Langsung ke konten utama

22 Tips Mengatasi Kecanduan Gula yang Paling Ampuh

Makanan yang mengandung banyak gula beresiko tinggi terhadap kesehatan tubuh. Tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa makanan manis selalu menjadi dominan dan kesukaan banyak orang terutama anak anak. Mengingat bahwa gula yang berlebih dapat merusak dan mengganggu organ dalam serta darah, perlu untuk diperhatikan.

Apalagi seseorang yang sudah kecanduan gula akibat makanan manis tersebut. Hal ini terjadi karena gula memicu endorfin dalam otak sehingga menimbulkan rasa kesenangan seperti obat obatan terlarang yang disalah gunakan.

22 Tips Mengatasi Kecanduan Gula yang Paling Ampuh

Berikut ada beberapa cara mengurangi resiko kecanduan gula yang bisa dipelajari :

1. Perbanyak konsumsi buah


Buah buahan alami memiliki kandungan glukosa yang mudah dicerna. Tidak sama dengan gula esensial pada umumnya. Apabila seseorang sudah mengalami kecenderungan kecanduan gula, maka perbanyaklah aneka buah buahan yang manis. Seperti mangga, Apel, anggur atau semangka dan melon. Buah buahan diatas perlu diketahui agar menjadi asupan makanan kompleks penggantu gula.

2. Mengkonsumsi Sayuran Hijau


Alternatif kedua ini dapat dilakukan sebagai langkah mengurangi konsumsi gula. Kandungans erat, Vitamin dan aneka glukosa dalam sayuran dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat kompleks. Sehingga sistem pencernaan akan mencerna lebih lamban daripada mengkonsumsi makanan manis yang jelas mengandung gula. Akhirnya Anda akan merasa untuk menunda makan dan keinginan memakan makanan manis lagi karena pencernaan tidak terburu buru menyampaikan pesan kepada otak Anda.

3. Konsumsi madu secara rutin


Selain menjaga imunitas dan metabolisme tubuh, madu berperan untuk mengurangi kecanduan gula. Rasa manis alami dari madu asli dapat menurunkan keinginan Anda untuk menambah konsumsi makanan manis. meminum madu secara rutin setiap kali sehari juga dapat menjaga kesehatan karena madu memiliki anti oksidan yang tinggi.

4. Mengurangi cemilan


Cemilan sehari hari yang berupa kue manis atau sejenisnya harus Anda kurangi. Inilah yang menyebabkan Anda mengalami kecanduan gula. beberapa kasus menyebutkan bahwa obesitas seseorang terjadi bukan karena makan terlalu banyak. tetapi memakan cemilan dalam porsi kecil tetapi intensitasnya banyak. Ganti cemilan Anda dengan kacang kacangan atau biji bijian agar lebih memiliki manfaat lebih untuk kesehatan Anda.

5. Menghindari penggunaan Saus


Pemanis makanan berupa topping saus coklat atau sejenisnya yang membuat Anda mengalami kecanduan gula. Hindari makanan dengan tekstur ini walapaun Anda sangat tertarik. setidaknya kurangi porsinya dan diganti dengan makan makanan bergizi yang mengenyangkan.

6. Jangan Mudah tergiur


Memantapkan niat Anda dalam mengatasi kencanduan gula memang perlu diperhatikan. Banyak dan sulit sekali melakukan hal ini. Tetapi demi kesehatan dan keberlangsungan hidup Anda harus terbisa dengan hal ini. Biasanya seseorang akan tergiur oleh jus buah kemasan atau buah kalengan atau aneka kue yang berbentuk cantik dengan toping aneka warna.

7. Makan Makanan sederhana dan menyehatkan


aneka makanan sehat sudah berkembang saat ini. Olahan aneka bahan makanan pokok rendah gula dengan kombinasi sayur buah dan segala nutrisi didalamnya banyak ditemukan. Seperti Memakan nasi merah atau olahan salad sayur dengan kombinasi yogurt sudah dilakukan oleh banyak orang untuk mengurangi kecanduan gula.

8. Kurangi Penggunaan Gula


setiap kali Anda menggunakan gula pada minuman Anda, usahakan kurangi porsinya. sehingga secara otomatis Anda akan merasa lebih sehat dan tidak mudah tergiur dengan berbagai minuman manis yang tidak menyehatkan seperti smooties atau juz cokelat lainya.

9. Berolahraga rutin


Kondisi tubuh yang prima akan menghindarkan Anda dari kecanduan gula. setiap olahraga, kadar gula akan terbakar dan diubah menjadi kalori. Hal ini baik untuk Anda sebagai upaya menyehatkan tubuh

10. Hindari memakan permen


Pemicu utama seseorang mengalami kecanduan gula akibat konsumsi permen. Kandungan gula dan rasanya yang enak dapat menyebabkan ketagihan. Inilah kenapa Anda harus mengurangi konsumsi permen.

Baca Juga: 17 Tips Mengatasi Rasa Ngantuk saat Malam Hari yang Efektif

Cara lain yang dapat Anda gunakans ebagai upaya menghindarkan diri dari kencanduan gula dapat dilakukan dengan :

11. Menyembunyikan makanan manis
12. Berusaha untuk menjaga pola makan
13. Tambah konsumsi makanan serat tinggi
14. Kurangi makanan berkarbohidrat
15. Memeriksakan Kadar gula darah
16. Hindari makanan rendah lemak
17. Hindari minuman bersoda
18. Mengganti pemanis buatan dengan pemanis alami
19. Jangan konsumsi alkohol
20. Hindari penambahan Gula pada makanan atau minuman
21. Perbanyak Konsumsi Air putih
22. Hindari makanan dengan Proses pengolahan lama.

Alternatif cara diatas dapat dilakukan sebagai serangkaian cara mengurangi kecanduan gula. Sebab kandungan gula darah tinggi pada tubuh Anda juga tidak baik untuk kesehatan. Jangan lupa juga untuk mulai melakukan gaya hidup sehat dengan mengurangi konsumsi gula dan sering mengonsummsi air putih.