12 Jenis Vitamin dan Akibat Kelebihan Konsumsinya untuk Tubuh

Kelebihan konsumsi vitamin justru akan membuat tubuh Anda mengalami banyak efek samping atau akibatnya. Tubuh Anda memang membutuhkan vitamin namun dalam jumlah atau kadar yang tidak berlebihan. Vitamin sangat bermanfaat untuk membantu Anda mencegah timbulnya penyakit karena kandungan senyawa dalam vitamin sangat ampuh untuk meningkatkan imun tubuh.

Seseorang dengan aktivitas yang cukup padat setiap harinya memang membutuhkan asupan vitamin agar tubuhnya tidak mudah terserang penyakit. Namun terkadang banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka sudah terlalu banyak mengonsumsi vitamin setiap harinya. Apalagi jika vitamin yang dikonsumsi merupakan jenis vitamin yang didapatkan dari suplemen kimia.

12 Jenis Vitamin dan Akibat Kelebihan Konsumsinya untuk Tubuh

Sebelum Anda terserang efek buruk dari kelebihan konsumsi vitamin, ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu akibatnya untuk tubuh.

1. Vitamin A


Vitamin A memang bagus untuk kesehatan mata Anda, namun Anda juga akan mengalami dampak buruk jika mengonsumsinya dengan berlebihan. Beberapa dampak buruknya yaitu sakit kepala, mual dan muntah, nyeri perut, depresi, mudah mengantuk, gangguan tidur, dan juga gangguan organ hati.

2. Vitamin B1


Kesehatan pembuluh darah Anda dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi vitamin B1. Namun konsumsi vitamin ini jika berlebihan akan membuat tubuh Anda mengalami sesak nafas, nyeri dada, tenggorokan kering, bekunya darah di kulit, dan gatal-gatal di sekitar tubuh.

3. Vitamin B2


Konsumsi vitamin B2 dengan wajar akan membuat imun tubuh Anda lebih kuat sehingga Anda tidak mudah diserang penyakit. Sedangkan dampak buruk dari konsumsinya yang berlebihan yaitu peka terhadap cahaya, gangguan reproduksi, sampai dengan kelelahan otot.

4. Vitamin B3


Niacin atau yang lebih sering dikenal sebagai vitamin B3 merupakan jenis vitamin B yang melindungi kesehatan otak dan meningkatkan daya ingat. Ada beberapa dampak buruk dari konsumsi vitamin ini yang berlebihan seperti sakit kepala, mudah pingsan, urin berwarna gelap, dan juga gangguan kesehatan kulit.

5. Vitamin B5


Organ hati yang sehat dan sel darah merah yang cukup bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi vitamin B5. Tapi ada kemungkinan besar Anda akan mengalami beberaoa gangguan seperti gangguan tidur, gangguan pencernaan sampai dengan gangguan suasana hati jika terlalu banyak mengonsumsinya.

6. Vitamin B6


Jenis vitamin yang baik untuk ibu hamil dan menyehatkan syaraf di tubuh yaitu vitamin B6. Vitamin ini dapat memberikan dampak buruk jika Anda tidak memperhatikan dosisnya seperti alergi, kurang nafsu makan, kesehatan syaraf terganggu, dan juga kesemutan.

7. Vitamin B9


Stroke, penyakit jantung, dan penyakit darah tinggi bisa dicegah jika Anda rajin mengonsumsi vitamin B9. Penggunaan vitamin ini juga perlu lebih hati-hati karena kelebihan vitamin ini di dalam tubuh dapat membuat
kinerja jantung Anda menurun, demam, sesak nafas, dan gejala stroke mendadak.

8. Vitamin B12


Penyakit kanker bisa dicegah sejak dini jika Anda rajin mengonsumsi vitamin B12. Namun vitamin B ini sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu banyak karena dapat memicu gangguan syaraf, kesemutan pada kaki, dan juga resiko kanker prostat.

9. Vitamin C


Kekebalan tubuh Anda bisa diperkuat jika Anda mencukupi kebutuhan vitamin C pada tubuh. Kebutuhan ini harus sesuai dengan kondisi tubuh tentunya, karena Anda juga dapat mengalami efek kelebihan konsumsinya seperti batu ginjal, gangguan saluran pencernaan, dan masih banyak lagi.

10. Vitamin D


Anda bisa dengan mudah menerima vitamin D secara langsung dari sinar matahari. Vitamin ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang dan otot. Namun dampak buruk dari vitamin D dapat mempengaruhi kesehatan emosi Anda, serta membuat beberapa bagian di tubuh Anda menjadi bengkak.

Baca Juga: 7 Obat Batuk Alami untuk Mengatasi Gejala Batuk

Selain jenis vitamin di atas, masih ada jenis vitamin lainnya yang dapat memberikan efek buruk ke tubuh jika dikonsumsi berlebihan, yaitu:

11. Vitamin E, memicu diare, sakit kepala, dan gangguan penglihatan.
12. Vitamin K, menyebabkan kerusakan organ hati dan juga ginjal.

Lalu bagaimana cara yang baik untuk mengonsumsi vitamin yang kita butuhkan? Mulailah memperkirakan kadar vitamin yang Anda butuhkan setiap hari. Jangan lupa untuk memeriksakan diri terlebih dahulu ke dokter agar Anda tidak salah dalam mengonsumsi jenis vitamin. Jika semua hal tersebut Anda lakukan, maka Anda akan terhindar dari bahaya kelebihan konsumsi vitamin.

Loading...
Loading...

Ketentuan berkomentar :

* Dilarang menautkan link aktif maupun link mati

* Dilarang berkomentar yang Di Luar Topik (OOT)
EmoticonEmoticon