Langsung ke konten utama

9 Rincian Biaya Kuliah dan Jurusan di Universitas Pancasila

Pendidikan merupakan pondasi yang kuat dari sebuah masa depan. Selain perlu adanya doa dan usaha, pendidikan menjadikan seseorang lebih baik dari segi pengetahuan dan sisi kemanusiaannya. Jika anda sedang pada tahapan baru di dunia pendidikan, melanjutkannya ke jenjang yang lebih tinggi tentu sesuatu yang membanggakan. Berikut merupakan biaya kuliah dan jurusan di universitas pancasila.

Universitas pancasila bisa menjadi salah satu referensi perguruan tinggi dalam menempuh pendidikan segala jurusan. Sebelum mendaftar, baiknya anda mengetahui berapa biaya kuliah dan jurusan di universitas pancasila. Siapkan dana pendidikan anda dengan baik.


1. Jurusan dan Biaya Kuliah di Universitas Pancasila


Kampus ini merupakan kampus swasta yang tertua di Jakarta. Universitas Pancasila memiliki ragam jenjang pendidikan mulai dari D3, S1, S2 hingga S3 ada juga program profesi yang melengkapinya. Untuk program Diploma sendiri memiliki 4 fakultas, sedangkan untuk Sarjana adalah 7 fakultas. Bagi anda yang ingin melanjutkan program Magister, di Universitas Pancasila memiliki 7 program. Dibawah ini merupakan biaya kuliah untuk jenjang sarjana.

2. Biaya Kuliah di Universitas Pancasila Fakultas Hukum


Anda yang memiliki minat dan concern di bidang hukum, fakultas yang satu ini terbilang cukup
bagus. Dari awal memang telah disarankan untuk menyiapkan dana pendidikan agar anda bisa bersiap – siap masuk di perguruan tinggi dengan jurusan yang anda sukai. Untuk fakultas hukum, biaya semester 1 hingga semester 2 sebesar Rp. 14.412.500. sementara semester 3 sampai semester 4 mencapai Rp. 14.112.500 dan di semester 5 hingga semester 8 sebesar Rp. 7.687.500.

3. Biaya Kuliah dan Jurusan di Universitas Pancasila untuk Fakultas Ekonomi


Fakultas ekonomi dan bisnis merupakan salah satu fakultas favorite di universitas pancasila. Anda yang memiliki ketertarikan di dunia bisnis dan ekonomi, bisa mempertimbangkan pilihan anda di sini. Biaya kuliah di universitas pancasila di fakultas ekonomi untuk semester 1 hingga 2 sebesar Rp. 13.375.000. Sementara di semester 3 hingga 4 sebesar Rp. 13.075.000. Dan di semester 5 hingga 8 mencapai Rp. 6.650.000.

4. Biaya Kuliah di Universitas Pancasila Fakultas Teknik


Selain dua fakultas yang disebut sebelumnya, fakultas teknik di universitas pancasila tergolong bagus. Sama dengan fakulatas – fakultas lainnya, untuk biaya semester tentu berbeda. Di semester 1 hingga 4 anda harus mengeluarkan biaya Rp. 13.334.000. dan di semester 5 hingga 8 mencapai Rp. 6.700.000.

5. Biaya Kuliah di Universitas Pancasila Fakultas Farmasi

Fakultas selanjutnya mungkin yang paling terjangkau. Dengan fakultas farmasi, anda bisa menekuni dunia ini cukup murah. Biaya semester 1 hingga 8 mencapai Rp. 7.910.000. sebaiknya dalam menentukan fakultas didasari dengan kemampuan anda dalam pengetahuan dan ketrampilan.

6. Biaya Kuliah di Universitas Pancasila Fakultas Pariwisata


Fakultas yang berikutnya di Universitas Pancasila menjad terjangkau ke dua. Anda perlu menyiapkan biaya kurang lebih sekitar Rp. 7.372.000 untuk semester 1 sampai semester 8. Tergolong murah bukan ? Anda bisa mempertimbangkan minat dan bakat anda yang akan terasah jika memilih fakultas pariwisata di universitas ini.

