Langsung ke konten utama

15 Tips Mengatasi Tidur Ngiler yang Paling Efektif

Kebiasaan ini mungkin tidak bisa disadari, karena ngiler adalah hal paling mengganggu dalam tidur Anda. Memang kelihatanya sepele, tetapi jika tidak segera diatasi mungkin Anda kan stres akibat malu. Terlebih lagi seseorang yang tidur ngiler berdampak pada kebersihan tempat tidur Anda.

Khususnya sarung bantal, kasur sampai guling. Kebiasaan ini juga berakibat pada kepercayaan diri jika terjadi disaat tidak tepat. Misalnya Anda sedang ektiduran ditempat umum atau berada dalam kereta dan bus. Nah, untuk mengatasi itu ada beberapa cara dibawah ini yang ampuh mengatasi ngiler Anda.

15 Tips Mengatasi Tidur Ngiler yang Paling Efektif

Semoga tips di bawah ini bisa bermanfaat dan Anda dapat tidur dengan nyaman tanpa terkaget oleh kebiasaan ngiler.

1. Tambah ketinggian bantal


Menambah ketinggian bantal merupakan cara yang cukup ampuh untuk mengatasi permasalahan ngiler. Selain mengurangi resiko ngiler, biasanya hal ini dilakukan untuk menambah kenyamanan dalam tidur Anda. Tujuan lain dari menaikkan ketinggian bantal juga mengurangi resiko pegal pada area leher Anda.

2. Napas melalui hidung


Usahakan pernafasan dalam tidur Anda adalah melalui hidung. Permasalahan ngiler dalam tidur Anda banyak dialami karena bernafas menggunakan mulut. sejatinya kebiasaan bernafas menggunakan mulut dalam tidur juga memiliki dampak yang beragam. Kondisi mulut yang cepat kering serta beresiko masuknya serangga yang tanpa disadari akan masuk kedalam tubuh Anda. Sangat menjijikan jika seekor kecoa masuk kedalam mulut Anda dan kencing. Maka bibir Anda akan membengkak akibat serangga tersebut.

3. Terlentang


Posisikan tubuh Anda dalam keadaan terlentang. Posisi ini merupakan posisi terbaik sebagai cara mengatasi permasalahan ngiler Anda. Tahukan Anda, jika poisis miring lebih beresiko Anda ngiler dalam tidur. Biasanya seseorang lebih beresiko membuka mulut dan Anda akan ngiler dengan sendirinya.

4. Atur pernapasan


Mengatur pernafasan juga dapat Anda lakukan sebagai cara mengatasi permasalahan ngiler Anda. Melatih pernafasan dalam Anda dengan menahan sepuluh hitungan pada saat menarik nafas dan menghempaskanya dapat membuat Anda lebih rileks dan terhindar dari stres. selain itu, melatih pernafasan ini juga membuat Anda lebih sempurna dan memperlancar pernafasan melalui hidung Anda. Sehingga, secara otomatis Anda terbiasa menggunakan pernafasan hidung untuk terhindar dari permasalahan ngiler.

5. Aroma terapi


Memberi rangsangan aroma terapi juga dapat dilakukan untuk mengatasi permasalhan ngiler Anda. Rangsangan aroma ini dapat Anda oleskan pada area hidung Anda sehingga Anda akan lebih rileks dalam tidur dan cepat pulas. Hal ini lah yang membantu Anda terhindar dari permasalahan ngiler

6.Menghirup uap air panas


Memberi uap air panas pada hidung juga berpengaruh secara medis membantu mengurangi lendir dan air pada area pernafasan Anda. Penguapan ini dimaksudkan untuk membuang beberapa endapan yang sudah ada dalam area mulut dan hidung agar dapat dibuang sebelum Anda tidur. Sehingga ketika tidur, minimnya cairan dalam mulut Anda dapat mencegah resiko ngiler.

7. Gosok gigi


Berkumur dan menggosok gigi juga dapat dilakukan untuk mengurangi permasalahan ngiler Anda. Dengan menggosok gigi sebelum tidur dan melakukan kumur maka bakteri dalam mulut akan sirna. Anda juga terhindar dari pngeroposan gigi dan gigi berlubang

8. Minum air putih


Minum segelas air putih sebelum tidur juga dapat mengurangi rongga mulut yang kering dan menyehatkan.  Rongga mulut yang lembab akan tetap terjaga sehingga kualitas tidur Anda juga akan terjaga. Kondisi mulut yang lembab juga mengurangi resiko mulut terbuka pada saat Anda tertidur.

9. Kurangi konsumsi obat


Mengurangi obat tertentu dari penyakit yang sedang Anda derita. Memang konsumsi obat untuk proses penyembuhan penyakit Anda harus dilakukan. Tetapi, jika penyakit Anda sudah sembuh segera hentikan konsumsi obat sesuai anjuran dokter. Hal ini berkaitan dengan beberapa obat bisa saja menyababkan Anda ngiler saat tidur.

10. Istirahat cukup


Beristirahat dengan cukup juga mampu menyehatkan dan menjaga metabolisme tubuh. keseringan dalam begadang dan sebagainya dapat merubah pola tidur Anda sehingga Anda merasa tidak nyaman. Pola tidur juga berpengaruh terhadap resiko ngiler pada Anda agar segera ditangani.

Baca Juga: 11 Ciri Khas Lingkungan Tidak Sehat yang Perlu Diperhatikan

Beberapa alternatif lain sebagai cara mengatasi permasalahan tidur Anda dapat Anda lakukan dengan langkah berikut ini, seperti:


Tips Mengatasi Tidur Ngiler Lainnya


11. Mengenali Penyakit yang sedang Anda derita
12. Jauhkan diri Anda dari makanan yang asam
13. Kurangi makanan pedas
14. Jangan Posisikan tidur Anda tengkurap
15. Konsultasikan ke dokter jika  diperlukan

Memang bisa dikatakan sebagai hal sepele hanya permasalahan ngiler, tetapi perlu diperhatikan bahwa jika Anda ngiler, maka Anda akan lebih mudah terjangkit beberapa penyakit mulut karena tempat tidur Anda tidak terjaga kebersihannya. Gaya hidup yang berkaitan dengan tidur ini perlu diubah mulai dari sekarang.