Langsung ke konten utama

24 Tips Mengatasi Efek Minum Kopi agar Dapat Tidur Nyenyak

Semua orang pasti pernah minum kopi. Aroma dan rasanya yang nikmat membuat minuman ini di sukai banyak orang. Si hitam yang sangat nikmat diminum saat udara dingin ini memiliki banyak manfaat seperti menghangatkan tubuh, meningkatkan konsentrasi, mungusir stress, da nmenurunkan resiko diabetes.

Di dalam kopi terkandung zat bernama kafein yang dapat meningkatkan denyut jantung sehingga membuat orang tetap terjaga. Orang yang terlalu banyak minum kopi di malam hari biasanya akan mengalami efek susah tidur dan bahkan insomnia. Hal ini terkadang cukup mengganggu.

24 Tips Mengatasi Efek Minum Kopi agar Dapat Tidur Nyenyak

Ada beberapa cara menghilangkan efek kopi agar cepat tertidur dan bisa beristirahat dengan nyenyak, yaitu:

1. Minur Air Putih


Cara yang paling mudah dan aman dilakuan untuk menghilangkan efek buruk kopi saat malam hari. Meminum 2 gelas air putih dapat menetralkan kadar kafein dalam tubuh. Efek lain kafein yaitu membuat tubuh dehidrasi. Memberi asupan cairan akan menormalkan kondisi tubuh.

2.  Makan Makanan /Minuman Sehat dan Hangat


Cara ini cukup ampuh untuk membuat Anda segera tertidur. Makan makanan/minuman sehat dan hangat akan membuat tubuh terasa nyaman. Kondisi perut yang kenyang biasanya akan membuat orang merasa mengantuk.

3. Olah raga Ringan


Olah raga sangat baik bagi kesehatan. Bahkan saat terjaga karena efek dari kopi, olah raga ringan dapat menjadi solusi. Gerakan olah raga ringan seperti berjalan, mengerakkan tangan dan kaki, melompat-lompat dapat dilaukan. Dengan aktivitas ini akan memperlancar system metabolism sehingga meluruhkan efek kafein dalam tubuh.

4. Mengonsumsi Pisang


Cara aman yang lainnya yaitu dengan mengonsumsi buahpisang. Buah yang satu ini memang kaya manfaat. Buah pisang mengandung zat kalsium dan potassium sebagai pengatur kadar gula dalam darah.Efek terjaga karena minum kopi akan hilang dengan megonsumsi buah pisang.

5. Mengonsumsi Camilan Sehat


Makan makanan ringan yang sehat juga dapat mengurangi efek buruk kopi. Camilan sehat seperti buah dan sayur, roti, biscuit, dan makanan rendah lemak lainnya. Makan makanan ini akan mengganti energy tubuh yang hilang dan menciptakan efek kantuk.

6. Minum Anggur


Solusi agar cepat tidur setelah minum kopi adalah dengan meminum segelas anggur. Mengapa demikian? Alkolol yang terdapat dalam anggur dapat memperlambat kerja otak sebagai cara untuk meminimalisir efek stimulant kafein. Perlu diingat, jangan minum terlalu banyak karena juga dapat mengganggu kesehatan.

7. Menambah Asupan Magnesium


Asupan magnesium dapat diperoleh melalui suplemen maupun makan seperti alpukat, susu dan labu. Magnesium adalah zat mineral yang sangat dibutuhkan tubuh terutama bagi otot dan tulang. Efek kafein seperti membuat pusing, detak jantung cepat, dan perut terasa perih dapat diatasi dengan asupan magnesium.

8. Mengonsumsi Teh Herbal


Cara menghilangkan efek kopi agar tertidur salah satunya dengan minum teh herbal. Teh ini sangat bermanfaat untuk bagi pencernaan dan membuat perut terasa nyaman. Teh herbal tidak mengandung kafein seperti yang ada pada teh lainnya sehingga baik untuk kesehatan. Meminum teh herbal akan membuat Anda segera merasa mengantuk.

9. Menambah Asupan Vitamin C


Inilah alternatif lain menghilangkan efek kopi yang Anda minum. Banyak buah yang dapat Anda konsumsi untuk menambah asupan vitamin C.  Vitamin yang banyak terdapat pada buah jeruk ini akan berfungsi memecah kafein dalam tubuh. Hilangnya kafein akan membuat Anda segera tertidur.

10. Tunggu beberapa Saat


Setiap efek dari makan maupun minuman yang diserap tubuh pasti memiliki jangka waktu tertentu. Begitu juga dengan kafein dalam kopi yang Anda minum. Efek terjaga dari kafein biasanya hanya akan bertahan 2-3 jam saja setelah minum kopi. Menunggu beberapa saat sampai efek kopi menghilang juga dapat menjadi solisi.

Baca Juga: 20 Tips Jitu Mengatasi Kebiasaan Buruk yang Mudah untuk Dilakukan

Beberapa solusi lain menghilangkan efek kopi agar cepat tertidur sehingga Anda bisa tidur dengan nyenyak yaitu:


Tips Mengatasi Efek Minum Kopi Lainnya


11. Membatasi Asupan Kopi
12. Ciptakan suasana tenang
13. Minum susu hangat
14. Mengonsumsi obat
15. “Trik cubit”
16. Mendengarkan music klasik
17. Berbaring
18. Membaca buku
19. Menghirup hafas dalam-dalam sambil menutup mata
20. Menggunakan aroma terapi
21. Melakukan pijatan kecil
22. Buat lah tubuh Anda se rileks mungkin
23. Atur Posisi tidur idaman
24. Jangan menonton Tv

Masalah susah tidur setelah minum kopi merupakan hal yang biasa terjadi. Dengan beberapa cara sederhana dan gaya hidup sehat, Anda dapat menghilangkan efek kafein dalam kopi sehingga dapat beristirahat di malam hari. Meskipun demikian tetap bijak dalam mengkonsumsi kopi dan tidak berlebihan menjadi hal yang paling penting agar kesehatan tetap terjaga.