Langsung ke konten utama

19 Penyebab Tangan Kesemutan Terus Menerus

Penyebab Tangan Kesemutan - Kondisi tangan kesemutan tentunya mengganggu pekerjaan. Kesemutan yang hanya sebentar dan segera hilang biasanya hanya karena alirah darah yang kurang lancar. Namun jika  tangan sering kesemutan, atau kesemutan itu berlangsung lama dan tidak segera hilang maka perlu diteliti apa saja penyebab tangan kesemutan lama dan terus menerus tersebut.


Penyebab Kesemutan


Coba perhatikanlah seberapa sering tangan Anda kesemutan. Karena tangan yang sering kesemutan bisa jadi merupakan tanda khusus adanya penyakit serius. Jadi, begitu dirasa penyebab tangan kesemutan adalah hal yang berbahaya, segeralah ambil tindakan dengan konsultasi kepada tenaga medis. Nah, berikut ini penyebab tangan kesemutan secara terus menerus :

1. Stroke


Penyakit satu ini merupakan momok paling menakutkan bagi banyak orang. Karena stroke kebanyakan berakhir dengan kelumpuhan. Apalagi mereka yang telah memiliki gejala darah tinggi atau kolesterol, stroke adalah penyakit yang membayangi. Kelumpuhan yang disebabkan gejala stroke biasanya sering muncul secara tiba-tiba. Paling sering terjadi dari tangan lalu menjalar dan menyebar ke separuh badan.

2. Saraf Terjepit


Kondisi saraf terjepit dalam dunia medis disebut dengan sindrom karpal tunel. Perlu Anda tahu, di pergelangan tangan kita terdapat semacam terowongan. Saat saraf jari tengah, jari telunjuk dan daraf ibu jari terjepit dalam terowongan itu, maka tangan kita akan kesemutan. Jika tangan Anda sering kesemutan terutama pada ketiga jari tersebut dan terjadi malam hari, maka sebaiknya tidak dianggap sepele.

3. Akibat Efek Obat Tertentu


Penyebab tangan kesemutan selanjutnya adalah dari konsumsi obat-obatan tertentu. Ada beberapa jenis obat yang efek sampingnya adalah kesemutan pada tangan. Misalnya obat untuk paru-paru. Karena itu, Anda yang sedang menjalan pengobatan paru-paru cobalah tanyakan ke dokter Anda tentang efek samping obat yang dikonsumsi selama ini apakaha memang menyebabkan efek samping tangan kesemutan.

4. Bahan Kimia Berbahaya


Bahan-bahan kimia berbahaya seperti arsen, logan, dan merkuri ternyata bisa menyebabkan tangan kesemutan. Kulit atau bagian tubuh yang terpapar bahan-bahan tersebut selain berpotensi terserang kanker juga sering mengalami kesemutan dalam waktu yang lama.

5. Asupan Vitamin Yang Tidak Seimbang


Saraf pun butuh asupan vitamin. Hanya saja masih banyak orang yang tak tahu tentang itu. Mereka sering kekurangan vitamin yang menyebabkan tangan dan anggota badan sering kesemutan. Vitamin yang dibutuhkan untuk kesehatan saraf yaitu vitamin B12, vitamin B6, vitamin B1 (thiamin), dan vitamin E. Diantara vitamin tersebut, kekurangan vitamin B6 merupakan sebab terjadinya sering kesemutan pada tangan dan kaki.

6. Spasmofilia


Spasmofilia disebut juga penyakit tetani. Penyebabnya adalah adanya penurunan kadar ion kalsium dalam darah. Keadaan ini disebabkan karena tegangan karbondioksidadalam paru-paru menurun. Nah, salah satu gejala dari penyakit ini adalah kesemutan di tangan dalam wakut cukup lama.

7. Rematik


Kesemutan pada tangan akibat rematik justru tidak perlu diobati. Kesemutan ini akan hilang dengan sendirinya. Rematik sendiri merupakan genguan kesehatan dimana nyeri biasa menyerang persendian. Kesemutan yang terjadi adalah akibat adanya saraf pada bagian engsel ada yang terjepit sementara. Untuk poin ini, Anda justru harus mengobati rematiknya.

8. Tumor Otak


Tangan kesemutan juga bisa disebabkan oleh otak yang tengah mengidap kanker. Bahkan bukan hanya tangan, tapi seluruh tubuh bisa mengalami kesemutan. Kesemutan yang disebabkan adanya tumor otak biasanya terjadi terus menerus atau sering. Jika sudah begini maka janganlah ragu untuk memeriksakan diri ke dokter.

9. Herpes Zoster


Herpes zoster merupakan gangguan kesehatan yang disebabkan oleh virus varicela zosterlah. Virus ini memicu munculnya lese di bagian kulit yang terinfeksi. Saat itulah timbul rasa kesemutan hingga rasa nyeri.

10. Trauma Pasca Kecelakaan


Tangan ataupun anggota tubuh lainnya bisa kesemutan akibat adanya trauma setelah kecelakaan. Lebih-lebih ketika terjadi cidera hingga patah tulang, maka cidera tersebut bisa saja berefek ke saraf. Karena itu orang yang baru mengalami kecelakan biasanya akan sering merasakan kesemutan. Jika itu yang terjadi pada Anda, maka janganlah malas untuk konsultasi dan berobat pada dokter Anda.

Penyebab Tangan Kesemutan Lainnya :


11. Konsumsi Alkohol
12. Infeksi Tulang Belakang
13. Diabetes
14. Penyakit Jantung
15. Sindrom Guillan Barre
16. Penyakit Sistemik
17. Charcot-Marie-Tooth, merupakan kelaian bawaan


Baca Juga: 16 Obat Herbal Alami untuk Mengatasi Kesemutan

Tangan yang sering kesemutan dan kemudian berubah menjadi terus menerus kesemutan tentunya sudah tidak wajar. Karena itu perlu dicermati adanya kemungkian salah satu dari penyebab tangan kesemutan agar bisa memilih tindakan penanganan yang tepat. Ada dapat membaca beberapa artikel  jenis penyakit lainnya.