Langsung ke konten utama

16 Bahaya Kebiasaan Minum Teh Terlalu Sering untuk Kesehatan

Indonesia merupakan salah satu negara produsen teh terbesar di dunia. Tak mengherankan kalau kebiasaan minum teh sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat kita. Minuman yang berasal dari daun dan batang teh yang dikeringkan lalu diseduh ini mempunyai rasa dan aroma yang nikmat.

Minuman teh selalu menemani aktivitas keseharian kita karena dipercaya mampu membangkitkan semangat dan konsentrasi. Namun tahukah Anda dibalik manfaatnya, terkandung bahaya bagi kesehatan dari kebiasaan minum teh. Berikut penjelasannya.


16 Bahaya Kebiasaan Minum Teh Terlalu Sering untuk Kesehatan

1. Nyeri Pada Tulang Dan Gigi


Jika  Anda sering merasa nyeri pada tulang dan gigi sedangkan Anda juga termasuk orang yang suka mengkonsumsi teh. Sepertinya Anda perlu mengurangi kebiasaan yang satu itu. Secara medis konsumsi teh dapat meningkatkan kadar fluoride dalam darah. Kadar fluoride yang terlalu tinggi akan menyebabkan tulang dan gigi terasa nyeri.

2. Resiko Terkena Anemia


Anemia adalah penyakit kekurangan sel darah merah. Kandungan kafein dan tanin dalam teh saat dalam proses pencernaan akan menghambat penyerapan zat besi dari sari makanan. Padahal zat besi inilah yang akan membentuk sel darah. Mudah lelah dan sulit berkonsentrasi ialah indikasi tubuh yang mengidap anemia atau kekurangan sel darah menrah.

3. Memicu Osteoporosis


Bahaya minum teh bagi keselatan selanjudnya adalah terjadinya osteoporosis. Hal ini terjadi akibat tingginya proses reabsorpsi akibat zat kafein dalam teh menghilangkan banyak kalsium. Padahal mineral kalsium ini sangat dibutuhkan untuk menjaga kepadatan tulang. Kurangnya asupan kalsium akan membuat tulang menjadi keropos.

4. Memperparah Diare


Memberi minum teh pada penderita diare adalah tindakan yang salah. Minuman teh yang terserap dalam tubuh akan mengikat banyak cairan ketika dalam proses pencernaan. Kondisi ini akan memperparah diare yang diderita. Feses yang cair akan bercampur dengan banyaknya cairan yang diserap oleh teh. Sehingga diare akan lebih susah disembuhkan.

5. Penyakit Batu Ginjal


Konsumsi teh berlebih apalagi dengan tambahan gula akan memicu terbentuknya kristal batu ginjal. Senyawa oxalate dalam teh diduga menjadi penyebab cepat terbentunya batu ginjal. Apalagi bagi seorang yang telah berusia lebih dari 40 tahun resiko terkena penyakit batu ginjal akan lebih besar. Disarankan untuk mengimbangi konsumsi air putih agar dampak negatif teh yang satu ini dapat dikurangi.

6. Sakit Maag


Terasa perih melilit di lambung setelah minum teh bisa jadi Anda terkena maag. Minuman teh yang bersifat asam apabila masuk ke lambung memang akan memicu peningkatan produksi asam lambung. Apalagi jika pada saat itu kondisi perut sedang kosong. Maka efek yang diakibatkan bisa semakin parah.

7. Membahyakan Janin


Wanita yang sedang hamil sangat tidak dianjurkan untuk minum teh secara berlebihan. Kafein dalam teh akan meningkatkan kontraksi pada rahim. Sehingga pada awal usia kandungan bisa mengakibatkan keguguran. Sedangkan pada  kehamilan tua dapat menyebabkan bayi lahir prematur.

8. Resiko Kanker


Sel-sel kanker dalam tubuh dapat muncul akibat masuknya beberapa zat berbahaya yang bersifat racun. Beberapa jenis teh disinyalir beresiko terkontaminazi zat-zat tersebut. Seperti senyawa klorin dalam bungkus teh celup. Teh celup yang disedu dengan air panas bisa ikut melarutkan zat klorin. Jika terus dikonsumsi pada akhirnya akan menumbuhkan sel kanker.

9. Serangan Jantung


Zat kafein yang terkandung dalam teh akan membuat intensitas detak jantung meningkat. Selain itu kandungan teh ternyata juga dapat meyumbat pembuluh darah arteri pada jantung. Dengan demikian kerja jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh akan semakin berat. Sehingga serangan jantung yang mendadak dapat terjadi pada orang dengan riwayat lemah jantung.

