Langsung ke konten utama

20 Tips Jitu Mengatasi Kebiasaan Buruk yang Mudah untuk Dilakukan

Merubah gaya hidup dari kebiasaan buruk perlu untuk dilakukan. Jangan sampai salah pergaulan dan hanya mengejar gaya hidup saja demi hal yang sejatinya merugikan diri sendiri. Kebiasaan buruk juga berdampak pada keberlangsungan hidup kedepan dan bisa juga berdampak pada terganggunya kesehatan.

Terlebih lagi, kedewasaan akan menentukan bagaimana seseorang itu berperilaku, bekerja, bekarya atau bersosial dengan seseorang kebiasaan sangat berpengaruh sekali. Nah, bagaimana cara merubah gaya hidup yang kurang baik untuk kehidupan yang lebih baik?

20 Tips Jitu Mengatasi Kebiasaan Buruk yang Mudah untuk Dilakukan

Anda bisa melihat cara di bawah ini untuk mengubah kebiasaan buruk Anda yang bisa dijadikan alternatif memperbaiki kepribadian Anda

1. Kejar cita cita dengan motivasi tinggi


Perbaiki kebiasaan Anda untuk menuju pada cita cita tinggi Anda yang setiap orang pasti memilikinya. Kebiasaan yang membuat Anda justru mengundurkan diri Anda dari pencapaian cita cita harus segera disudahi. Ingatlah bahwa umur tidak bisa di tipu dan waktu yang sudah berlalu tidak bisa direnggut kembali. Motivasi dalam diri diperlukan untuk merubah segalanya agar hidup lebih baik.

2. Berjanji dan konsekuen dengan diri sendiri


Diawali dari niat  yang tulus dalam diri sendiri akan lebih mempermudah Anda mengubah kebiasaan buruk Anda. Beberapa orang beranggapan bahwa kebiasaan diri sendri memang tidak bisa di indikasi diri sendiri. Belejarlah untuk berintrospeksi diri agar Anda memiliki janji pada diri Anda, bukan atas kemauan orang lain. karena itu lebih baik dibandingakan Anda menunggu perubahan dari orang lain.

3. Meminta saran pada orang lain


Ya, ini adalah salah cara yang sulit sejatinya untuk dilakukan. Banyak dari orang menutupi kebiasaaan yang dianggap buruk karena keterbukaan seseorang. Kecenderungan menutup diri akan menambah Anda mengalami kesulitan merubah kepribadian dan kebiasaan buruk Anda.

4. Kembangkan bakat dan ketrampilan


Cara ini lebih baik Anda lakukan untuk mengurangi kebiasaan buruk Anda. Jika Anda memiliki minat dan bakat yang sudah Anda ketahui, coba untuk gunakan waktu Anda untuk mengembangkan hal ini. Dengan mengambangkan kebiasaan dan mengolah diri Anda akan secara otomatis menghilangkan kebiasaan buruk Anda. Anda akan memiliki aktivitas yang lebih daripada hanya bermalas malasan.

5. Intropeksi diri


Cara ini dapat Anda renungkan sesekali ketika Anda merasa bahwa kebiasaan Anda yang buruk sudah Anda rasakan. pertimbangkan bagaimana untung ruginya pada diri Anda dan orang lain disekitar Anda. apakah kebiasaan tersebut akan berdampak pada tercapainya cita-cita Anda atau justru sebaliknya. Ingat, awal orang sukses adalah karakter yang bagus.

6. Rajin Membaca bucu


Membaca buku juga berpengaruh pada mainset yang ada dalam diri Anda. Kurang nya membaca amaka pikiran Anda tidak dapat terbuka dan bisa berpengaruh pada keseharian Anda. Mulailah pada buku buku motivasi yang bisa Anda baca agar Anda terbuka pikiranya.

7. Lakukan aktivitas sosial yang positif


Membuka pikiran juga tidak hanya dengan membaca buku, tetapi membuka pikiran dengan melakukan aktivitas sosial yang positif. Berinteraksi dengan beberapa orang dan bercerita Anda dapat mengetahu seseorang itu sukses dan gagal. Maka Anda akan mendapat pelajaran berharga untuk merubah kebiasaan Anda yang seraya merugikan atau menguntungkan bagi Anda.

8. Mendekatkan diri pada Tuhan


Kekuatan hati dan kemantapan iman perlu ditingkatkan untuk yakin dan percaya bahawa hatilah yang dapat menggerakan perilaku dan kepribadian seseorang. Dekatkan Anda pada Tuhan Anda dengan berdoa dan menjalankan perintahnya. Hidayah tuhan itu maha tak terduga agar kamu bisa belajar menghargai hidup dan bersyukur.

9. Tingkat kan pergaulan dengan siapapun


Membuka diri dengan bergaul dengan orang orang hebat perlu Anda lakukan. Tetapi jangan salah pergaulan yang justru menghancurkan kepribadian dan masa depan Anda.

10. Belajar dari kesalahan


Tindakan ini akan lebih bijaksana jika kamu bisa iklhas dan mengambil hikmah dari perilaku yang salah dan sudah Anda lakukan. kesalahan yang baik itu tidak terulang, maka secara otomatsi Anda dan kepribadian akan secara mantap memperbaiki diri. permulaan awalnya adalah mengurangi kebiasaan buruk Anda.

Baca Juga: 18 Bahaya Menonton TV Terlalu Lama untuk Kesehatan Tubuh

Alternatif cara lain yang mudah dan bisa Anda lakukan untuk memperbaiki kebiasaan buruk Anda yaitu:

Tips Jitu Mengatasi Kebiasaan Buruk Lainnya


11. Memulainya dengan niat tulus
12. Selalu berfikir positif
13. Jangan Mudah menyerah
14. Percaya diri
15. Belajar dari kesalahan orang lain
16. Minta dukungan pada orang terdekat Anda
17. Meminta maaf pada diri sendiri
18. Rajin mengolah pikiran positif
19. Traveling jika diperlukan
20. Jangan manjakan diri

Alternatif cara ini bertujuan untuk memperbaiki kebiasaan Anda dan juga memperbaiki gaya hidup Anda. Jika Anda berusaha merubah kebiaasaan buruk Anda, maka suatu saat Anda akan mengambil hasilnya yang dapat membuat hidup Anda lebih baik.