Langsung ke konten utama

10 Tips Memperlancar Buang Air Kecil dengan Alami

Jangan pernah sepelekan permasalahan buang air kecil yang tidak lancar. Jika Anda biarkan begitu saja maka akan berakibat penyakit pada saluran eksresi Anda. Seperti penyakit infeksi kandung kemih yang mengganggu kesehatan karena cairan kotor dalam tubuh tidak bisa dikeluarkan.

Oleh karena itu, perlu diperhatikan keseharian Anda terkait permasalahn ini. Beberapa alternatif ini bisa Anda lakukan untuk mengurangi resiko penyakit tersebut akibat sistem eksresi khususnya untuk membuang air seni tidak lancar.

10 Tips Memperlancar Buang Air Kecil dengan Alami

Simak dan praktekan tips berikut ini karena tipsnya cukup mudah untuk dilakukan.

1. Segera Buang air kecil dan jangan ditahan


Kebiasaan buruk ini seharusnya dihindarkan bagi Anda. kecuali kemungkinan Anda baru dalam perjalanan dan tidak ada kamar mandi atau sejenisnya. Tetapi, lebih baik Anda menepi dan segera membuang perasaan buang air kecil Anda.

Menghindarkan menahan rasa buang air kecil dapat mengurangi resiko Anda terkait permasalahan buang air seni yang tidak lancar. Karena air limbah yang ditahan terlalu lama dapat merusak saluran kandung ng kaykemih Anda.

2. Perkaya Konsumsi Buah Buahan


Aneka macam buah buahan yang mengandung banyak air dapat mengurangi ketidak lancaran Anda dalam buang air kecil. Buah buahan yang  kaya akan air dapat membantu tubuh untuk memperlancar buang air besar dan air kecil. Selain itu, kandungan vitamin dan serat didalam nya dapat dipergunakan sebagai nutrisi untuk metabolisme tubuh.

3. Konsumsi Kopi


Memang secara medis belum diketahui kebenaran kopi untuk memperlancar buang air kecil. tetapi ada juga orang yang menggunakan kopi ini sebagai alternatif untuk memperlancar buang air seni dan tergolong efektif. Hal ini berkaitan dengan kinerja kopi yang bisa memperhalus buang hajat Anda. Sehingga Anda merasa nyaman dan lega pada saat buang hajat besar atu kecil. Tetapi mewaspadai kopi dengan konsumsi yang banyak juga diperlukan, karena kafein didalam kopi merupakan zat adiktif yang cukup berbahaya.

4. Gunakan Ramuan Kumis Kucing


Sudah sejak dulu penggunaan ramuan dari daun kumis kucing mampu dan efektif memperlancar buang air kecil Anda. Caranya cukup mudah. Anda cukup mempersiapkan 15-20 helai daun kumis kucing dan direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih. Kemudian hasil perebusan disaring untuk diambil air nya saja. Minumlah resep ramuan kuno ini setidaknya 2x sehari cukup dengan setengah gelas saja. Niscaya permasalahan buang air kecil Anda teratasi.

5. Konsumsi Air putih cukup


Keutamaan air putih sebagai kebutuhan primer sebenarnya bagi tubuh seseorang. Hal ini dikaitkan pada seseorang tidak akan mengalami kematian karena tidak makan selama 7 hari. Tetapi, seseorang akan mengalami dehidrasi dan kematian jika tidak minum air putih maksimal 3 hari. 70% dari tubuh kita yang konsentrasinya adalah air sangat penting untuk dipenuhi kebutuhannya. Jika tidak, gejala awal ketidak lancaran buang air kecil akan berdampak pada permasalahan lain bagi kesehatan Anda.

6. Lakukan pemijatan pada kadnung kemih


Jika permasalhan buang air kecil Anda sudah mengalami tingkat yang ekstrim. Misalnya sehari penuh Anda tidak merasa buang air kecil, maka pijat lembut pada kandung kemih yang terletak pada perut bagian bawah. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan kekosongan air seni di dalam kandung kemih.

7. Terapi air hangat


Menempelkan handuk yang sudah Anda basahi dengan air hangat juga efektif mengatasi permasalahan buang air kecil yang tidak lancar. Efek hangat yang ditimbulkan dapat merelaksasi organ yang mengantarkan air seni. Sehingga jalur lancar.

8. Periksakan pada dokter


Hal ini bisa dilakukan jika Anda sudah mengalami permasalhan lebih serius. Ketika merasa sakit dan perih pada kandung kemih Anda, segera periksakan ke ahli medis agar tidak terjadi permasalhan yang lebih serius.

9. Ramuan dengan akar pepaya


Siapa sangka jika akar pohon pepaya mampu membantu Anda untuk melancarkan buang air kecil. Caranya dengan merebus akar pepaya yang masih muda dan mengonsumsi air rebusannya. Anda bisa menambahkan gula aren untuk penambah rasa alaminya.

10. Ramuan Buah Mengkudu


Siapa sih yang tidak mengenal buah mengkudu? Buah ini memang tidak bisa dikonsumsi langsung karena Anda  perlu mengolahnya terlebih dahulu. Buah mengkudu bisa Anda jadikan ramuan alami untuk melancarkan buang air kecil.

Baca Juga: 10 Ciri Khas Lingkungan Sehat yang Baik untuk Hidup

Alternatif ini dapat Anda lakukan jika mengalami permasalahan susah buang air kecil. Cara yang paling efektif adalah perbanyak air putih biasa. Gaya hidup dengan sering mengonsumsi air putih juga akan mencegah dehidrasi dan membuat tubuh Anda lebih segar.