7. Biaya di Fakultas Komunikasi Universitas Pancasila


Memiliki hobby dan minat di bidang komunikasi tentu baiknya anda teruskan. Artinya, kemampuan anda akan lebih terasah ketika menekuninya di bangku kuliah. Biaya semesteer 1 hingga 2 di universitas pancasila fakultas komunikasi sebesar Rp. 14.386.250. Kemudian untuk semester 3 hingga 4 mencapai Rp. 14.056.250. Lalu di semester 5 hingga 8 mencapai Rp. 7.131.250.

8. Biaya Kuliah di Universitas Pancasila Fakultas Psikologi


Banyak orang yang menyukai bidang psikologi. Tapi tidak banyak yang mau menekuninya di bangku kuliah. Jika anda menjadi salah satu orang yang tertarik pada ilmu ini maka jangan sia – sia kan keinginan dan kemampuan anda. Di universitas pancasila, biaya kuliah dan jurusan di universitas pancasila untuk fakultas ini tergolong murah. Dari semester 1 hingga 8 mencapai Rp. 7.360.000.

Perlu anda ketahui bahwa biaya yang tertulis tersebut belum termasuk biaya daftar ulang per tahun, kemudian biaya bimbingan skripsi dan wisuda, serta biaya untuk ijazah. Namun, biaya sudah termasuk biaya kursus bahasa Inggris LIA Level 1 sampai dengan Level 4 tingkat dasar, jaket almamater, dan asuransi selama anda berkuliah di Universitas Pancasila.

9. Syarat dan Ketentuan Pendaftaran di Universitas Pancasila


Sebelum anda melanjutkan studi ke Universitas Pancasila, tentu setiap universitas memiliki beberapa persyaratan yang wajib untuk tiap calon mahasiswa – mahasiswinya dalam memenuhinya. Beberapa persyaratan tersebut diantaranya seperti : anda merupakan lulusan SMA/SMK/MA/MAK negeri maupun swasta dalam negeri. Kemudian, lulusan setara SMA luar negeri yang telah mendapat surat keterangan kesetaraan dari Kemendikbud atau Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang ada.

Selain itu, anda juga telah memiliki Surat Keterangan Kerja (SKK) dari tempat asal kerja (jika anda sedang bekerja). Sementara untuk mahasiswa pindahan, anda harus mengisi formulir pendaftaran online. Kemudian pastikan anda melakukan Konversi Mata Kuliah Ke Program Studi Universitas Pancasila. Selain itu perguruan tinggi asal harus terdaftar di Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT) dan memiliki Surat Keterangan dari perguruan tinggi asal.

Setelah anda memenuhi syarat dan ketentuan sebelumnya, hal yang tidak kalah penting adalah membayar biaya pendaftaran sebesar Rp300.000 untuk program Reguler maupun Reguler Khusus. Pastikan terlebih dahulu anda mengetahui betul sedang mengambil program yang mana.


Baca Juga: 13 Rincian Biaya Kuliah dan Jurusan di Universitas Trisakti
 

Jika anda ingin mendapatkan informasi lebih lanjut, anda bisa menghubungi kontak di Sekretariat PMB UP, Gedung Rektorat Lantai 1, Jalan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Nomor teleponnya di (021) 78880305, 7874344, 98880038, 7270086 (ext. 139 atau 123). Ingat bahwa biaya yang telah disebutkan diataas akan berbeda setiap tahunnya.

Tidak semua orang bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Ada yang karena terkendala biaya dan jarak. Namun, ketika anda memiliki niat yang kuat maka jangan lupa bahwa sekarang banyak beasiswa. Hal ini bisa anda manfaatkan betul untuk membiayai kuliah anda. Pilih fakultas yang anda gemari atau sesuai dengan kemampuan anda.

Sebab, kuliah merupakan lompatan terbesar dalam dunia pendidikan. Persiapkan masa depan anda dengan baik melalui kuliah. Dengan mengetahui biaya kuliah dan jurusan di universitas pancasila, semoga hal ini membantu anda memperkirakan biaya seutuhnya ketika kuliah.