10. Warna Gigi Keruh


Kebiasaan minum teh yang telah begitu lama akan menyebabkan perubahan pada warna gigi. Zat warna pada teh dapat menempel pada gigi sehingga gigi akan terlihat keruh kekuning-uningan dan tak jarang sampai membentuk karang gigi. Jika sudah begini, gigi akan susah dibersihkan dan akan menimbulkan berbagai penyakit gigi.

Baca Juga: 11 Bahaya dan Dampak Air Alkali Buatan untuk Kesehatan Tubuh

Beberapa bahaya minum teh bagi kesehatan lainnya adalah:

11. Demam
12. Mengurangi Nafsu Makan
13. Iritasi Tenggorokan
14. Dehidrasi
15. Sakit Kepala
16. Menghambat Penyerapan Nutrisi

Teh memang sudah di kenal sebagai minuman herbal yang juga kaya akan manfaat. Tak heran minuman teh mudah di dapatkan dimana saja. Akan tetapi Anda juga perlu tahu akibat dari konsumsi teh berlebih. Kebiasaan minum teh ternyata juga menyimpan berbagai bahaya bagi kesehatan seperti yang telah di jelaskan diatas.

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Dan Efek Samping Rokok Elektrik Vapor

Awalnya rokok elektronik atau vapor diciptakkan untuk mengurangi ketergantungan pada rokok tembakau, karena rokok tembakau sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, tetapi ternyata dampak rokok elektrik vapor juga sama berbahayanya seperti rokok tembakau. Dampak negatif rokok elektrik bagi kesehatan mungkin masih menjadi perdebatan bagi beberapa orang yang mengenal dunia kesehatan seperti dokter dan praktisi kesehatan lainya. Parahnya lagi, kita sering membaca di iklan cetak maupun media online jika electric cigarete adalah rokok aman dan di klaim bebas nikotin, tar juga aneka bahan berbahaya lainnya.

Bagian dari rokok elektrik terdapat penampung cairan atau liquid yang ketika dipanaskan akan menghasilkan uap yang berasap, Tombol power, drip, mods, dan alat pemanas yang digunakan untuk mengubah liquid menjadi uap asap. Penampung liquid tadi bisa diisi ulang. Larutan ini mengandung propilen glikol, gliserin, dan perasa. Larutan ini dipanaskan, kemudian muncul uap selayaknya asap. Sebag…

Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita

Penyebab Dan Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita. Panas dalam adalah gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh anak-anak dan bayi. Gangguan kesehatan yang ditandai dengan kondisi tubuh terasa panas dan bayi atau si anak akan membuat mereka merasa tidak nyaman, gairah bermain menjadi hilang, lesu, pandangan mata meredup, rewel, cengeng atau sering menangis, dan bermalas–malasan. Penyebab panas dalam dapat diakibatkan karena tubuh kita kekurangan vitamin c, konsumsi serat, dan cairan, juga dapat akibat konsumsi makanan yang terlalu panas, banyak mengandung minyak dan berlemak, faktor cuaca dan lingkungan yang berubah ubah secara tiba tiba terutama saat peralihan dari kemarau ke penghujan maupun sebaliknya, serta dapat bersumber pada gangguan lainnya seperti stres, ketidakstabilan hormon dalam tubuh, juga menurunnya daya tahan tubuh.

Panas dalam atau demam merupakan keluhan yang banyak terjadi khususnya pada bayi dan anak kecil karena panas dalam juga merupakan …

Cara Mengatasi Dan Mengobati Tengeng Pada Leher

Sakit leher atau tengeng sering dialami sebagian orang. Orang yang mengalami tengeng tersebut akan mengalami suatu keterbatasan yang terkadang dapat mengganggu dirinya dalam melakukan aktifitas sehari-hari, misalnya menolehkan kepala kekanan dan kekiri. Sehingga mereka akan bertanya-tanya kepada kawan atau kelurganya “leher tengeng apa obatnya?”. Dalam kasus seperti ini anda dapat mengobati sakit leher berdasarkan penyebabnya. Untuk yang masalah ringan anda hanya perlu melakukan tidakan tradisional seperti memijit leher yang sakit. domain name and web hosting packages
domain name registrant
Sebagian orang menyebut sakit tengeng ini dengan sebutan kenger. Penyebab umum penyakit tengeng adalah kesalahan posisi saat tidur. Posisi tidur yang tepat seharusnya mengistirahatkan otot-otot seluruh tubuh dimana posisi yang baik adalah dengan menggunakan punggung belakang. Selain itu, penggunaan bantal harus sampai bahu sehingga posisi leher dalam keadaan rileks sehingga otot-otot sekitar leher …