Langsung ke konten utama

32 Bahaya dan Dampak Kopi untuk Kesehatan dan Tubuh

Minuman Penghilang rasa ngantuk  yang menjadi kegemaran banyak orang adalah kopi. Keberadaan kopi sudah menjadi pasokan utama sebagai minuman yang mudah ditemukan dan cukup murah. Beberapa varian kopi ada di nusantara juga sudah memiliki penggemar yang luar biasa.

Namun, jangan sampai kelebihan mengkonsumsi kopi ini. Zat paling berbahaya dan bisa mengganggu kesehatan adalah kandungan kafein didalam kopi. Rasa pahit dan warna nya gelap merupakan ciri khas yang mampu menyebabkan beberapa bahaya kesehatan.

32 Bahaya dan Dampak Kopi untuk Kesehatan dan Tubuh

Berikut ini beberapa bahaya minuman kopi bagi kesehatan yang mematikan :

1. Detak Jantung


sejatinya detak jantug secara normal memiliki ritme yang tetap. Jika seseorang mengkonsumsi kopi secara terus menerus maka akan mengakibatkan ritme jantung ini berubah ubah tidak tetap. Kandungan kafein dalam kopi mampu meningkatkan detak jantung. Jika inkonsistensi ini berkelanjutan bisa mengakibatkan gagal jantung yang berujung pada kematian.

2. Peningkatan Asam lambung


Konsumsi kopi secara berlebihan dapat meningkatkan asam lambung dengan cepat. Kandungan asam berlebih daam lambung mampu mengakbiatkan terjadinya gejala magh. Jika asam lambung berebih sangat berbahaya pada lapisan lambung yang bersifat sangat korosif. Efek awalnya perut akan terasa penuh dan menjadi sakit perih.

3. Metabolisme turun


Kandungan kafein dalam kopi juga mengakibatkan kekekbalan tubuh menurun. Kafein ini mampu mengikat nutrisi vitamin, mineral, dan cairan dalam tubuh. Jika hal ini dibirkan begitu saja, kemungkinan besar sistem matabolisme tubuh akan menurun seiring dosis dan konsumsi kopi yang berkelanjutan. Jika demikian, Anda akan lebih sering terserang penyakit.

4. Mengganggu Kesehatan Janin


Konsumsi kopi saat ini sudah merambah pada kaum perempuan. Perhatian yang perlu dicermati adalah bahaya ini. Jika seseorang wanita sedang hamil hindarkan konsumsi kopi. Hal ini berkaitan dengan kesehatan janin nantinya. kafein mampu menyerang plsenta, sirkulasi darah dan detak jantung pada janin. Fatalnya adalah bahaya keguguran jika tidak segera dihentikan konsumsinya.

5. Merusak Gigi


Hitam pekat dalam kopi akan menempel secara permanen dan berkelanjtan pada gigi seseorang yang suka meminumnya. Kopi ini juga mempercepat kerusakan gigi, seperti gigi berlubang dan sejenisnya. Parahnya adalah, menguningnya gigi yang nampak kotor dan tidak bagus untuk dilihat yang mengindikasikan banyaknya bakteri.

6. Peningkatan kadar kolesterol


Peningkatan kolesterol karena kadar trigliserida tinggi dalm tubuh dipicu meningkat oleh kopi. Sehingga kadar lemak tubuh meningkat dengan cepat dan penumpukan tidak dapat dihindarkan. Bahayanya adalah, pembuluh darah yang kian menyempit akibat penumpukan lemak ini. Jika demikian, bahaya stroke dan serangan jantung bisa mudah menimpa Anda.

7. Hipertensi


Bahaya bagi seseorang yang memiliki riwayat hipertensi. Jika orang sudah tahu mengalami penakit ini, kopi sangat tidak dianjurkan bagi penderita. Tekanan darah akan menignkat tajam dengan konsumsi kopi ini.

8. Mandul


Siapa sangka, hanya dnegan konsumsi kopi dapat mengakibatkan kemandulan. kemandulan ini tidak hanya bagi kaum lelaki saja, tetapi kesuburan wanita mampu dipengaruhi. Sewajarnya mengkonsumsi kopi akan sangat bijak di lakukan demi masa depan dan generasi Anda. 

9. Oesteoporosis


Resiko penyerapan kalsium dalam makanan juga bisa diakibatkan dengan konsumsi kopi berlebihan. Kandungan senyawa kafein dalam kopi mampu mengikat nutrisi di dalam makanan termasuk kalsium. Jika demikian, tubuh akan mengalami kekurangan kalsium dan bahaya osteoporosis bisa menimpa. Pengeroposan tulang akan lebih cepat terjadi terutama bagi wanita.

