Langsung ke konten utama

23 Tanda - Tanda Lemah Jantung Wajib Diwaspadai

Tanda Lemah Jantung - Jantung merupakan organ yang sangat vital bagi manusia, tugas jantung yaitu untuk memompa darah ke seluruh tubuh manusia. Darah merupakan komponen penting dalam tubuh manusia sebab semua organ yang ada di dalam tubuh manusia membutuhkan asupan nutrient dan oksigen dan darah menjalankan tugasnya sebagai agen pengangkut. Oleh sebab itu bisa dibayangkan ketika tanda tanda jantung lemah mulai terjadi, maka fungsi utama dari jantung akan berkurang.

Lemah Jantung, Jantung Lemah, Tanda Lemah jantung


Walaupun penyakit jantung dapat disebabkan oleh genetik dan cacat sejak bawaan namun
kebanyakan penyakit jantung disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Jantung yang sehat
memiliki kemampuan untuk memompa dan mengedarkan darah dengan maksimal. Apabila Jantung sehat merupakan suatu aset yang berharga. Berikut ini merupakan beberapa tanda lemah jantung yang dapat dideteksi dengan dini.

1. Telapak Tangan Sering Berkeringat Dingin


Telapak tangan yang lembab merupakan tanda tanda jantung lemah, hal ini disebabkan jantung lemah memiliki kemampuan memompa darah yang rendah, darah merupakan agen pengangkut dalam tubuh, air juga diangkut melalui darah. Telapak tangan merupakan bagian kulit yang paling tipis, ketika jantung lemah, darah dipompa secara lambat sehingga air di dalam darah keluar melalui bagian kulit paling tipis tersebut.

2. Cepat Lelah


Jangan anggap sepele perasaan mudah lelah, hal ini wajib diwaspadai, dapat diduga ini merupakan gejala lemah jantung, sebab lemah jantung yaitu lemahnya kinerja jantung, yang menyebabkan lemahnya aliran darah. Aliran darah yang lemah menyebabkan pengangkutan oksigen kurang dan menjadi cepat lelah.

3. Kurang Konsentrasi


Kurangnya konsentrasi dapat menjadi tanda tanda lemah jantung, kurangnya konsentrasi disebabkan kurangnya asupan oksigen ke otak, hal ini diperparah akibat kondisi jantung yang lemah sehingga asupan menjadi kurang dan menjadi lebih susah untuk berkonsentrasi..

4. Terganggunya Pikiran


Terganggunya pikiran merupakan gejala lanjutan dari susahnya berkonsentrasi hal ini disebabkan oleh kurangnya asupan oksigen dalam tubuh menuju otak, .hal ini merupakan implikasi dari lemahnya jantung, sehingga gejala ini dapat digunakan untuk mendeteksi tanda tanda lemah jantung

5. Mengalami Batuk Kronis


Batuk kronis dapat disebabkan oleh banyaknya lendir dalam paru-paru yang menumpuk, lendir merupakan lapisan pelindung dalam paru paru, serta memperluas media pertukaran oksigen di paru paru, ketika jantung lemah, maka darah akan berjalan lambat dan produksi lendir menjadi berlebih.

6. Detak Jantung Cepat


Detak jantung yang cepat bukan hanya gejala hipertensi tetapi merupakan gejala lemah jantung, Hal ini disebabkan karena jantung yang lemah berusaha keras untuk memenuhi kebutuhan pemompaan darah yang tinggi sehingga jantung bekerja lebih keras.

7. Nafsu Makan Menurun


Nafsu makan menurun disebabkan rendahnya proses metabolisme dalam tubuh, hal ini disebabkan oleh lemah jantung, jantung yang lemah akan memompa darah lebih lambat daripada biasanya, sehingga peredaran oksigen dan nutrient di dalam tubuh menjadi lambat.

8. Bengkak


Bengkak disebabkan oleh akumulasi garam dan air, Garam dan air diangkut melalui darah yang dipompa oleh jantung, jantung yang lemah menyebabkan lemahnya laju pemompaan darah, sehingga pengangkutan air dan garam tidak maksimal

9. Memiliki Berat Badan yang Stabil atau Menurun


Berat badan yang stabil dapat menjadi gejala lemah jantung hal ini disebabkan oleh rendahnya penyerapan nutrient dan oksigen didalam sel tubuh, hal ini merupakan implikasi dari rendahnya laju kerja jantung, jantung yang lemah memiliki kinerja yang tidak maksimal, sehingga mengganggu proses pengangkutan..

10. Sering Mengalami Sesak Nafas


Gejala sesak nafas, merupakan indikasi lemah jantung, hal ini disebabkan oleh rendahnya darah yang dipompa ke seluruh tubuh oleh jantung, sehingga pada organ paru—paru dimana tempat terjadinya pertukaran gas karbon dioksida dan oksigen menjadi terganggu akibat kurangnya pasokan darah yang masuk.

Baca Juga: 18 Gejala Awal Penyakit Jantung yang Perlu Diwaspadai


Tanda - Tanda Lemah Jantung Lainnya : 


11. Memiliki Nafas Pendek
12. Sering Pusing
13. Nyeri Dada
14. Perut Sering Tidak Nyaman
15. Tidak Bisa Kaget

Beberapa tanda lemah pada jantung perlu anda waspadai. Jantung merupakan organ tubuh paling vital, maka dari itu andawajib menjaganya.  Yang terpenting merupakan jaga pola hidup yang sehat dan istirahat yang cukup, karena kesehatan merupakan harta yang paling berharga dalam hidup ini. Baca juga beberapa artikel penyakit lainnya.