Langsung ke konten utama

13 Tips Memperbaiki Pola Tidur yang Tidak Sehat untuk Tubuh

Kebutuhan manusia untuk berisitirahat harus dipenuhi pada setiap harinya. Selain asupan gizi dengan pola makan yang teratur menggunakan makanan kaya nutrisi sesuai kebutuhan tubuh, ternyata tidur juga perlu diperhatikan. Pola tidur yang salah dan tidak sesuai dengan aktivitas sehari hari akan membuat badan Anda lebih cepat lelah dan menurun konsentrasi.

Permasalahan lain akibat kesalahan pola tidur adalah ketergantungan terhadap obat obatan yang dapat merusak kesehatan secara permanen. Nah bagaimana langkah baiknya untuk memperbaiki pola tidur Anda ? simak pemaparanya dibawah ini.


13 Tips Memperbaiki Pola Tidur yang Tidak Sehat untuk Tubuh

1. Mengatur jam tidur Anda


Kesesuaian waktu tidur dengan kebutuhan berisitirahat perlu diperhatikan. Rata rata bagi anak anak minimal tidur dalam 24 jam adalah 8-10 jam. Sedangkan bagi orang dewasa adalah 6-8 jam. Atur kebutuhan tidur Anda agar memenuhi kesesuaian tubuh untuk beristirahat sesuai dengan aktivitas Anda. Pola tidur yang baik akan menjaga metabolisme tubuh Anda dengan baim pula. Sehingga Anda akan merasa sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

2.  Menggunakan Pakaian yang Longgar dan Nyaman


Kendala sulitnya tidur yang mengganggu pola tidur biasanya adalah pakaian yang Anda gunakan. Pakailah pakaian yang mengandung unsur katun dan terasa hangat dan tidak sesak Anda pakai. atau gunakan piyama dan celana kolor agar Anda merasa nyaman pada posisi tidur Anda. Pakaian yang longgar dan nyaman juga membantu Anda didalam tidur dalam menjaga sirkulasi darah.

3. Jaga kebersihan tempat tidur


Menjaga kebersihan tempat tidur dari berbagai kuman dan bakteri jelas diperlukan. Kondisi yang bersih dan harum ruang tidur Anda akan menambah kenyamanan Anda dalam berisitirahat. sehingga Anda akan lebih cepat tidur dalam waktu yang seharusnya Anda perlukan.

4. Hindarkan kamar tidur Anda dari televisi


Kebanyakan orang menambahkan televisi sebagai pemanis dan membantu saat Anda sedang boring. tetapi, televisi juga akan mengganggu konsentrasi Anda dalam tidur. Ketika Anda sulit tidur dengan pola yang tidak tentu maka Anda akan menyalakan tivi dan mendengan berbagai acara tv. Sehingga jam tidur Anda akan terpotong banyak.

5. Atur Posisi tidur


Permasalahan posisi tidur sangatlah penting menjaga Anda dalam mengatasi pola tidur yang bermasalah. berbagai gaya dan kenyamanan seseorang dalam posisi tidur sangat berbeda beda. Mewaspadai tidur tengkurap perlu diperhatikan karena ini akan bedampak pada kesehatan Anda. Posisi tidur yang baik adalah miring kanan atau kiri.

6. Perbanyak konsumsi air minum


Metabolisme tubuh dalam aktivitas seharian dapat mempengaruhi pola tidur Anda. beberapa kendala permasalahan tidur sering dihadapi dengan kekuranganc cairan tubuh sehingga Anda akan emrasa gelisah. Cukupi kebutuhan air minum Anda setidaknya 8 gelas perhari.

7. Hindarkan diri Anda dari Ponsel atau smartphone Anda


Kendala ini juga sering menghantui permasalahan pola tidur. Smartphone dengan segala kecanggiahan didalamnya memang sangat bermanfat bagi Anda. tetapi, alangkah baiknya saat Anda ingin tidur, jauhkan keberadaanya karena dapat mengganggu jam tidur Anda. Apalagi kandungan sinyal dapat merangsang penyakit berbahaya jika ponsel atau smartphone Anda taruh di dekat Anda tidur.

8. Mengatur nafas


Relaksasi yang ditimbulkan dari mengatur nafas jelas membantu Anda dalam mempercepat tidur Anda. Ketegangan otot disekujur tubuh akan berangsur melemas. caranya hanya menghitung 10 hitungan pada setiap tarikan dan hempasan nafas. Lakukan hal ini setidaknya 1 menit maka Anda akan merasa rileks dan kan mengantuk.

9. Usahakan kondisi perut tidak kosong


Permasalahan ini juga menghantui permasalahan pola tidur. sebelum Anda tidur atau setelah bekerja usahakan memakan makanan dulu untuk mengisi perut Anda.Sehingga pada jam tidur Anda tidak mengalami perut keroncongan dan susah untuk tidur.

10. Biasakan membersihakan diri sebelum tidur


Cukup dengan menggosok gigi, mencuci muka, kaki dan tangan maka Anda akan merasa lebih nyaman dalam tidur Anda. Lebih baik lagi sebelum Anda yang muslim berwudhu akan lebih bermanfaat dan disertai doa sebelum tidur. Maka tidur Anda akan terhitung sebagai ibadah.

Baca Juga: 10 Efek Buruk Minum Kopi ketika Perut Kosong untuk Tubuh

Beberapa cara lain untuk memperbaiki pola tidur Anda dapat Anda lakukan yaitu:


Tips Memperbaiki Pola Tidur Lainnya


11. Berolahraga teratur
12. Mematikan lampu kamar
13. Mengurangi asupan Kopi

Alternatif penanggulangan permasalahan gaya hidup tentang pola tidur ini diharapkan mampu menjaga kualitas istirahat Anda. Selagi masi bisa diperbaiki, kenapa tidak agar diesok hari Anda bangun senyum dan bdan segar dapat Anda nikmati.