Langsung ke konten utama

14 Jenis Posisi Duduk yang Tepat di Depan Komputer untuk Kesehatan

Di era digital seperti sekarang ini, hampir semua orang bias mengoperasikan komputer. Di sekolah, kantor, bahkan hampir di setiap rumah kini terdapat komputer. Komputer dapat membantu menyelesaikan berbagai pekerjaan manusia, seperti pekerjaan kantor, tugas sekolah, dan bermain games.

Namun saat mengoperasikan komputer harus memperhatikan posisi duduk yang tepat dan sehat. Posisi duduk yang salah di depan computer dapat mengganggu kesehatan terutama beberapa organ tubuh seperti mata, otot, tulang dan sendi.

14 Jenis Posisi Duduk yang Tepat di Depan Komputer untuk Kesehatan

Beberapa posisi duduk di depan komputer yang tepat untuk Anda yaitu:

1. Duduk dalam Posisi Tegak


Usahakan duduk pada kursi yang ada sAndarannya. Duduk senyaman mungkin pada kursi dengan rileks, posisi punggung tegak lurus. Dengan posisi ini keseimbangan badan akan terjaga sehingga tidak akan cepat lelah. Hindari posisi duduk membungkuk atau bersAndar kebelakang karena ini dapat mengganggu kesehatan punggung.

2. Duduk Dekat dengan Keyboad


Penting memposisikan keyboard dengan badan. Keyboard yang terlalu jauh dapat membuat lengan terasa pegal saat mengetik. Usahakan keyboard sejajar dan lurus dengan ketinggian lengan tangan. 

3. Hindari Posisi Menyilangkan Kaki


Kaki kesemutan adalah efek yang paling sering dirasakan saat posisi kaki salah. Posisi yang tepat saat duduk di depan komputer dengan ke dua kaki lurus dan telapak kaki menapak dilantai secara rata. Jangan menyilangkan kaki karena ini dapat menghambat peredaran darah dan menggangu kesehatan sendi kaki.

4. Mengatur Kemiringan Keyboard


Keyboard yang baik dapat diatur sudut kemiringannya. Terdapat penyangga pada bagian belakang keyboard. Sudut kemiringan keyboard dapat diatur sesuai dengan ketinggian duduk. Jika posisi duduk sudak cukup tinggi maka keyboard cukup pada posisi datar. Namun apabila posisi duduk Anda marih dirasa rendah miringkan keybord komputer Anda. Meski sederhana tapi dapat mempengaruhi kenyamanan terutama saat mengetik.

5. Memposisikan Monitor Komputer Secara Tepat


Mengatur posisi moitor komputer merupakan hal yang sangat penting.  Posisi duduk dan letak layar monitor harus disesuaikan dengan tepat. Posisi yang salah dapat membuat leher dan kepala Anda terasa tegang saat berada di depan komputer.

6. Memakai Tempat Mouse dan Keyboard


Jangan pernah menyepelekan penggunaan tempat mouse dan keyboard. Benda tersebut berfungsi menahan pergerakan mouse dan keyboard agar tetap pada posisinya yang sudah kita atur. Selain itu, tempat mouse dan keyboard mampu membuat pergelangan tangan tetap nyaman meski bekerja cukup lama, dan harganya pun terjangkau.

7. Meletakkan Sumber Ketikan dengan Tepat


Mungkin Anda pernah mengetik dengan mengambil sumber refensi dari buku atau majalah. Hal itu akan membuat Anda membagi fokus pAndangan antara sumber ketikan dan layar monitor. Letakkan sumber ketikan sejajar dengan monitor. Tempat yang tepat biasanya lurus di bawah monitor. Ini akan membuat leher Anda tetap rileks tidak perlu banyak bergerak.

8. Memakai Palm Rest Bila Dirasa Perlu


Untuk posisi duduk yang tepat dan nyaman di depan komputer dalam jangka waktu yang cukup lama, Anda dianjurkan menggunakan palm rest. Palm rest berbentuk seperti bantalan yang digunakan untuk menyangga lengan. Fungsinya agar lengan tangan tetap nyaman dan terhindar dari gesekan benda keras seperti permukaan meja.

9. Peregangan Pergelangan Tangan dan Jari


Pergelangan tangan dan jari adalah bagian tubuh yang banyak bergerak saat berkerja dengan komputer. Untuk itu demi kenyaman dan kesehatan lakukan peregangan atau stretching secara berkala. Gerakan sederhana seperti menarik pergelangan tangan ke atas dan kebawah, menggoyang jari-jari dapat Anda lakukan.

10. Beristirahat Sejenak


Saat badan sudah merasa lelah istirahatlah. Duduk terlalu lama di depan computer tidak baik bagi kesehatan. Berdiri untuk mereganggkan tubuh atau berjalan perlu Anda lakukan untuk mengistirahatkan mata dan organ tubuh lainnya. Dengan aktivitas ini juga dapat memperlancar peredaran darah yang mungkin agak terganggu saat Anda duduk.

Baca Juga: 14 Tips Menghilangkan Bau Keringat di Ketiak yang Efektif


Masih ada lagi nih beberapa posisi duduk yang disarankan ketika Anda duduk di tempat komputer ketika menggunakannya.

Jenis Posisi Duduk yang Tepat di Depan Komputer  Lainnya


11. Mengatur Ketinggian Kursi
12. Gunakan Kursi dengan Bantalan yang Nyaman
13. Atur Kecerahan dan Ketajaman Gambar
14. Atur Posisi Lampu Ruangan

Aktivitas seperti duduk di depan computer perlu Anda diperhatikan. Terlihat sederhana dan sepele namun jika itu salah dan berlangsung terus-menerus akan berakibat buruk bagi tubuh. Selain mempengaruhi kenyamanan kerja posisi duduk yang tepat di depan komputer juga dapat mempengaruhi kesehatan Anda. Jadi biasakanlah mulai sekarang untuk menjalani gaya hidup yang baik dengan posisi duduk yang benar.