Langsung ke konten utama

14 Terapi Vertigo di Rumah yang Mudah Dilakukan

Vertigo ialah suatu kondisi yang dapat memunculkan perasaan pusing di sertai rasa mual, muntah dan kehilangan keseimbangan. Kadang anda hanya mengira ini hanyalah hal yang sepeleh padahal jika vertigo tidak segera di atasi akan membuat anda menjadikan tambah parah. Jika vertigo yang anda alami masih dalam tahap ringan sebaiknya anda coba menggunakan terapi vertigo di rumah.

Vertigo biasanya di sebabkan karena masalah di dalam telinga bagian dalam (vestibular neuritis). Telinga bagian dalam berperan penting dalam menjaga keseimbangan tubuh. Vertigo sering kali sangat mengganggu aktivitas kita dan juga membuat kita merasa nyeri. Sebelum anda menggunakan pengobatan medis sebaiknya anda melakukannya sendiri dengan menggunakan terapi vertigo di rumah.

Terapi Vertigo, Terapi Vertigo di Rumah, Terapi Vertigo

1. Latihan Fisik


Latihan fisik memang sangat di perlukan untuk kebugaran jasmani, bagi anda yang sering mengalami vertigo rajinlah untuk melakukan latihan fisik. Tidak perlu harus mengangkat barang yang terlalu berat seperti olahragawan cukup anda melakukan kegiatan yoga. Tetapi anda juga harus diimbangi dengan mengkonsusmsi makanan rendah garam, kalori dan semua makanan yang di goreng.

2. Latihan Fokus Pada Posisi Kepala


Hal ini adalah yang sangat di perlukan bagi orang yang mengalamu vertigo. Ketika anda berbaring sebaiknya lebih tinggi kaki dari pada pada kepala agar aliran darah yang menuju jantung dan otak lancar sehingga vertigo dapat berkurang. Selain itu anda haru mengurangi aktivitas yang sering mendongakan kepala ataupun membungkukan badan.

3. Air Jeruk Lemon


Terapi vertigo juga dapat menggunakan dari buah-buahan ataupun tanaman herbal lain. Air perasn jeruk lemon memilki sifat antioksidan tinggi yang dapat mengahambat pergerakan radikal penyebab vertigo. Jika anda ingin menggunakan air jeruk lemon sebagai obat jangan di tambah dengan herbal lain biarkan rasa kecut saja yang anda rasakan. Rasa kecut tersebut yang dapat meringankan rasa nyeri akibat vertigo.


4. Amla


Amla juga salahh satu tumbuhan yang dpat di gunakan untuk mengatsi penyakit vertigo. Karena amla juga sama dengan jeruk sama-sama memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga dapat meringankan nyeri sekaligus penyakit lainnya. Blenderlah buah amla secukupnya untuk di jadikan jus setahnya dapat anda tambahkan sedikit madu agar rasa yang di timbulkan tidak terlalu asam.

5. Jahe


Jahe di percaya dapat meningkatkan aliran darah di otak sehingga rasa pusing dapat hilang dengan cepat. Jarang memang orang yang tahu jika jahe dapat mengatasi vertigo, jadi bagi anda yang sekarang telah mengetahui tidak ada salahnya untuk mencoba jahe sebagai obat agara penyakit vertigo yang mengganggu anda cepat hilang.

6. Minyak Wijen


Minyak wijen adalah salah satu obat yang pas dan cocok digunakan untuk terapi. Pertama-tama siapkan bubuk kapulaga secukupnya kemudian tuaangkan sedikit minyak wijen campurkan hingga menjadi seperti pasta. Kemudian siap anda tempelkan pada dahi dan sedikit memijat-mijat, car ini dapat meingkatkan sirkulasi darah otak.

7. Air Putih


Air putih memang sangat baik bagi kesehatan, normalnya kita mengonsumsi air yang baik setiap hari 8 gelas (ukuran 200ml). Air putih dapat membantu untuk mengontrol serangan vertigo, jadi ketika anda merasa akan mengalami vertigo segerahlah minum empat gelas air dingin. dengan bbegini vertigo akan cepat mudah redah dan juga pusing dan letih dpat hilang.

8. Seledri


Seledri biasanya di pakai untuk camouran sayuran sup. Tahukah anda jika seledri baik untuk kesehatan secara keseluruhan terutama untuk mengatasi vertigo. Bagi anda yang mengalami vertigo sebaiknya anda mulai mengonsumsi seledri agar vertigo tidak mudah menyerang kembali.

9. Melakukan Manuver Half Somer Sault


Jika anda ingin mempraktikan gerkan menuver half somer sault cukup mudah dan seederhana. Ambilah posisi berlutut kemudian pandangilah langit selama bebrapa detik kemudian sentuhlah lantai dengan kepala, setelahnya masukan kepala kea rah dada.

Putarlah kepala ke arah telinga yang di rasa sakit karena vertigo kemudian putar kepala dengan melawan arah telinga yang terken avertigo. Angakt kepala sejajar dengan punggung dengan posisi tetap seperti merangkak. Kemudian istirahatkan tubuh anda total dengan tidak melakukan kegiatan lagi selama kurang lebih 30 menit.

10. Kacang Almod


Kacang Almond memilki asam lemak esensial, vitamin dan mineral dan nutrisi lain yang dapat membantu mengatsi vertigo. Caranya, pertama anda rendam almond pada air mendidih selama 30 menit kemudian saring air untuk di minum. Air almond tersebut yang dapat menstimulasi aliran darah yang semula mengalami penyumbatan sedikit demi sedikit terbuka. Dengan melakukan terapi ini secara rutin akan mengurangi rasa pusing karena vertigo.

Baca Juga 20 Obat Bisul di Ketiak Tradisional Alami Paling Ampuh

Itulah beberapa cara terapi vertigo di rumah anda juga dapat memanfaatkan obat herbal untuk mempercepat menghilangkan rasa pusing akibat vertigo, adapun cara lain untuk mengatasi vertigo yang dapat anda terapkan di rumah.

4 Terapi Vertigo di Rumah Lainnya:


11. Teknik Bradt daroff
12. Melakukan Manuver Epley
13. Ginko Biloba
14. Lada

Diatas itu merupakan info terapi vertigo di rumah yang dapat anda coba sendiri agar vertigo cepat teratasi. Dengan menggunakan terapi sederhana akan mngurangi rasa pusing dan nyeri yang di timbulkan vertigo. Jika anda mengalami vertigo yang sudah tidak dapat di tangani menggunakan obat herbal maupun terapi sederhana segerahlah ke dokter untuk mendapat perawatan medis.