Langsung ke konten utama

15 Obat Infeksi Saluran Kemih Paling Mujarab

Obat Infeksi Saluran Kemih - Ginjal adalah salah satu organ penting tubuh yang bertugas menyaring dan mengeluarkan zat berbahaya dan beracun melalui urine. Infeksi pada saluran kemih dapat menyebabkan gagal ginjal. Gunakan obat infeksi saluran kemih agar mencegah penyakit ginjal.

Infeksi saluran kemih lebih sering dialami oleh wanita. Alasannya adalah karena letak uretra dan anus yang berdekatan. Saluran kemih terdiri dari ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra. Adanya infeksi menunjukkan serangan jamur, bakteri, atau virus pada saluran ini, sementara imunitas tubuh tidak mampu lagi melawannya. Simak obat infeksi saluran kemih berikut ini.

Obat Infeksi Saluran Kemih


1. Air Putih


Minum air putih secara teratur setiap hari bisa menjadi obat infeksi saluran kemih awal. Delapan hingga sepuluh gelas per hari dapat membantu menghilangkan bakteri melalui urine yang dikeluarkan. Dengan meminum banyak air putih, urine akan lebih sering dikeluarkan dan urine menjadi lebih tidak pekat, pertanda bakteri penyebab infeksi dikeluarkan, sehingga membantu pulih lebih cepat.

2. Peterseli


Peterseli dapat digunakan sebagai obat infeksi saluran kemih karena kaya akan sodium, potasium, riboflavin, tiamin, zat tembaga, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. Jus peterseli adalah solusi terbaik untuk membersihkan racun yang ada pada ginjal.

Rebus 10 lembar daun peterseli dengan air secukupnya hingga mendidih selama beberapa saat. Saring, dan minum airnya setelah dingin. Jus peterseli dapat menjadi obat rumahan yang efektif untuk menyembuhkan infeksi saluran kemih.

3. Jahe


Jahe mengandung gingerol yang merupakan antibakteri kuat, sehingga mampu melawan aktivitas bakteri dalam ginjal. Wedang jahe dapat membantu mengobati infeksi saluran kemih. Cukup minum wedang jahe hangat secara rutin pada pagi dan malam hari.

4. Kumis Kucing


Rebus 10 lembar daun kumis kucing bersama air secukupnya. Biarkan air mendidih selama beberapa menit, lalu angkat. Minum airnya selagi hangat, dua kali sehari masing-masing setengah gelas.

5. Kunyit


Rempah ini mengandung zat kurkumin yang memiliki sifat anti-jamur, anti-inflamasi, dan anti-bakteri. Ketiga sifat zat ini berperan untuk menghambat seluruh jenis mikroba, sehingga kunyit efektif dalam mengobati infeksi saluran kemih. Caranya, cukup minum susu yang dicampur dengan bubuk kunyit.

6. Vitamin C


Buah jeruk mengandung vitamin C yang berlimpah, yang berguna untuk meningkatkan jumlah asam pada ginjal. Hal ini penting untuk mengobati infeksi saluran kemih karena bakteri akan sulit untuk tumbuh dan berkembang. Waktu yang paling dianjurkan untuk mengkonsumsi buah bervitamin C adalah setiap pagi hari setelah sarapan.

7. Cuka Sari Apel


Cuka sari apel merupakan sumber kalium yang dapat mencegah pertumbuhan dan perkembangan bakteri penyebab infeksi saluran kemih. Tambahkan 2 sendok makan cuka sari apel dalam segelas air. Bisa dipermanis dengan menambahkan madu. Minum dua kali sehari selama beberapa hari.

8. Baking Soda


Baking soda atau soda kue dapat meningkatkan asam-basa urine yang bersifat asam dan meredakan nyeri. Menetralkan keasaman urine juga akan membantu mempercepat pemulihan. Cukup tambahkan satu sendok the baking soda dalam segelas air dan minum sekali atau dua kali sehari.

9. Blueberry


Blueberry, atau Vaccinium corymbosum, adalah tanaman semak asli Amerika Utara. Buah ini memiliki sifat menghambat bakteri sehingga dapat membantu dalam pengobatan infeksi saluran kemih. Antioksidan dalam blueberry baik untuk imunitas.

10. Nanas


Makan secangkir nanas secara teratur dapat membantu mencegah infeksi saluran kemih. Dapat juga dilakukan dengan membuat jus dari setengah buah nanas lalu meminumnya. Cara terbaik adalah menggunakan nanas segar karena buah kalengan kemungkinan besar telah terpapar bahan pengawet.


