Langsung ke konten utama

5 Dampak Berciuman dengan Perokok yang Perlu Diwaspadai

Negera Indonesia sudah dikenal sebagai negara produsen rokok terbesar didunia. Rokok Ini bagi masyarakat indonesia sudah menjadi kebutuhan bahkan menjadi adat bagi sebagian suku di wilayah indonesia. Kebutuhan akan rokok pun dengan sendirinya akan terus bertambah.

Padahal, sudah dijelaskan mengenai bahaya rokok yang tertera dalam bungkus bahkan iklan kesehatan masyarakat mengenai bahaya rokok. Terlebih lagi, pemerintah secara ekplisit menjelaskan larangan mengenai perokok untuk tidak merokok di tempat umum. Keseriusan ini ternyata tidak menjadikan para perokok berhenti untuk menghisapnya.

5 Dampak Berciuman dengan Perokok yang Perlu Diwaspadai

Efek negatif rokok bagi kesehatan jelas penting untuk dipahami, begitupun bagi pasangan yang masih merokok. Ada efek berciuman dengan perokok yang menyebabkan gangguan pada kesehatan, apa saja ? berikut pemaparanya dibawah ini :

1. Mulut Bau


Akibat Anda berciuman pada seseorang yang perokok mulut Anda akan berbau. karena pada dasarnya rokok yang dihisap oleh pasangan Anda atau siapapun itu meninggalkan zat yang susah untuk hilang. seperti nikotin dan tar pada rokok esensial biasanya melkat jauh lama di mulut.

Ini yang menyebabkan mulut Anda ikut berbau rokok. Selain itu, Anda akan merasakan pahit karena kedua zat tersebut. Berhati hati saat Anda berciuman dengan orang seperti perokok ini, lebih baik suruh membersihkan dulu sebelum Anda mencium pasangan Anda agar kemesraan tetap terjaga.

2. Permasalhan Gigi dan Gusi


Bagi perokok aktif, permasalahan gigi dan gusi sudah tidak bisa dipungkiri lagi. Kebanyakan dari perkok pasti memiliki gigi yang cenderung kuning dan berbau. Aplagi gusi yang ada lebih mudah keropos. Hal ini memang tidak serta merta langsung dirasakan, perlu proses dan jangka panjang. tetapi bagi perokok pasif, menghirup asapnya saja sudah tidak baik apalagi berciuman dengan perokok.

Ada sebuah bakteri bernama streptococcus yang dapat menular pada orang lain dan mampu merusak gigi dan gusi. Bakteri ini bisa berpindah melalui air liur dan mampu berkembang biak secara cepat pada orang yang merokok. Jadi, berhati hatilah saat Anda berciuman dengan seseorang yang merokok. Usahakan bersihkan dulu dengan menggosok gigi atau berkumur dengan pencuci mulut agar lebih aman dan menyehatkan.

3. Permasalahan tenggorokan


Sama hal nya dengan penykit gigi dan gusi. Transfer bakteri melalui air liur saat beciuman bisa menyebabkan Anda juga terkena sakit tenggorokan. Biasanya hal ini terjadi ketika seorang perokok merasa sakit pada tenggorokannya. Karena tidak bisa dipungkiri permasalahan tenggorokan sering melAnda perokok. Timbulnya pembengkakan atau radang tenggorokan bahkan sampai kanker tenggorokan bisa saja terjadi pada perokok.

Bahayanya adalah virus dan bakteri kanker yang bisa berpindah kepada bukan perokok tersebut. Lebih baik rayu dan bujuk pasangan Anda agar tidak merokok. Selain menjaga keharmonisan keluarga, uang untuk beli rokok bisa di simpan dan ditabung untuk kebutuhan lainya. Tambah lagi kesehatan Anda dan pasangan Anda akan jauh lebih baik dari pada sekedar mengikuti gaya hidup dengan merokok.

4. Hilangnya Bakteri baik dalam mulut


Ekstrimnya memang hilangnya bakteri baik dalam mulut, tetapi lebih condong pada penurunan bakteri baik ini. berciuman dengan perokok ini mengakibatkan jumlah bakteri jahat meningkat sehingga bakteri proteobacteria dalam mulut akan menurun jumlahnya. Bakteri tersebut sejatinya bermanfaat untuk menetralisir racun. Keberadaannya akan terus menurun jika Anda merokok bahkan Anda berciuman dengan perokok. Bisa saja Anda menyepelekan hal ini jika ingin mulut Anda bermasalah.

5. Peningkatan Jumlah Bakteri jahat


Sudah disinggung di atas tadi, bahwa perokok akan meningkatkan bakteri jahat dalam mulut. normalnya bagi seseorang sehat dan bukan perokok jumlah nakteri dalam mulut sekitar 600 jenis. Sedangkan jika orang merokok dapat meningkat jumlahnya. Efek ini juga akan mengalami Anda ketika berciuman dengan perokok. Anda juga akan mengambil resiko dan akibat berciuman tersebut. Bakteri dalam mulut Anda juga akan ikut bertambah apalagi Anda berciuman bibir.

Baca Juga: 27 Ciri Khas Rumah Tidak Sehat yang Dilarang Dijadikan Hunian

Pilihan merokok dan tidak merokok itu ada ditangan Anda. Jika Anda lebih peduli dengan kesehatan, lebih baik Anda segera hentikan gaya hidup merokok atau jangan sekali kali memulainya. Karena dengan merokok Anda akan rugi diri sendiri dan dapat merugikan orang lain walapaun itu hanya asapnya saja atau sekedar berciuman dengan pasangan Anda.