10. Kanker


Kanker ini akan menyerang kandung kemih dan ovarium. Penyebabnya adalah pengaruh kopi terhadap DNA yang memicu pertumbuhan kanker. Jadi perlu dipastikan kesehatan jangka panjang dalam berkepanjangan nantinya. Jangan sampai hanya menduruti gaya hidup semata tanpa sadar bahaya mengancam kesuburan dari resiko kanker ini.


Baca Juga: 17 Bahaya Konsumsi Minuman Bersoda untuk Ibu Hamil

beberapa bahaya mematikan lainya sebagai efek dari konsumsi kopi adalah :

11. endometriosis
12. Insomnia
13. Malnutrisi
14. Hilangnya selera makan
15. Badan Mengurus
16. Kecanduan
17. Pembesaran pembuluh darah
18. Kram otot
19. Perubahan Hormon
20. Gangguan Mood
21. Sisitem syaraf terganggu
22. Sembelit
23. Mual
24. Muntah
25. Susah BAB
26. Glaucoma
27. Keseimbangan lemak menurun
28. Suhu tubuh tidak stabil
29. Melemahnya sel otak
30. Stress
31. Iritasi Usus
32. Kekurangan Mineral

Menyikapi bahaya yang bisa diakibatkan hanya dengan secangkir kopi akan mematikan jika tidak dicegah sejak dini. Konsumsi kopi seperlunya saja agar kelak masa kesehatan Anda di masa depan akan jauh lebih lama.

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Dan Efek Samping Rokok Elektrik Vapor

Awalnya rokok elektronik atau vapor diciptakkan untuk mengurangi ketergantungan pada rokok tembakau, karena rokok tembakau sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, tetapi ternyata dampak rokok elektrik vapor juga sama berbahayanya seperti rokok tembakau. Dampak negatif rokok elektrik bagi kesehatan mungkin masih menjadi perdebatan bagi beberapa orang yang mengenal dunia kesehatan seperti dokter dan praktisi kesehatan lainya. Parahnya lagi, kita sering membaca di iklan cetak maupun media online jika electric cigarete adalah rokok aman dan di klaim bebas nikotin, tar juga aneka bahan berbahaya lainnya.

Bagian dari rokok elektrik terdapat penampung cairan atau liquid yang ketika dipanaskan akan menghasilkan uap yang berasap, Tombol power, drip, mods, dan alat pemanas yang digunakan untuk mengubah liquid menjadi uap asap. Penampung liquid tadi bisa diisi ulang. Larutan ini mengandung propilen glikol, gliserin, dan perasa. Larutan ini dipanaskan, kemudian muncul uap selayaknya asap. Sebag…

Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita

Penyebab Dan Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita. Panas dalam adalah gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh anak-anak dan bayi. Gangguan kesehatan yang ditandai dengan kondisi tubuh terasa panas dan bayi atau si anak akan membuat mereka merasa tidak nyaman, gairah bermain menjadi hilang, lesu, pandangan mata meredup, rewel, cengeng atau sering menangis, dan bermalas–malasan. Penyebab panas dalam dapat diakibatkan karena tubuh kita kekurangan vitamin c, konsumsi serat, dan cairan, juga dapat akibat konsumsi makanan yang terlalu panas, banyak mengandung minyak dan berlemak, faktor cuaca dan lingkungan yang berubah ubah secara tiba tiba terutama saat peralihan dari kemarau ke penghujan maupun sebaliknya, serta dapat bersumber pada gangguan lainnya seperti stres, ketidakstabilan hormon dalam tubuh, juga menurunnya daya tahan tubuh.

Panas dalam atau demam merupakan keluhan yang banyak terjadi khususnya pada bayi dan anak kecil karena panas dalam juga merupakan …

Cara Mengatasi Dan Mengobati Tengeng Pada Leher

Sakit leher atau tengeng sering dialami sebagian orang. Orang yang mengalami tengeng tersebut akan mengalami suatu keterbatasan yang terkadang dapat mengganggu dirinya dalam melakukan aktifitas sehari-hari, misalnya menolehkan kepala kekanan dan kekiri. Sehingga mereka akan bertanya-tanya kepada kawan atau kelurganya “leher tengeng apa obatnya?”. Dalam kasus seperti ini anda dapat mengobati sakit leher berdasarkan penyebabnya. Untuk yang masalah ringan anda hanya perlu melakukan tidakan tradisional seperti memijit leher yang sakit. domain name and web hosting packages
domain name registrant
Sebagian orang menyebut sakit tengeng ini dengan sebutan kenger. Penyebab umum penyakit tengeng adalah kesalahan posisi saat tidur. Posisi tidur yang tepat seharusnya mengistirahatkan otot-otot seluruh tubuh dimana posisi yang baik adalah dengan menggunakan punggung belakang. Selain itu, penggunaan bantal harus sampai bahu sehingga posisi leher dalam keadaan rileks sehingga otot-otot sekitar leher …