Langsung ke konten utama

10 Bahaya Air Isi Ulang untuk Kesehatan Yang Wajib Diketahui

Kebutuan akan air bersih didaerah perkotaan menjadi penting karena sulitnya mendapatkan air berkualitas ini. Tidak hanya di daerah pinggiran atau pedesaan saja ternyata kebutuhan air bersih untuk keperluan mandi dan minum diperkotaan justru lebih riskan.

Di pedesaan air minum memang sulit di cari, tetapi diperkotaan bahaya air minum yang perlu diketahui. terutama air isi ulang yang digunakan dalam keseharian untuk minum dan dikonsumsi. Jika tidak diteliti bagaimana kualitas air minum ini akan berbahaya kedepan demi kesehatan orang yang mengkonsumsinya setiap hari.

10 Bahaya Air Isi Ulang untuk Kesehatan Yang Wajib Diketahui

Berikut ini hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan air isi ulang terkait bahaya nya :

1. Berdebu akibat depot dipinggir Jalan


Kualitas air isi ulang siapa yang tau. Tetapi cerdik dalam memilihnya sebagai cara meminimalisir untuk mendapatkan kualitas terbaik harus dilakukan. Memilih depot yang terletak tidak dipinggir jalan perlu dilakukan. Jika depot kebanyakan berada dipinggir jalan, maka ada kemungkinan air yang digunakan tercemar polusi kendaraaan yang lalu lalang di sekitarnya. Apalagi debu yang lembut bisa menempel dan masuk dalam air isi ulang yang ingin dikonsumsi.

2. Lihat Proses Pembersihan Galon


Proses isi ulang sebagian besar penyedia depot air bersih melakukan pembersihan dilokasi. Bahayanya adalah sikat yang dipergunakan diganti penggunaanya dengan konsumen lain. Padahal kuman tersebut masih menempel dan penyimpanan sikatnya di luar ruangan. Hal yang sangat membahayakan akan menghampiri jika demikian dibiarkan begitu saja.

3. Pengisian yang kurang steril


Peralatan yahg dipergunakan akan sangat bberbahaya sebagai alat yang harus dijaga kebersihannya. Kemungkinan besar penyedia depot minuman air bersih tidak memberitahu konsumen jika pembeli tidak menanyakannya kapan depot ini melakukan peralatan penyulingan. Seperti kebersihan pipa, selang, tampungan, keran atau airnya. Jadi perlu perhatian lebih dalam melakukan konsumsi air isi ulang ini.

4. Penyedia Air


Penyedia air ini maksudnya adalah sumber air darimana asalnya. Jika diperkotaan besar, kemungkinan besar air berasala dari sumur bor saja. sewajarnya air bersih harus berasal dari pegunungan yang jernih airnya dan sangat bening. Apalagi alat yang digunakan seperti tanki kendaraan yang digunakan perlu diketahui kebersihanya. Inilah pertimbangan mengapa air isi ulang mebahayakan.

5. Pompa


Sirkulasi air dari tanki kendaraan ke tanki penampungan digunakan alat berupa pompa air. Kebersihan pompa ini harus dijaga. Biasanya penyedia depot air bersih hanya menggunakan diesel biasa yang belum jelas kadar besi atau minyak dapat masuk atau tidak dalam air.

6. Alat Penyaringan


Tulisan yang ada disetiap depot air minum biasanya ada yang RO atau Biasa Atau RO 2 dimana itu merumakan alat penyaringan yang dimiliki depot. Kebersihan alat penyaringan itu seharusnya dilakukan dengan 3 bulan sekali. Jika Anda merupakan konsumen yang suka menggunakan air isi ulang ini perlu menanyakan kapan terakhir alat penyaringan dilakukan pembersihan karena itu hak konsumen dan penting demi air yang dikonsumsi setiap hari.

Selain memperhatikan bagaimana bahaya depot air sebagai penyedia air bersih, perlu diketahui bagaimana bahaya konsumsi air isi ulang ini, diantaranya :

1. Penyakit Tifus


Penyakit ini berawal dari bakteri dan virus tifus yang ada dalam tubuh. Penyakit ini ada juga karena kurangnya kebersihan dan pola hidup yang perlu diatur. Beberapa diantara konsumsi air bersih yang diminum. Seperti air isi ulang bisa saja menyebabkan penyakit ini jika tidak jeli dalam membelinya.

2. Sakit Perut


Gangguan lain akibat kurangnya kebrsihan dalam mengkonsumsi makanan dan minuman menyebabkan penyakit perut. Diantaranya adalah rasa mual, muntah sampai lambung nyeri. bakteri dalam cairan air isi ulang kadarnya lebih tinggi dibanding air masak biasa. Karena air isi ulang belum dimasak terlebih dahulu dan kebersihannya diragukan.

