Langsung ke konten utama

17 Tips Mengatasi Rasa Ngantuk saat Malam Hari yang Efektif

Tubuh mengantuk pada malam hari memang sewajarnya terjadi. Tetapi bagi sebagian orang yang memiliki pekerjaan atau sedang membutuhkan kekuatan prima pada malam hari juga harus menghindari rasa mengantuk. Seperti halnya orang orang lembur, orang rapat atau sedang menunggu seseorang yang sedang melahirkan atau operasi dsb dapat dijadikan alasan untuk tetap terjaga dari rasa mengantuk.

17 Tips Mengatasi Rasa Ngantuk saat Malam Hari yang Efektif

Beberapa cara efektif berikut yang mampu dijadikan upaya menahan dan menghilangkan rasa kantuk dapat Anda lakukan demi mengatasi permasalahan Anda, simak berikut ini :

1. Kurangi Konsumsi Makanan Berkarbohidrat


Rasa lapar yang melanda ketika tubuh membutuhkan asupan nutrisi sejatinya memang perlu dicukupi asupan gizinya. Beberapa orang juga beranggapan setiap kali Anda begadang harus mengkonsumsi banyak makanan agar tubuh tetap terjaga. Tetapi, sebaliknya ketika Anda merasa lapar dimalam hari dan harus menjaga tubuh agat tidak mengantuk, Anda tidak disarankan mengkonsumsi makanan berkarbohidrat. Hal ini akan menyebabkan Anda merasa mengantuk yang luar biasa.

2. Menyalakan musik


Musik yang Anda pilih dalam playlist gadget atau smartphone Anda dapat dijadikan perantara dan alat penghilang rasa kantuk Anda. Karena beberapa orang akan merasa bahagia dari lagu kesukaanya ketika mendengarnya. Sehingga orang akan merasa senang ketimbang merasa mengantuk.

3. Minum Kopi


Sudah menjadi Andalan setiap orang sebagai minuman untuk menghindarkan diri dari rasa kantuk. Kopi khususnya di Indonesia memiliki karakter kuat dan sangat digemari oleh warga lokal atau asing. Usahakan meminum kopi terlebih dahulu mengisi sedikit perut Anda yang kosong agar terhindar dari penyakit. Tambah lagi jangan gunakan terlalu banyak gula karea itu dapat menyebabkan Anda mengantuk kembali.

4. Mengunyah permen


Beberapa orang mengAndalkan permen sebagai makanan untuk membantu mengurangi rasa mengantuk. Hal ini dikarenakan rasa boring menyebabkan mulut Anda tidak bekerja. sehingga alternatif nya ya mengunyah permen agar tidak boring dan mengantuk. Biasanya seseorang menggunakan permen karet karena lebih tahan lama dan resiko kelebihan kadar gula darah lebih rendah.

5. Main Gadget


Sekarang ini beberapa permainan dalam smartphone atu gadet sudah sangat banyak. Bagi semua kalangan tersedia berbagai permainan yang menarik tetapi memang digemari oleh anak anak. Apabila Anda merasa mengantuk dimalam hari, bisa Anda mencoba bermain permainan dalam smartphone Anda.

6. Chating


Media sosial yang berkembang secara pesat saat ini sudah tidak asing lagi. Berbagai media sisial seperti instagram, whatsap, BBM, line atau sejenisnya sudah digandrungi banyak orang. Ketika Anda mengantuk, ajaklah mengobrol seseorang dengan cara menchating teman Anda. secara otomatis Anda akan terhindar dari rasa mengantuk. Atau melihat vlog dari youtube yang sangat beredar luar di Indonesia dengan konten yang menarik dan unik.

7. Usahakan Tidur siang


Cara ini juga efektif sebagai penghilang rasa kantuk dimalam hari. Persiapan tidur siang sebagai pengganti tidur malam sering dilakukan. Cara ini juga efektif bagi Anda yang sedang bekerja lembur karena dikala siang Anda ada kesempatan untuk berisitirahat.

8. Mencuci Muka


Cara ini juga sangat ampuh untuk mengusir rasa mengantuk Anda. Rasa segar air yang diberikan dapat meningkatkan sensasi segar pada badan. Sehingga Anda akan merasa segar kembali dan dapat beraktivitas. Perlu diketahui bahwa, mencuci muka juga berpengaruh pada kinerja otak Anda.

9. Meminum air putih


Kekurangan cairan tubuh bisa saja terjadi akibat menahan tubuh untuk tidak beristirahat. Sehingga kekurangan cairan bisa saja terjadi. Ketika Anda mengalami kekurangan cairan, kondisi tubuh akan terasa tidak stabil, sehingga Anda akan merasa mengantuk. Langkah ampuh dapat Anda hindari dengan meminum air putih. Anda akan merasa segar kembali dan terhindar dari dehidrasi.

10. Mengobrol dengan teman


Apabila Anda memiliki teman kerja yang sama sama lembur, maka ajaklah bercerita. Niscaya Anda akan akrab dan terhindar dari rasa mengantuk. Manfaat mengobrol juga bisa membuat otak Anda bekerja sehingga mencegah ngantuk.

Baca Juga: 13 Tips Memperbaiki Pola Tidur yang Tidak Sehat untuk Tubuh

Alternatif lain yang ampuh dalam mengatasi permasalahan mengantuk pada malam hari dapat juga Anda lakukan dengan cara berikut ini.


Tips Mengatasi Rasa Ngantuk saat Malam Hari Lainnya


11. Menempelkan Es batu pada Dahi Anda
12. Beristirahat sejenak
13. Meluruskan Badan
14. Berolahraga sedikit setidaknya 10-15
15. Berdiri sejenak
16. Berjalan jalan
17. Memakan makanan ringan (cemilan)

Efektifitas cara diatas apabila diterapkan pada setiap orang memiliki dampak yang berbeda. Cari cara terbaik menghilangkan rasa kantuk Anda dari referensi diatas berdasarkan gaya hidup serta kebutuhan Anda. Semoga bermanfaat.