maupun media online jika electric cigarete adalah rokok aman dan di klaim bebas nikotin, tar juga aneka bahan berbahaya lainnya.

Bagian dari rokok elektrik terdapat penampung cairan atau liquid yang ketika dipanaskan akan menghasilkan uap yang berasap, Tombol power, drip, mods, dan alat pemanas yang digunakan untuk mengubah liquid menjadi uap asap. Penampung liquid tadi bisa diisi ulang. Larutan ini mengandung propilen glikol, gliserin, dan perasa. Larutan ini dipanaskan, kemudian muncul uap selayaknya asap. Sebag…

Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita

Penyebab Dan Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita. Panas dalam adalah gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh anak-anak dan bayi. Gangguan kesehatan yang ditandai dengan kondisi tubuh terasa panas dan bayi atau si anak akan membuat mereka merasa tidak nyaman, gairah bermain menjadi hilang, lesu, pandangan mata meredup, rewel, cengeng atau sering menangis, dan bermalas–malasan. Penyebab panas dalam dapat diakibatkan karena tubuh kita kekurangan vitamin c, konsumsi serat, dan cairan, juga dapat akibat konsumsi makanan yang terlalu panas, banyak mengandung minyak dan berlemak, faktor cuaca dan lingkungan yang berubah ubah secara tiba tiba terutama saat peralihan dari kemarau ke penghujan maupun sebaliknya, serta dapat bersumber pada gangguan lainnya seperti stres, ketidakstabilan hormon dalam tubuh, juga menurunnya daya tahan tubuh.

Panas dalam atau demam merupakan keluhan yang banyak terjadi khususnya pada bayi dan anak kecil karena panas dalam juga merupakan …

Cara Mengatasi Dan Mengobati Tengeng Pada Leher

Sakit leher atau tengeng sering dialami sebagian orang. Orang yang mengalami tengeng tersebut akan mengalami suatu keterbatasan yang terkadang dapat mengganggu dirinya dalam melakukan aktifitas sehari-hari, misalnya menolehkan kepala kekanan dan kekiri. Sehingga mereka akan bertanya-tanya kepada kawan atau kelurganya “leher tengeng apa obatnya?”. Dalam kasus seperti ini anda dapat mengobati sakit leher berdasarkan penyebabnya. Untuk yang masalah ringan anda hanya perlu melakukan tidakan tradisional seperti memijit leher yang sakit. domain name and web hosting packages
domain name registrant
Sebagian orang menyebut sakit tengeng ini dengan sebutan kenger. Penyebab umum penyakit tengeng adalah kesalahan posisi saat tidur. Posisi tidur yang tepat seharusnya mengistirahatkan otot-otot seluruh tubuh dimana posisi yang baik adalah dengan menggunakan punggung belakang. Selain itu, penggunaan bantal harus sampai bahu sehingga posisi leher dalam keadaan rileks sehingga otot-otot sekitar leher …