Langsung ke konten utama

6 Tips Efektif Mengatasi Dengkur ketika Tidur

Kebiasaan mendengkur mungkin merupakan kendala bagi Anda yang sulit untuk menghindarkannya. Beberapa orang disekitar Anda justru mendapatkan dampak buruk dari kebiasaan Anda saat tidur. Mendengkur dari suara nyaring sampai disertai dengan mengigo merupakan kebiasaan buruk yang harus diatasi.

Indikasi mendengkur juga secara medis tidak baik untuk kesehatan. ada yang menyimpulkan bahwa disaat Anda mendengkur berarti Anda sedang sakit atau kelelahan bahkan ada sebagai organd alam Anda yang terganggu. Khususnya jantung dan tenggorokan serta aliran pernafasan Anda. Kewajaran mendengkur ini sebenarnya bisa diatasi dengan terapi.

6 Tips Efektif Mengatasi Dengkur ketika Tidur

Cukup dengan mengikuti langkah langkah berikut ini, masalah Anda dalam mendengkur dapat teratasi. Silahkan simak berbagai cara berikui :

1. Hindari minuman berkadar alkohol


Kandungan gas dan udara pada minuman beralkohol mengakibatkan peningkatan pada area perut Anda. Sehingga udara dalam perut harus dikeluarkan melalui dengkuran. Alangkah lebih baik menghindari minuman beralkohol atau sejenisnya termasuk minuman bersoda. karena minuman bersoda juga menimbulkan efek yang sama dan membuat Anda mendengkur saat tidur.

2. Kurangi berat badan.


Cara ini terbilang efektif sebagai upaya mengurangi masalah tidur Anda. Hal ini berkaitan dengan intensitas seseorang bahwa semakin gemuk seseorang maka Anda akan mengalami kendala dengkuran semakin besar. Selain itu, mengurangi berat badan juga efektif bagi Anda untuk menjaga kesehatan.

Orang yang sehat memiliki tubuh yang proporsional. Sehingga penting menjaga tubuh pada posisi yang ideal. ukuran idel tubuh dan berat badan dapat Anda hitung dengan rumus tinggi badan dikurangi 110 adalah berat ideal Anda.

3. Konsumsi Madu


Khasiat madu dalam berbagai hal dalam mengatasi permasalahan kesehatan sudah terbukti. ternyata madu juga bermanfaat sebagai obat untuk mengatasi permasalahan dengkuran Anda. Cara nya adalah Anda cukup mengkonsumsi madu dengan ditambah 2 sendok larutan kencur dan minum selama 3x sehari. Ramuan ini sudah terbukti ampuh menghilangkan permasalahan yang menyebabkan Anda mendengkur. sebab, air kunyit dan madu mengandung zat yang mampu melancarkan sistem pernafasan Anda dan membantu badan adna lebih rileks.

4. Hindari konsumsi rokok


Bagi perokok memang sudah pasti Anda akan mengalami permasalahan ini. Rokok memiliki zat adictif yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda. kandungan nikotin dan tar mampu merusak paru paru secara perlahan. Ketika paru paru Anda rusak, maka Anda akan mengalami masalah ini. Dengkuran Anda akan semaki keras ditambah dada Anda sesak.

Usahakan hindari rokok demi kualitas tidur Anda. Bahaya laindari rokok sejatinya tidak hanya itu, masih banyak lagi permasalahan yang bisa ditimbulkan akibat konsumsi rokok. Seperti yang sudah tertera dalam bungkus rokok dimana orang akan mengalami gangguan janin, impotensi, kanker dan serangan jantung. Benar bahwa rokok dapat membunuhmu.

5. Atur posisi tidur


Cara ini bisa dikatakan sebagai alternatif ain mengurangi permasalahan dengkuran Anda. Posisi tidur berpengaruh pada kualitas tidur Anda. bagi sebagian orang mendengkur akibat posisi yang tidur tidak ideal. tanyakan pada sekeliling orang disekitar Anda bahwa bagaimana posisi tidur yang baik dari Anda dimaana poisis tersebut tidak membuat Anda mendengkur. Bisa saja dalam posis miring atau terlentang. Semoga berhasil.

6. Menghirup Uap Air


Cara ini tergolong sebagai cara yang cukup ampuh mengatasi permaslaahan mendengkur Anda. Anda cukup menghirup uap air dari air panas. Sediakan segelas air panas, isi setemgah gelas saja. kemudian Anda masukkan hidung Anda dan hirup uap air secara perlahan.

Atau cara lain adalah basahlan handuk dengan air panas. Kemudian hirup uapnya dan lakukan cara ini selama sepuluh menit. Kegunaan uap air sendiri bermanfaat sebagai obat untuk membersihkan rongga pernafasan Anda dan menghancurkan lendir dihidung yang menjadi penyebab Anda mendengkur.

Baca Juga: 12 Bahaya Tidur dengan Anjing yang Perlu Diperhatikan

Sebenarnya masih banyak cara lain untuk menghindarkan masalah Anda dari mendengkur. seperti melakukan senam tenggorokan, atau mengankat kepala lebih tinggi dari posisi tidur dapat Anda lakukan sebagai alternatif permasalahan.

Tetapi, cara yang paling efektif adalah pemaparan diatas. cobalah dengan mengawali permasalahan dengkuran Anda dengan menurunkan berat badan dan hindari konsumsi minuman beralkohol serta mulai mencoba gaya hidup sehat. Selamat mencoba.