Bahan-bahan obat infeksi saluran kemih di atas hanya membantu mengurangi tingkat keparahan infeksi. Iringi pengobatan ini dengan obat bawaan dokter. Bahan-bahan lainnya yang dapat digunakan sebagai obat infeksi saluran kemih adalah:

11. Jus Cranberry
12. Probiotik

Selain mengkonsumsi obat infeksi saluran kemih, jaga selalu kebersihan organ tubuh terutama setelah buang air. Kurangi mandi dengan menggunakan bathtub. Sebagai gantinya, gunakan gayung atau siram tubuh dengan air yang keluar dari shower.

Postingan populer dari blog ini

Bahaya Dan Efek Samping Rokok Elektrik Vapor

Awalnya rokok elektronik atau vapor diciptakkan untuk mengurangi ketergantungan pada rokok tembakau, karena rokok tembakau sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, tetapi ternyata dampak rokok elektrik vapor juga sama berbahayanya seperti rokok tembakau. Dampak negatif rokok elektrik bagi kesehatan mungkin masih menjadi perdebatan bagi beberapa orang yang mengenal dunia kesehatan seperti dokter dan praktisi kesehatan lainya. Parahnya lagi, kita sering membaca di iklan cetak maupun media online jika electric cigarete adalah rokok aman dan di klaim bebas nikotin, tar juga aneka bahan berbahaya lainnya.

Bagian dari rokok elektrik terdapat penampung cairan atau liquid yang ketika dipanaskan akan menghasilkan uap yang berasap, Tombol power, drip, mods, dan alat pemanas yang digunakan untuk mengubah liquid menjadi uap asap. Penampung liquid tadi bisa diisi ulang. Larutan ini mengandung propilen glikol, gliserin, dan perasa. Larutan ini dipanaskan, kemudian muncul uap selayaknya asap. Sebag…

Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita

Penyebab Dan Cara Mengobati Panas Dalam Pada Bayi Dan Anak Balita. Panas dalam adalah gangguan kesehatan yang cukup sering dialami oleh anak-anak dan bayi. Gangguan kesehatan yang ditandai dengan kondisi tubuh terasa panas dan bayi atau si anak akan membuat mereka merasa tidak nyaman, gairah bermain menjadi hilang, lesu, pandangan mata meredup, rewel, cengeng atau sering menangis, dan bermalas–malasan. Penyebab panas dalam dapat diakibatkan karena tubuh kita kekurangan vitamin c, konsumsi serat, dan cairan, juga dapat akibat konsumsi makanan yang terlalu panas, banyak mengandung minyak dan berlemak, faktor cuaca dan lingkungan yang berubah ubah secara tiba tiba terutama saat peralihan dari kemarau ke penghujan maupun sebaliknya, serta dapat bersumber pada gangguan lainnya seperti stres, ketidakstabilan hormon dalam tubuh, juga menurunnya daya tahan tubuh.

Panas dalam atau demam merupakan keluhan yang banyak terjadi khususnya pada bayi dan anak kecil karena panas dalam juga merupakan …

Cara Mengatasi Dan Mengobati Tengeng Pada Leher

Sakit leher atau tengeng sering dialami sebagian orang. Orang yang mengalami tengeng tersebut akan mengalami suatu keterbatasan yang terkadang dapat mengganggu dirinya dalam melakukan aktifitas sehari-hari, misalnya menolehkan kepala kekanan dan kekiri. Sehingga mereka akan bertanya-tanya kepada kawan atau kelurganya “leher tengeng apa obatnya?”. Dalam kasus seperti ini anda dapat mengobati sakit leher berdasarkan penyebabnya. Untuk yang masalah ringan anda hanya perlu melakukan tidakan tradisional seperti memijit leher yang sakit. domain name and web hosting packages
domain name registrant
Sebagian orang menyebut sakit tengeng ini dengan sebutan kenger. Penyebab umum penyakit tengeng adalah kesalahan posisi saat tidur. Posisi tidur yang tepat seharusnya mengistirahatkan otot-otot seluruh tubuh dimana posisi yang baik adalah dengan menggunakan punggung belakang. Selain itu, penggunaan bantal harus sampai bahu sehingga posisi leher dalam keadaan rileks sehingga otot-otot sekitar leher …