3. Pusing


Gejala ini memrupakan indikasia awal bahwa dampak air bersih. Kebutuhan akan cairan tubuh yang kurang mampu mengakibatkan sakit kepala atau pusing. Kebersihan air ini akan menentukan kualitas minuman yang ingin dikonsumsi. Sehingga wajib di ketahui kejelasan dan asal usulnya.

4. Penyakit Diare


Parahnya kelibeihan bakeri ececia coli dalam cairan lambung dan usus mampu menyebabkan diare. Kelebihan bakteri ini wajar menyebabkan penyakit diare. Anda akan sering ke kamar mandi dan buang air besar dalam fases berupa cair dan perut terasa panas.


Baca Juga: 32 Bahaya dan Dampak Kopi untuk Kesehatan dan Tubuh

Bahaya air isi ulang perlu diwaspadai demi kelancaran aktivitas tubuh agar semua berjalan lancar. Apalagi air isi ulang yang jauh lebih murah harganya sering menjebak akan kebutuhan air bersih untuk tubuh.

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Dan Efek Samping Rokok Elektrik Vapor

Awalnya rokok elektronik atau vapor diciptakkan untuk mengurangi ketergantungan pada rokok tembakau, karena rokok tembakau sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, tetapi ternyata dampak rokok elektrik vapor juga sama berbahayanya seperti rokok tembakau. Dampak negatif rokok elektrik bagi kesehatan mungkin masih menjadi perdebatan bagi beberapa orang yang mengenal dunia kesehatan seperti dokter dan praktisi kesehatan lainya. Parahnya lagi, kita sering membaca di iklan cetak maupun media online jika electric cigarete adalah rokok aman dan di klaim bebas nikotin, tar juga aneka bahan berbahaya lainnya.

Bagian dari rokok elektrik terdapat penampung cairan atau liquid yang ketika dipanaskan akan menghasilkan uap yang berasap, Tombol power, drip, mods, dan alat pemanas yang digunakan untuk mengubah liquid menjadi uap asap. Penampung liquid tadi bisa diisi ulang. Larutan ini mengandung propilen glikol, gliserin, dan perasa. Larutan ini dipanaskan, kemudian muncul uap selayaknya asap. Sebag…

Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita

Penyebab Dan Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita. Panas dalam adalah gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh anak-anak dan bayi. Gangguan kesehatan yang ditandai dengan kondisi tubuh terasa panas dan bayi atau si anak akan membuat mereka merasa tidak nyaman, gairah bermain menjadi hilang, lesu, pandangan mata meredup, rewel, cengeng atau sering menangis, dan bermalas–malasan. Penyebab panas dalam dapat diakibatkan karena tubuh kita kekurangan vitamin c, konsumsi serat, dan cairan, juga dapat akibat konsumsi makanan yang terlalu panas, banyak mengandung minyak dan berlemak, faktor cuaca dan lingkungan yang berubah ubah secara tiba tiba terutama saat peralihan dari kemarau ke penghujan maupun sebaliknya, serta dapat bersumber pada gangguan lainnya seperti stres, ketidakstabilan hormon dalam tubuh, juga menurunnya daya tahan tubuh.

Panas dalam atau demam merupakan keluhan yang banyak terjadi khususnya pada bayi dan anak kecil karena panas dalam juga merupakan …

Cara Mengatasi Dan Mengobati Tengeng Pada Leher

Sakit leher atau tengeng sering dialami sebagian orang. Orang yang mengalami tengeng tersebut akan mengalami suatu keterbatasan yang terkadang dapat mengganggu dirinya dalam melakukan aktifitas sehari-hari, misalnya menolehkan kepala kekanan dan kekiri. Sehingga mereka akan bertanya-tanya kepada kawan atau kelurganya “leher tengeng apa obatnya?”. Dalam kasus seperti ini anda dapat mengobati sakit leher berdasarkan penyebabnya. Untuk yang masalah ringan anda hanya perlu melakukan tidakan tradisional seperti memijit leher yang sakit. domain name and web hosting packages
domain name registrant
Sebagian orang menyebut sakit tengeng ini dengan sebutan kenger. Penyebab umum penyakit tengeng adalah kesalahan posisi saat tidur. Posisi tidur yang tepat seharusnya mengistirahatkan otot-otot seluruh tubuh dimana posisi yang baik adalah dengan menggunakan punggung belakang. Selain itu, penggunaan bantal harus sampai bahu sehingga posisi leher dalam keadaan rileks sehingga otot-otot sekitar leher …